Balasan Rasulullah kepada Abu Jahal yang Hendak Membunuhnya

Abu Jahal adalah paman Nabi Muhammad Saw. Dia dipanggil abu jahal karena ia orang yang tidak bias membedakan antara yang benar dan salah. Dia adalah orang kafir Quraisy  yang menghalangi dan memusuhi Nabi Muhammad Saw. Abu Jahal mengejek dan menghina Nabi Muhammad dengan menganggap Nabi gila. .

Abu Jahal  yang selalu bersabar. Pada suatu hari abu jahal membuat sebuah lubang untuk menjebak nabi Muhammad agar terperosot kedalam lubang tersebut tetapi saat itu malah abu jahal yang terperosok kedalam lubangnya sendiri . dan pada saat itu nabi Muhammad melihat abu jahal masuk kedalam lubang itu kemudian nabi Muhammad menolong Abu jahal dengaan menariknya.

Suatu ketika Abu Jahal pernah bersumpah ingin membunuh Nabi Muhammad SAW. Ketika ia melihat nabi Muhammad SAW sedang melakukan sholat dekat kakbah, marah abu jahal meluap-luap karena begitu iri dan dengkinya kepada Rasulullah ia buru-buru mengambil sebuah batu besar dan diangkatnya tingi-tingi, hendak dijatuhkan kepada Rasulullah ketika batu tersebut siap dijatuhkan kekepala Rasulullah. Ketika itu batu tersebut hendak dijatuhkan entah mengapa tiba-tiba tangan abu jahal kaku sehingga tidak dapat digerakkan. Tangan ersebut tetap menjulur keatas, sedangkan batu yang dugenggamnya tetap berada ditangannya, tidak bias dijatuhkan. Abu jahal baru sembuh ketika Rasulullah telah memaafkan perbuatnnya yang hendak mencelakakan beliau itu.

Tapi Nabi Muhammad tetap bersabar dan rendah hati, bahkan Abu Jahal pernah ingin membunuh Nabi Muhammad Saw dengan menindih batu tapi Allah selalu menyelamatkan Nabi Muhammad Saw hingga akhirnya Nabi . Abu Jahal dengan penuh keangkuhan dan kesombongan. Tetapi Nabi Muhammad tetap bersabar ia tidak membalas perbuatan Abu Jahal dan selalu memaafkan perbuatan  abu jahal. Dan tetap sabar menjalankan dakwahnya. Dari kisah itu kita dapat mengambil pelajaran bagaimana Nabi Muhammad yang selalu mendapatkan cobaan ia tetap teguh dan bersabar hati.

 

Nama               : Pramudia Siswanto

Jurusan            : Ekonomi Syariah (C)

NPM               : 1704040148

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *