Akhlak Rasul kepada Maimunah binti Harits r.a.

Setelah pelasanaan pernikahan yang penuh berkah ini selesai maimunah memasuki rumah kenabian untuk menjadi salah satu umul mukmin. Sungguh agung kemuliaan ini dan tidak ada kemuliaan lain setelahnya. Maimunah umul mukmin memasuki madinah al-munawarah dipenuhi perasaan bahagia yang tidak dapat disertai kebahagiaan lainnya hingga hatinya seolah sedang memeluk bintang-bintang dilangit. Ia melangkahkan kakinya ke pintu kamar yang telah disediakan Nabi untuknya.

Kamar yang menebarkan keharuman iman hingga kemudian tersebar ke seluruh alam. Kamar yang sederhana dan hanya sekedarnya namun dindingnya dibangun dengan fondasi ketakwaan. Maimunah berinteraksi langsung sepenuh jiwa dan raganya dengan keberkahan wahyu yang turun kepada Nabi serta upaya menyikapi kenyataan yang ada. Ia pun menunaikan sholat malam, berpuasa di siang hari, dan melakukan berbagai amal kebaikan, hingga Nabi memberikan kesaksian atas keimanannya sebagaimana kesaksian beliau bagi saudari-saudarinya.

Betapa agung kesaksian yang keluar dari Rosululloh yang tidak berbicara menurut kemauannya sendiri. Maimunah sangat bersemangat sangat bersemangat dalam menegakkan ketentuan hukum Allah, ia yakin bahwa kehidupan yang suci dan bersih hanya terwujud dalam naungan syariat Allah. Imam Dzahabimengatakan tentang maimunah bahwa ia termasuk tokoh perempuan terkemuka yang meriwayatkan sejumlah hadist. Ibnu Abbas menyampaikan hadist darinya, demikian pula putra saudarinya yang lain. Bagaimana ia tidak menempati kedudukan yang sangat membanggakan ini, sementara ia yang menjalani kehidupan dalam naungan rumah Nabi dan menghirup dari sumber yang jernih secara langsung tanpa perantara sehingga ia pun mendapatakan manfaat dari kebaikan yang melimpah.

 

Nama : Anisa Nur Oktaviani

Npm  : 1702040005

Kelas : ESY D Semester 1

Referensi Buku Biografi Shahabiayah Nabi Oleh Syaikh Mahmud Al-misrhi. Halaman 280-289.

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *