Akhlak Rasulullah terhadap Hasan bin Ali bin Abu Thalib r.a.

Pada suatu hari Rasulullah SAW mengungkapkan kepada sahabat nya tentang cintanya kepada cucunya, yaitu Hasan dan Husein. Dengan cinta nya amat dalam kepada Hasan kecintaan Baginda itu di gambarkan oleh Usman Ibn Zaid dalam suatu peristiwa yang di saksikan nya sendiri Usaman berkata, “aku mengetuk pintu rumah Rasulullah sambil membawa sesuatu yang tidak aku ketahui apa yang di bawanya”, aku bertanya Baginda engkau sedang membawa apa ya Rasulullah? Baginda pun membukanya.

Ternyata itu adalah Hasan dan Husein.Baginda bersabda“ Kedua anak ini adalah anakku dan anak puteriku. Ya Allah sungguh aku mencintai keduanya, maka cintailah orang yang yang mencintai keduanya.Apabila Hasan dating kepada kakeknya, Rasulullah beliau memeluk Hasan, menciumnya dan memangkunya di atas pahanya.Tentang kecintaan Rasulullah kepada Hasan Abu Bakar pernah berkata kepada Ali “Demi Allah dia lebih mirip dengan Rasulullah dari pada dengan mu” mendengar yang demikian itu Ali tertawa.

Pada suatu hari jamaah sholat jumat di kagetkan dengan tindakan Nabi Muhammad SAW di selah selah Khotbahnya Rasulullah mendadak turun dari mimbar lantaran kedua cucunya yang masih kecil Hasan dan Husein menangis. Nabi segera menghampiri mereka yang saat itu sedang ikut dimasjid dan berusaha menenangkan keduanya. Melalui bahasa isyarat dan kelembutan hati nya tangisan mereka mereda dan beliau pun melanjutkan khotbah nya dengan selesai.

Peristiwa lain tentang tingkah usil kedua cucu mungil nya ini juga terjadi saat Rasulullah sedang mengerjakan shalat sunah dua rakaat. Ketika sujud berlangsung, tiba tiba hasan memanjat punggung Nabi. Hasan kecil memukuli tubuh kakek nya selayak menunggang kuda yang mesti berpacu cepat. Sebetul nya Nabi sudah lama menempelkan dahinya diatas lantai. Tingkah hasan membuat manusia mulia ini memperpanjang sujud nya lebih lama lagi. Hasan puas bermain kuda-kudaan, Hasan akhirnya turun, rasulullah melanjutkan gerakan sembah yang nya.

Ulasan:
Akhlak Rasulullah terhadap cucunya yaitu Hasan menunjukkan bahwa Rasulullah sangat menyayangi anak kecil meski anak tersebut bertingkah usil kepada beliau tetapi beliau tetap sabar menghadapi nya baik ketika dalam keadaan ramai maupun tidak.Lain halnya dengan manusia biasa yang terkadang lebih melampiaskan rasa kesal nya ketika cucu nya mengusili nya. Seperti kakek lain yang sayang dan cinta terhadap cucu mereka.

 

Refarensi : http://www.nu.id/post/read/45602/kasih-sayang-nabi-kepada-kedua-cucu-mungilnya/

Nama : Latifah Setiawati
NPM : 1704040201
Prodi : Ekonomi syariah C

Yang Tak Kalah Menarik

Written by