Poin-Poin Akhlak tasawuf

Nama               : Devi Eka Putri

Kelas               : D ( Ekonomi syariah)

NPM               : 1702040015

 

 

Dari materi Akhlak Tasawuf yang telah saya pelajari setelah UTS adalah yang pertama Mahkomat yang meurut saya yaitu posisi suatu hati manusia terhadap Allah SWT apakah posisi tersebut jauh atau dekat atau biasa jadi tetap atau statis. Mahkomat mempunyai beberapa tingkatan yaitu terdiri dari Taubat, zuhud, fakir, sabar, tawakal, ridho, fana, dan tingkatan tertinggi yaitu Baqa. kemudian akhwal yang saya ketahui adalah keadaan atau kondisi yang bersifat berubah-ubah dalam jiwa manusia. Hati manusia dapat berubah-ubah yang sesuai dengan perasaan yang sedang dialaminya.

Apakah perasaan tersebut sedang baik atau buruk tergantung dengan tingkat ahwal tersebut.kemudian yang saya pelajari selanjutnya adalah ittihad yang saya pelajari ittihad adalah adalah bersatunya manusia dengan tuhan. Karena yang didilihat dan dirasakan hanya satu wujud mana ittihad ini bisa terjadi pertukaran peranan anatara yang mencintai (manusia) dengan yang dicintai (Tuhan). Kemudian dilanjutkan dengan hulul yaitu tuhan memilih hati manusia tertentu untuk mengambil tempat didalamnya setelah kemanusiaan yang ada didalam tubuh manusia itu lenyap.hulul mempunyai beberapa macam yaitu yang pertama al-hulul al-jawari dan dan al-hulul as-sarayani.

Selanjutnya materi yang saya pelajari adalah tentang tasawuf di indonesia yaitu tentang penyebaran tasawuf dalam Islam memiliki beberapa tokoh yang terkemuka yaitu Syaikh Nurrudin Ar- Ranisi  yaitu seorang tokoh yang memiliki pemikiran-pemikiran yang terdiri dari pemikiran tentang tuhan, pemikiran tentang alam, pemikiran tentang manusia, pemikiran tentang wujuddiyah dan pemikiran tentang hubungan syariat dan hakikat. A- Ranisi mempunyai pandangan tentang hasil pemikiran-pemikiran terdiri dari Alam tidak ada, yang ada hanyalah wujud Allah yang Esa, Alam ini diciptakan Allah melalui Tajjali, Manusia adalah makhluk sempurna yang merupakan Khalifah dimuk bumi, Tuhan dan makhluk hakikatnya satu,

Menekankan syariat sebagai landasan esensi dalam tasawuf. yang kemudian aliran-aliran tasawuf di indonesia mempunyai dua aliran yaitu yang pertama aliran amali, yaitu aliran yang lebih mendekatkan diri kepada tuhan untuk mencapai suatu hubungan yang dekat dengan tuhan (pemilik segala) dan seseorang itu hanya menanti dan melaksanakan syariat-syariat Islam. kedua aliran tasawuf akhlaqi yaitu memfokuskan dalam upaya memperbaiki akhlak.yang ketiga aliran filsafati yaitu aspek rasio dalam mendekatkan diri kepada Allah.kemudian materi yang saya pelajari setelah uts selanjutnya adalah yaitu tentang tarekat perjalanan seorang pengikut tarekat menuju tuhan dengan cara menyucikan diri atau perjalanan yang harus ditempuh untuk mendekatkan diri kepada tuhan. tarekat mempunyai beberapa macam yaitu yang terdiri dari tarekat Naqsabandiyah, qadriyah, sadziliyah, ahmadiyah, khalwaliyyah, syattariyyah, sammaniyah, tijaniyah, dan khalidiyah.

Dan kemudian yang saya pelajari selanjutnya adalah Aliran-aliran tarekat yang berkembang yang pertama adalah Qadriyah tokohnya Syekh Muhidin Abu Muhammad Abdul Qadir Al-Jailani dan yang kedua adalah tarekat Syadzillah tokohnya Syekh Abdul hasan asy-syadzili yang ketiga tarekat Naqsbandiyah tokohnya muhammad bin muhammad baih al-Din al-Uwaisis al-Bukhari dan yang keempat adalah Naqsabandiyah Khalwahiyah tokohnya Muhammad Yusuf bin Abdullah Abu Muhasin Al- khalawiyah. Dan manfaat yang saya peroleh selama pelajaran Akhlak Tasawuf adalah lebih tahu tentang akhalak yang baik yang sesuai dengan contoh Nabi besar Muhammad SAW dan dapat memahami berbagi aliran aliran tasawuf yang berada di Indonesia dan menegtahiu apa itu tarekat serta mengetahui lebih tentang sejarah Islam zaman dalulu. Dan selama saya mempelajari akhlak tasawuf ini saya memperoleh banyak ilmu yang telah diberikan dari bapak maupun kawan-kawan saya. apalagi metode yang digunakan dalam pembelajarannya tak begitu membosankan dan tidak begitu serius namun tetap asik.

 

 

 

 

 

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *