Baik dan Buruk, Benar dan Salah

 

  1. PENGERTIAN

Di dalam ilmu kalam kita berjumpa dengan istilah-istilah yaitu benar dan salah, baik dan buruk. Apakah prinsip-prinsip yang kita pakai itu benar atau salah dan apakah kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan itu baik atau buruk.

 

  1. Benar dan Salah

Pengertian benar menurut etika(ilmu akhlak) ialah hal-hal yang sesuai dengan peraturan. Sebaliknya pengertian salah menurut etika ialah hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kebenaran yang objektif, merupakan kebenaran yang pasti itu adalah kebenaran yang didasarkan kepada peraturan yang dibuat oleh yang Maha satu, Maha mengetahui, yang Maha benar. Dan peraturan yang dibuat manusia yang bersifat relatif itu adalah benar apabila tidak bertentangan dengan peraturan yang obyektif yang dibuat oleh yang maha satu yang maha benar. Di dalam akhlak islamiyah,untuk mencapai tujuan baik harus dengan jalan yang baik dan benar. Sebab ada garis yang jelas antara yang boleh dan tidak boleh, ada garis damarkasi antara yang boleh di lampaui dan yang tidak boleh di lampaui, garis pemisah antara yang halal dan yang haram. Semua orang muslim harus melalui jalan yang di bolehkan dan tidak boleh melalui jalan yang dilarang.

Jadi, menurut akhlak islam, perbuatan baik juga harus benar, yang benar juga harus baik. Sebab dalam ethik yang benar belum tentu baik, dan yang baik belum tentu benar

 

  1. Baik dan Buruk

Pengertian “baik” menurut ethik adalah sesuatu yang berharga untuk sesuatu tujuan. Sebaliknya, yang tidak berharga tidak berguna untuk tujuan, apabila yang merugikan, atau yang menyebabkan, tidak tercapainya tujuan adalah ”buruk”.

Sepertihalnya dengan benar dan salah, pengertian baik dan buruk juga ada yang obyektif dan relatif, baik bagi seseorang belum tentu baik bagi orang lain, karena hal tersebut berguna untuk tujuanya, begitupum sebaliknya. Semua orang pasti mempunyai tujuan yanh berberbeda-beda, akan tetapi secara obyektif sesungguhnya semua akan mempunyai tujuan yang sama, yaitu bahwa semuanya ingin baik, dengan kata lain semuanya ingin bahagia.

Tujuan dari masing-masing sesuatu,walaupun berbeda-beda,semuanya akan bermuara kepada satu tujuan yang dinamakan baik,semuanya mengharapkan mendapatkan yang baik dan bahagia,tujuan yang akhir yang sama ini dalam ilmu ethik ”kebaikan tertinggi”.

 

  1. UKURAN BAIK DAN BURUK
  2. Pengaruh Adat Kebiasaan

Setiap bangsa memiliki adat istiadat tertentu, mereka menganggap baik bila mengikutinya, mendidik anak kejurusan adat istiadat dan menanam perasaan kepada mereka bahwa adat istiadat itu agak membawa kesucian, apabila seorang dari mereka menyalahi adat istiadat itu, akan dicela dan dianggap keluar dari bangsanya.

Dalam penyelidikan adat istiadat tidak dipergunakan sebagai ukuran  dan pertimbangan, karena sebagai dari perintah-perintahnya tidak masuk akal dan setengah merugikannya.

 

  1. ALIRAN-ALIRAN TENTANG BAIK DAN BURUK
  2. Aliran Hedonisme

Alisan Hedonisme berpendapat bahwa norma baik dan buruk adalah “kebahagiaan” karena suatu perbuatan dapat mendatangkan kebagiaan maka perbuatan itu baik, dan sebaliknya perbuatan itu buruk apabila mendatangkan penderitaan.

Menurut aliran ini, setiap manusia menginginkan kebahagiaan, yang merupakan dorongan daripada tabiatnya dan ternyata kebahagiaan merupakan tujuan akhir dari hidup manusia.

 

  1. Aliran Naturalisme

Yang menjadi ukuran baik dan buruknya perbuatan manusia menurut aliran ini adalah perbuatan yang sesuai dengan fitrah atau naluri manusia itu sendiri baik mengenai fitrah lahir maupun fitrah batin.

 

  1. Aliran idealisme

Aliran idealisme merupakan factor terpenting dari wujudnya tindakantindakan yang nyata. Menurut Immanual kant untuk dapat terealisasinya tindakan dari kemauan yang baik, maka kemauan yang perlu dihubungkan dengan suatu hal yang akan menyempurnakannya.

  1. Aliran Ilmu Kalam

Dalam Islam perbuatan baik dan buruk itu sering di sebutkan dengan’amar ma’ruf nahi munkar’(Perbuatan yang baik dan dan perbuatan yang buruk) yang dilakukan manusia dalam selurah kehidupannya.

 

Nama: Dona Wulandari

NPM: 1702040018

Kelas: ESY (C)

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *