Akhlak Rasul Terhadap Abu Hurairaih r.a.

Abu Hurairah adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW. yang menekuni dalam bidang hadits. Nama asli Abu Hurairah ialah Abdurrahman bin Shakhar Ad-Dawsi ,ia seorang kabilah yang berasal dari Yaman.Setelah masuk Islam namanya berganti menjadi Abdusysyams bin Shakar.Panggilan kesayangan Nabi terhadap Abu Hurairah memiliki makna yaitu bapaknya kucing,karena pada waktu itu Nabi melihat Abu Hurairah sedang membawa kucing,memang Abu Hurairah sangat menyayangi kucing, bahkan kemanapun dia pergi dia selalu membawa kucing itu.

Abu Hurairah masuk agama Islam pada tahun ke-7 Hijriyah pada tahun perang Khaibar.Abu Hurairah meninggal  dunia pada tahun ke-57 Hijriyah di Al-aqiq.Abu Hurairah adalah komandan penghuni Shuffah.Shuffah adalah suatu tempat berlindung para sahabat yang zahid di masjid Nabawi.Abu Hurairah salah satu sahabat yang sangat disayang Rasul terlihat ketika Rasul mendo’akan Abu Hurairah agar dapat menghafal apapun yang Rasulullah ucapkan yang.Abu Hurairah memiliki sifat yang terpuji diantaranya takwa,zuhud,candais,dan humoris.Setiap malam ia selalu melaksanakan sholat tahajjud secara khusyu.

Abu Hurairah pernah menjadi gubernur Bahrain pada masa Umar bin Al-Khatab. Dia juga akan diangkat menjadi gubernur  Madinah pada masa Mu’awiyah ,tetapi ia menolak tawaran tersebut. Sebagian kritikus hadits menuduh Abu Hurairah melakukan tadlis  karena ia tidak bisa membedakan antara periwayatan hadits dari Nabi dan dari Kha’ab Al-Ahbar. Abu Hurairah  salah satu sahabat Nabi yang paling banyak meriwayatkan hadits. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Abu Hurairah dapat meriwayatkan banyak hadits:

  1. Rajin menghadiri majlis-majlis Nabi SAW.
  2. Selalu menemani Rasulullah
  3. Kuat ingatannya
  4. Banyak berjumpa dengan para sahabat senior.

Dari penggalan cerita diatas kita dapat mengetahui Akhlak Rasul. Salah satu akhlak Rasul yaitu mendo’akan dan membantu sahabatnya yaitu Abu Hurairah,ketika Abu Hurairah tidak dapat menghafal supaya bisa menghafal apapun perkataan yang diucapakan Rasulullah.Oleh karena itu Raulullah sungguh memiliki akhlak terpuji.Semoga kita dapat meneladani kisah Nabi Muhammad SAW. dan Abu Hurairah.

Nama:Farida Aprilia

NPM:1704040130

Prodi:Ekonomi Syariah(C)

Sumber:Khon,Abdul Majid.Ulumul Hadis.cet.ke-4.Jakarta

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *