AKHLAK RASULULLAH TERHADAP HAFSAH BINTI UMAR BIN KHATHAB

 

Hafsah binti Umar bin Khathab adalah putri seoran laki-laki yang terbaik dann mengetahui hak-hak Allah dan kaum muslimin. Umar bin Khathab adalah seorang penguasa yang adil dan memiliki hati yang khusyuk. Pernikahan Rasulullah dengan Hafshah merupakan bukti cinta kasih beliau kepada mukminah yang telah menjanda ditinggalkan suaminya, Khunais bin Hudzafah as-Sahami, yang berjihad di jalan Allah,pernah hijrah ke Habasyah, kemudian ke Madinah, dan gugur dalam perang Badar.

Setelah suami dari anaknya meninggal, Umar sangat sedih karena anaknya telah menjadi janda pada usia yang sangat muda, sehingga dalam hatinya terbentik niat untuk menikahkan Hafsah dengan seorang muslim yang saleh agar hatinya kembali tenang. Untuk itu dia pergi kerumah Abu Bakar dan memintanya kesediaan untuk menikahi putrinya. Akan tetapi Abu Bakar diam, tidak menjawab sedikitpun. Kemudian Umar menemui Utsman bin Affan dan meminta kesediaan untuk menikahi putrinya, namun Utsman menolak permintaan Umar karena dia masih sedih atas meninggalnya Ruqayah binti Muhammad yaitu istri Utsman.

Dengan perasaan sedih, Umar menghadap Rasulullah untuk mengabarkan nasib anaknya yang menjanda. Ketika itu Hafsah berusia 18 tahun. Mendengar penuturan Umar, Rasulullah memberinya kabar gembira dengan mengatakan bahwa beliau bersedia menikahi Hafsah. Hafsah sangat berjasa besar terhadap kaum muslimin saat itu. Dialah istri Nabi pertama kali yang menyimpan Al-Qur’an dalam bentuk tulisan, pada kulit, tulang, dan pelepah kurma, hingga kemudian menjadi sebuah kitab yang sangat agung.
Akhlak Rasulullah terhadap Hafsah yang dapat diketahui dari kisah tersebut adalah

1. Rasulullah menerima Hafsah menjadi istri beliau atas kecintaanya terhadap kaum muslimin.
2. Menyetarakan semua kedudukan istri-istri Rasulullah.
3. Rasulullah memaafkan kesalahan Hafsah karena telah menyebarkan rahasia yang pribadi kepada Aisah.
4. Rasulullah menjadikan Hafsah istrinya kembali setelah Rasulullah ceraikan.

Buku rujukan : – Satori, Romantika Rumah Tangga Nabi, 195
– Yazji perempuan-perempuan hebat di sekitar nabi

 

 

Nama : Eka Wahyunigsih
NPM : 1704040125
Kelas : D Ekonomi Syari’ah
AKHLAK RASULULLAH TERHADAP
HAFSAH BINTI UMAR BIN KHATHAB

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *