AKHLAK, ETIKA DAN MORAL.

  • Akhlak

Secara etimologi kata akhlak berasal dari bahasa arab “khuluq” yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat. Berakar dari kata khalaqa yang artinya menciptakan. Kemudian seakar dengan kata khaliq (pencipta) makhluk (yang diciptakan) dan khalq (penciptan). Selanjutnya kata al-khuluq ini juga mengandung segi-segi penyesuaian dengan perkataan al-khalaq  yang berarti ciptaan serta erat hubungannya dengan kata al-khaliq yang berarti pencipta, dan perkataan makhluk yang berarti yang diciptakan. Perumusan pengertian tersebut timbul sebagai media yang memungkinkan adanya hubungan baik antara khaliq dengan makhluk dan antara makhluk dengan makhluk lainnya. Sementara itu dari sudut terminologi akhlak adalah suatu sifat yang tertanam dalam jiwa dari padanya timbul perbuatan-perbuatan dengan mudah dan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.

  • Etika

Secara etimologi kata etika berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu, ethos yang berarti watak kesusilaan atau adat. Dalam bentuk jamak taetha  artinya adalah adat kebiasaan. Adapun pengertian secara terminologi yaitu suatu ilmu yang menjelaskan arti baik dan buruk, menerangkan apa yang seharusnya oleh manusia, menyatakan apa yang seharusnya dituju oleh manusia dalam perbuatan mereka menunjukkan jalan untuk melakukan apa yang seharusnya diperbuat. Dengan demikian dirumuskan bahwa etika adalah ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan amal perbuatan manusia sejauh mana yang diketahui oleh akal pikiran.

  • Moral

Pengertian moral secara etimologi (bahasa) ini berasal dari bahasa latin, yaitu mose yang berarti adat kebiasaan. Dalam KBBI dikatakan bahwa moral adalah ketentuan baik buruk terhadap perbuatan dan tingkah laku seseorang. Sedangkan moral secara istilah adalah suatu aturan yang digunakan untuk menentukan batas batas dari sifat, perangai, kehendak, pendapat atau perbuatan yang secara layak dapat dikatakan benar atau salah, baik atau buruk.

  • Perbedaan dan persamaan antara Akhlak, Etika dan Moral

Perbedaan antara akhlak, etika dan moral yaitu, Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa manusia, sehingga ia akan muncul secara spontan apabila dibutuhkan, tanpa memerlukan pemikiran atau pertimbangan lebih dahulu serta tidak memerlukan dorongan dari luar. Sedangkan Etika adalah ilmu tentang tingkah laku manusia yang berkenaan dengan ketentuan tentang kewajiban yang menyangkut masalah kebenaran kesalahan, atau keputusan, serta ketentuan tentang nilai yang menyangkut kebaikan maupun keburukan. Dan Moral adalah nilai dasar dalam masyarakat untuk memilih antara nilai hidup (moral) juga adat istiadat yang menjadi dasar untuk menunjukkan baik dan buruk. Persamaannya yaitu sama sama membahas tentang menentukan hukum atau nilai dari suatu perbuatan yang dilakukan oleh manusia untuk ditentukan baik dan buruknya suatu perbuatan. Perbuatan yang mencakup akhlak, etika dan moral yaitu seperti tingkah laku atau tatakrama dalam kehidupan sehari hari di lingkungan masyarakat.

 

Referensi :  Nur Hidayat, M. Ag.2013.Akhlak Tasawuf.Yogyakarta:Penerbit Ombak

 

Nama   : Desinta Rismarinda

Kelas   : Ekonomi Syariah (C)

Npm    : 1702040013

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *