Akhlak Rasulullah kepada Abu Sofyan

Abu Sufyan merupakan orang yang pertama kali memperingatkan kaumnya dari usaha melakukan perlawanan kepada Rasulullah SAW. Padahal Abu Sofyan adalah penggerak dan pemimpin utama setiap peperangan yang dilancarkan Mekkah terhadap Rasulullah SAW dimasa jahiliyah.

Pada masa itu Abu Sofyan masuk islam setelah bertemu dengan Rasulullah dan di ajak untuk masuk islam oleh Rasulullah. Pada saat itu Abu Sofyan menjadi orang yang sangat mengerti tentang agama dan sangat dekat dengan Rasulullah. Rasulullah sangat mencintai para sahabat-sahabatnya, termasuk Abu Sofyan. Rasullulah adalah Rasul yang sangat dermawan dan bijaksana.

Diantara kebijaksanaan Rasulullah SAW, setelah Abu Sufyan menyatakan keislamanya memerintahkan Abbas supaya membawa nya kemulut lembah tempat lewatnya tentara-tentara Allah, agar dia menyaksikan dengan kedua matanya bagaimana besarnya kekuatan islam dan orang-orang yang dahulu berhijrah dari Mekkah sebagai orang-orang tertindas!

Kesimpulan:

Dari akhlak-akhlak Rasulullah tersebut dapat kita contoh kita harus mencintai sahabat-sahabat kita orang-orang terdekat kita. Harus baik dengan orang sekitar. Rasulullah dalah Rasul yang sangat bijaksana dan dermawan. Mari kita contoh akhlak Rasullah yang baik dan luar biasa.

 

NAMA : Ana Toyyibah Putri

NPM     : 1704040177

PRODI  : Ekonomi Syariah (C)

Mata Kuliah : Akhlak Tasawuf

 

 

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *