Pengertian Tasawuf dan Sejarah Kemunculannya

1.PENGERTIAN TASAWUF

Tasawuf pada umumnya yaitu bermakna mistisme Universal yang sudah ada sejak zaman dahulu,yang berasaskan sikap zuhud terhadap keduniaan (asketisme) dan tasawuf juga bertujuan untuk membangun relasi atau hubungan (ittishal) dengan al mala’ al ‘la yang merupakan suatu sumber kebaikan,emanasi,dan ilumunasi.

Dan dalam pengertian ini, tasawuf tidak untuk memonopoli umat-umat tertentu, kebudayaan tertentu,agama tertentu, ataupun suatu aliran filsafat tertentu.Tasawuf sendiri hadir di tengah masyarakat yunani kuno dalam istilah filsafat phytagoras,dan di dalam lingkungan bangsa persia,ilmu tasawuf terwujud di dalam filsafat mani dan zaroaster,sedangkan di kalangan masyarakat india tasawuf terkandung di dalam ajaran budhisme,brahma,dan kitab weda.

Sedangkan yudaisme dan kristen juga mengenal tasawuf (mistisme),begitu juga dengan islam dan masing-masing mempunyai ciri khas yang membedakanya dari yang lainnya.

2.SEJARAH MUNCULNYA TASAWUF

Di setiap pengkaji sejarah tasawuf islam dari awal sudah menemui keragaman pendapat tentang asal-usul kata tasawuf dan sufi.

Sebagian ilmuan berpendapat bahwa tasawuf berasal dari kata ash-shafa, atau ash-shaff, al-awwal, atau dari shuffah masjid nabawi.Namun semua penjelasan di kritik karena keterangan tadi tidak di dukung oleh kaidah-kaidah bahasa.

Kelompok lainnya menyatakan bahwa tasawuf bersumber dari akar kata yunani yaitu sophia, dan pendapat yang kedua ini di sangkal karenakan memberikan peluang kepada kalangan kontra –tasawuf untuk menyatakan bahwasanya tasawuf islam terpengaruh oleh suatu kebudayaan asing.

Dan ada lagi kelompok lainnya menunjuk kata ash-shuf (baju wol) sebagai asal kata taswuf , namun, lagi-lagi pendapat ini di sangkal karena kaum sufi tidak identik dengan busana tadi. Dan pendapat tadi di tentang karena mengurangi nilai bahwa kaum sufi di mata kalangan lainnya yang terkesan cuman menitik beratkan pada penampilan dhohir ( luar) sedangkan minus batin.

  1. AJARAN TASAWUF PADA MASA AWAL

Sebenernya tasawuf islam sendiri tumbuh dan berkembang sendiri di dalam atmosfer ajaran-ajaran islam sebagaimana menurut pendapat para pakar yang objektif, misalnya Dr ahmad amin. Ia sendiri mengungkapkan atau mengatakan bahwa : “pendapat yang rajin adalah bahwa sufisme lahir dari rahim islam . dan rukun tasawuf pada awal kemunculannya atau kelahirannya yaitu ke zuhudan dan kecintaan kepada allah. Banyak juga ayat-ayat al-qur’an yang menganjurkan bersikap zuhud terhadap keduniaan dan mengecilkan statusnya , misalnya firman allah berikut ini yang berbunyi “Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk kedalam kubur. “ (QS. Attakatsur (102):1-2). Sementara itu rukun kedua tasawuf, cinta ilahi,juga banyak di singgung di dalam al-qur’an, misalnya bunyi ayat al-qur’an berikut ini.”adapun orang-or ang yang beriman amat sangat cintanya kepada allah.” (QS.AL-BAQARAH (2) 165)

SUMBER: TASAWUF ISLAM DAN AKHLAK

DI POST OLEH:

NAMA:M. SAIFUL ANWAR

NPM:1704040136

KELAS:ESY C

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *