Akhlak Rasul kepada Abu Lahab

Banyak sekali akhlak-aklak Rosululloh yang dapat kita ambil dan mengaplikasikanya di kehidupan sehari-hari. Salah satunya yaitu akhlak Nabi Muhamma SAW terhadap Abu Lahab yang tidak lain adalah pamannya sendiri.

 

  1. Abu Lahab telah melamar Ruqoyyah dan Ummu Kultsum (dua putri Nabi) untuk kedua anaknya: Utbah dan Utaibah. Ketika Rasulullah mendeklarasikan Islam, pertunangan itu dibatalkan secara sepihak. Apakah Rasulullah mengajarkan kepada Ruqoyyah dan Ummu Kultsum untuk membenci dan meneriaki Abu Lahab “Bunuh! Bunuh! Bunuh!”?

 

Jawabannya adalah “Tidak”,

 

Nabi Muhammad SAW tidak mengajarkan seperti itu kepada kedua putrinya, tidak untuk membenci apalagi menyebarkan kebencian. Rasulullah lebih mengajarkan untuk mengasihi dan memaafkan, untuk menjadi lebih besar daripada caci-maki, untuk membersihkan hati dan mulut kita dari kotornya kebencian.

 

  1. Ketika Abu Lahab melempari teras rumah Nabi Muhammad SW dengan kotoran dan Fatimah menangisi nasib ayahnya yang terhina, Nabi tidak menyulut api kebencian di hati putri bungsunya. Nabi menyeka air mata Fatimah dan menguatkan putrinya itu dengan kesabaran dan pemaafan.

 

 

Cararab Dosen

Terlampau pendek. Perlu dikembangkan lagi.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *