KELEMBUTAN JIWA UTSMAN BIN AFFAN

Setiap Muslim wajib mencintai para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam dengan cinta yang didasari karena Allah. Para sahabat merupakan manusia-manusia pilihan yang Allah jadikan sebagai teladan dalam kebaikan serta Allah pilih untuk menyertai dan membantu dakwah Nabi-Nya yang mulia shallallahu ‘alaihi wa salam.

Salah satunya adalah Utsman bin Affan, beliau adalah satu diantara banyaknya sahabat Rasul, ia adalah satu satunya sahabat yang memiliki sifat lembut dan pemalu, disamping kedermawanan, kesabaran, dan jasanya yang besar dalam penghimpunan al-Qur’an dalam satu mushaf Utsmani.Rasulullah SAW pernah berkata bahwa “Seandainya masih ada putriku yang lain, pasti kunikahkan dengan Utsman” H.R Thabrani

Itulah yang dilakukan oleh Rasulullah untuk menghibur Utsman setelah kematian Ummu Kultsum, putri keduanya yang dinikahkan kepada Utsman bin Affan untuk menggantikan posisi Ruqayyah yang juga putri Nabi yang wafat dipangkuan Utsman karena sakit.Utsman adalah satu satunya sahabat Nabi yang Nabi-pun berkata bahwa Utsman adalah satu satunya sahabat yang sifatnya mirip dengan-nya. Diriwayatkan dari Hadist Muslim,bahwasanya pada suatu hari Rasulullah sedang tidur terlentang dan kedua betisnya terlihat, maka datanglah Abu Bakar dan Umar dan meminta masuk, dan Rasulullah membiarkan betisnya tetap terlihat. Lalu datanglah Utsman dan meminta masuk, maka Rasulullah berdiri dan merapikan pakaiannya, lalu beliau berkata “Bagaimana aku tidak malu sedangkan malaikat saja malu kepadanya”.

Seandainya Utsman mempunyai aib di mata Rasulullah SAW, tentunya Rasulullah akan memalingkan muka dari Utsman. Oleh karena itu, ketika Rasull hingga Malaikat merasa malu saat bertemu Utsman, maka perasaan malu tersebut pastilah sebuah penghormatan karena sangatlah tidak mungkin Rasull menikahkan putrinya kepada orang yang puya aib. Nabi menghormati Utsman bukan karena selisih usia diantara mereka,melainkan atas kemuliaan akhlak Utsman bin Affan yang dianggap diatas rata-rata. Penilaian yang dilakukan  oleh Nabi berdasarkan bukti kesalehan Utsman dalam kehidupannya.

Disadur dari Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri,sirah nabawiyah (Jakarta:Ummul Qura,2011)

Nama: Uci Hamidah  NPM: 1702040096  Kelas: Esy 1  D

 

banyak copas

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *