Intisari Materi Akhlak Tasawuf

Materi akhlaq tasawuf setelah UTS yang saya pelajari ada  banyak sekali yang saya ketahui. Mulai dari materi Mahqomat yaitu kedudukan hamba allah dalam pandangan allah berdasarkan usaha, riyadho, ibadah. Bisa juga dalam terminologi adalah kedudukan, tempat, tahapan, posisi, letak. Seberapa dekat dan jauh kita kepada allah (bersifat tetap). Ahwal yaitu keadaan atau kondisi yang berubah ubah. Mujahadoh adalah mendekatkan diri pada allah, bisa dengan taubat, waro’, zuhud, kefakiran, sabar, tawakal, ridho.

Kemudian ada Ittihad dan Hulul, ittihad berasal dari wahid atau wahidun yang berarti satu atau tunggal. Ittihad dalam terminologinya adalah penggabungan antara dua hal yang menjadi satu. Ittihad merupakan doktrin yang menyimpang didalamnya dimana didalamnya terjadi proses pemaksaan antara dua eksistensi. Kemudian hulul, yaitu bentuk masdur dari kata kerja hala yang berarti tinggal atau berdiam diri. Menurut terminloginya kata al hulus diartikan dengan faham bahwa tuhan dapat menitis kedalam makhluk atau benda. Hulul mempunyai dua bentuk yaitu, Al-Hulul al-jawari dan Al-Hulul As-Sarayani. Tujuan dari Al Hulul adalah mencapai peraturan secara batin.

Selanjutnya ada hubungan tasawuf dengan islam. Fikih dalam islam yaitu ilmu yang mempelajari tentang hukum hukum perbuatan mukalam yang dari syarikat dari dalil secara terperinci dengan metode istihad. Ilmu kalam yaitu orang islam berakal sehat yang sudah dewasa atau baligh. Cabang fikih ada dua yaitu ikih ibadah yaitu hubungan manusia dengan tuhan dan fikih muamalah yaitu hubungan manusia dengan manusia, alam, tumbuhan, hewan. Tokoh tasawu diindonesia ada Syaikh Nuruddin Ar-Raniri dengan pemkirannya yaitu tentang tuhan, alam, manusia, wujudiyyah, hubungan syariat dan hakikat.

Selanjutnya ada aliran aliran yasawuf dan tokohnya, yang pertama ada tasawuf akhlaqi (sunni) dengan tokohnya ada Hasan Al-Basry, Al-Muhasibi, Al-Qusyairi, Al-Ghazali yang kedua ada aliran tasawuf amali dengan tokohnya  yang terdiri dari Sheik Abdul Qodir Jaelani, Imam Ahmad Al-Rifai, Imam Abu Hasab Al-Shadili, Imam Baha Aidin Muhammad, Al-Maksabono. Yang ketiga ada aliran tasawuf filsafi dengan tokohnya yaitu Ibnu-Arabi, Al-Jili, Ibnu Sab’in.

Selanjutnya ada materi Tarekat, tarekat yaitu perjalanan seorang salik menuju tuhan dengan cara menyucikan diri  atau perjalanan yang harus ditempuh, ini bersifat organisasi. Ada dua macam tarekat yaitu tarekat wajib ada sholat, puasa, zakat, haji dll. Yang kedua tarekat sunah ada sholat sunnah, membaca Al-Quran Puasa sunnah, dzikir, dll. Sejarah perkembangan  tarekat yang pertama pada abad ke 9 dan 10M sangat berkembang di negara arab, afganistan, persia. Yang kedua pada abad ke 12M.

Lanjut lagi ada materi macam macam tarekat di indonesia, yang pertama ada tarekat Naqsabandiyah yang pendirinya ada M.bin Bahaudin Al-Bukhori, kedua tarekat Qodiriyah Sheik Abdul Qodir Al-Jaelani, tarekat Sadziliyah pendirinya Abdul Hasan Ali Asyazili, tarekat Ahmadiyah pendirinya Ahmad Bin Husain Al-Badawi, tarekat Khalwatiyah pendirinya Imam Ahmad Bin Isya Almuhajir, tarekat Sammaniyah pendirinya Muhammad Bin Abdul Karim Al-Madani Al Syafii Al Samman, tarekat Tijaniyah pendirinya Syeikh Ahmad Bin Muhammad Al Tinjani.

Yang terakhir ada aliran tarekat yang berkembang saat ini ada Qodiriyah yang pendirinya ada syaikh Mulyidin Abu Muhammad (Abdul qodir al Jaelani), tarekat Naqsabandiyah pendirinya Muhammad bin Muhammad Bat Al-Din Al Uwaisi Al Bukhori Naqsabandiyah, ketiga tarekat Khalwatiyah pendirinya ada Muhammad Yusuf Bin Abdullah Al Khawalti Al Makassar.

Manfaat dari belajar akhlaq tasawuf selama ini ada banyak sekali. Saya banyak mengetahui segala hal tentang akhlaq tasawuf ini. Mulai dari keagamaan, hal hal aturan dalam akhlaq islam, macam macam tarekat yang berkembang, dan peraturan peraturan tentang agama islam  ataupun hukum hukum dalam islam. Dengan belajar ini saya jadi tau tentang segalanya termasuk tarekat.

 

 

Nama     :  NADIA RINA UTARI

NPM       : 1704040210

Kelas      : ESY D semester 1

M.K        : AKHLAQ TASAWUF

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *