Akhlak Rosul Kepada Khadijah binti Khuwailid r.a

“Selama membina rumah tangga dengan Khadijah beliau (Rosul) tidak menikah dengan wanita lain. Dari Khadijah beliau mendapatkan putra dan putri. Tak seorang pun putra dan putri beliau hidup.”

Khadijah merupakan seorang janda pembisnis yang kaya raya dan diperistri Nabi Muhammad Saw (Rosul) dengan sukarela ia menyerahkan diri dan hartanya kepada Rosul. Ia setia mendampingi Rosul dikala sedih, menyayangi Rosul dikala resah, melindungi Rosul pada saat-saat yang kritis, menolong Rosul dalam menyebarkan risalah, mendampingi Rosul dalam jihad yang berat.

Dari penggalan cerita diatas dapat disimpulkan bahwa semua sikap dan perbuatan Khadijah yang baik membuat Rosul jatuh hati lalu memperistri Khadijah dan memperlakukannya dengan lemah lembut juga istimewa. Sehingga dalam membina rumah tangga dengan Khadijah Rosul tidak ingin menikah dengan wanita lain. Menurut Rosul, Khadijah adalah wahyu dari Allah yang sudah di anugerahkan kepadanya yang begitu sempurna seperti bidadari dari Surga yang diturunkan oleh Allah Swt untuknya.

Disabur dari Buku Sirah Nabawiyah, Kathur Suhardi, Jakarta: PUSTAKA AL-KAUTSAR, 1997, hlm: 578.

Nama: Dwi Nurjannah

Kelas: Esy 1 D

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *