Akhlak Rasull kepada Fatimah r.a

Fatimah r.a adalah salah satu putri Rasul dari pernikahan nya dengan Khadijah r.a, fatimah jugalah yang menjadi salah seorang saksi hidup kerasnya perjuangan Rasulullah SAW dalam menyiarkan agama islam. Fatimah dilahirkan ketika kaum quraisy merenovasi ka’bah (pada saat itu Rasulullah yang dikenal dengan julukan Al Amin  Orang yang dipercaya-berhasil menggagalkan peperangan antara kelompok quraisy). Lima tahun sebelum bi’tsah (turun wahyu kepada rasulullah) Fatimah tumbuh dan dibesarkan dalam lingkungan rumah yang paling agung dan paling suci di seluruh alam yakni Rumah Nabi .

Fatimah Az-Zahra adalah seorang berjiwa tenang, berhati kuat, berkepribadian jernih tidak mengenal selain iman, dan tidak ada yang mengenal nya selain iman. Pada tahun 2 H,  Ali menikahi  Fatimah kedua nya menjalalin kehidupan serumah sebagai suami istri, tepatnya setelah perang badar.  Fatimah adalah perempuan yang paling di cintai nabi dan begitu pula sebaliknya, seperti yang  Diriwayatkan dari budaira, ia mengatakan “perempuan yang paling dicintai nabi adalah fatimah, dan sementara dari kalangan laki-laki adalah Ali “.

Akhlak yang luhur tanpa dibuat-buat ayah dan ibu nya seorang fatimah termasuk kalangan pendahulu yang masuk dan menganut agama islam, sebuah keistimewaan fatimah yang hanya melihat ayah nya tidak pernah menyembah berhala apalagi meminum khamr yang membuat fatimah berinteraksi sepenuh hati di mata air keutamaan dan moralitas yang luhur Yng senantiasa mengucur penuh kesegaran. Saudari-saudariku inilah contoh dan teladan yang patut diteladani. Dimana wanita-wanita yang mengikuti Fatimah Az-Zahra diantara mereka yang mengikuti jejak wanita pembawa kayu bakar. Perlu diingat juga bahwa Sebuah kasih sayang dan keseharian seorang ayah yang ber akhlak mulia dapat membangun kepribadian seorang putri tanpa adanya rekayasa.

Nama          : Sinta Nurvitasari

Npm           : 1702040087

Kelas            : ESY D semester 1

Referensi Buku Biografi Shahabiayah Nabi Oleh Syaikh Mahmud Al-misrhi. Halaman 290-320

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *