Baik dan Buruk dalam Pandangan Berbagai Aliran

 

A. Pengertian baik dan buruk

Pengertian baik secara bahasa adalah terjemahan dari kata khoir yang artinya sesuatu yang mencapai kesempurnaan. Baik itu juga adalah seauatu yang mempunyai nilai kebenaran atau nilai yang diharapkan dan memberikan kepuasan.

Pengertian buruk

Buruk dikenal dengan istilah syarr yang artinya sesuatu yang tidak baik, tidak seperti seharusnya, tidak sempurna kualitasnya. Dengan demikian buruk artinya sesuatu yang dinilai sebaiknya dari buruk.

B. Penentuan baik dan buruk

Aliran aliran filsafat yang dapat menentukan baik dan buruk antara lain aliran adat istiadat, hedonisme, intuisime (humanisme), utilitarianisme, vitalisme, Religiosisme dan evolusisme.

a. Aliran adat istiadat

Baik dan buruk menurut aliran ini ditentukan berdasarkan adat istiadat yang berlaku dan d pegangi oleh masyarakat. Orang yang mengikuti dan berpegang teguh pada adat dipandang baik, namun orang yang menentang tidak mengikuti adat d anggap buruk dan mendapat hukuman secara adat dan setiap bangsa atau daerah mempunyai adat tertentu mengenai baik dan buruk. Kelompok yang menilai baik dan buruk menurut adat ini dikenal dengan aliran sosialisme. Paham ini muncul karena masyarakat itu terdiri dari manusia maka masyarakatlah yang menentukan baik dan buruk perbuatan manusia itu sendiri.

b. Aliran hedonisme

Menurut paham ini, perbuatan baik adalah perbuatan yang mendatangkan kenikmatan, kenikmatan dan kepuasan nafsu biologis. Paham hedonisme ini terdapat dua corak yaitu pertama individual dan kedua universal. Yang pertama yang dipentingkan terlebih dahulu adalah mencari kelezatan dan kepuasan sebesar-sebesarnya untuk diri sendiri (individualistik). Kedua perbuatan yang baik itu adalah yang mementingkan kebahagiaan untuk mementingkan sesama manusia.

c. Aliran intuisisme (humanisme)

Intuisi adalah kekuatan batin yang dapat menentukan sesuatu yang baik atau buruk dengan sekilas tanpa melihat akibatnya. Kekuatan batin adalah merupakan potensi rohaniah yang secara fitrah telah ada pada diri manusia. Paham ini berpendapat setiap manusia mempunyai insting batin yang dapat membedakan baik dan buruk dengan sekilas pandang. Paham ini yang baik adalah perbuatan yang sesuai dengan penilaian yang diberikan hati nurani. Sedangkan yang buruk adalah perbuatan yang menurut hati dipandang buruk.

d. Aliran utilitarianisme

Paham ini berpendapat bahwa yang baik itu adalah yang berguna. Kelemahan paham ini adalah hanya melihat kegunaan dari segi materialistik. Paham ini juga menjelaskan arti kegunaan tidak hanya yang berhubungan dengan materi melainkan melalu rohani yang dapat diterima akal.

e. Aliran vitalisme

Aliran ini berpendapat bahwa yang baik adalah yang mencerminkan kekuatan dalam hidup manusia. Kekuatan dan kekuasaan yang menaklukkan orang lain yang lemah dianggap yang baik.

f. Aliran religiosisme

Aliran ini berpendapat bahwa yang baik adalah perbuatan yang sesuai dengan kehendak Tuhan, sedangkan yang buruk adalah perbuatan yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.

g. Aliran evolusi

Paham ini yang mengatakan bahwa segala sesuatu yang ada pada alam ini mengalami evolusi artinya berkembang dari apa adanya sampai pada kesempurnaan.

 

Nama : puji wulandari

Npm.  : 1702040073

Kelas. : ESY

Sumber: akhlak tasawuf. Nur hidayat, M. Ag

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *