UTS Kaidah Fikih S1 PBS 4 B

UTS KELAS S1 PBS B

 

Dikirimkan ke idenasrudin@gmail.com paling lambat Ahad 9 Maret 2017 pukul 10.00 WIB. Nama file dan subjek email: KELAS NAMA NPM, contoh KELASS1PBS4B NOVIANA PUTRI 1502001001.

 

Jawablah 10 soal di bawah ini dengan panduan masing-masing.

 A. Jawablah dua pertanyaan di bawah ini dengan tepat.

  1. Bagaimana proses kemunculan kaidah fikih?
  2. Apa peran kaidah fikih bagi pembentukan fikih?

B. Berilah jawaban antara benar atau salah. Kemudian beri argumentasi Anda dengan mengacu pada kaidah-kaidah fikih dan dalil-dalil lain.

  1. Agar niat menjadi sah, maka niat harus diniati.
  2. Niat puasa sunnah harus dilaksanakan pada detik pertama ibadahnya.
  3. Si Ali niat menjalankan salat Zuhur. Di pertengahan salat, tiba-tiba ia mendengarkan azan Dzuhur. Maka salatnya batal.
  4. Pak Dosen Ahmad masuk ke dalam kelas. Ia menemukan spidol di depan papan tulis. Maka ia boleh menggunakan spidol tersebut untuk menulis materi. Ia juga boleh membawa pulang spidol tersebut.
  5. Si A menitipkan barang kepada si B. Si B merasa sudah mengembalikan barang kepada si A. Tetapi si A merasa belum menerima barangnya, maka si B wajib mengembalikan/mengganti barang tersebut.
  6. Lalat biasa hinggap di benda najis. Ketika musim buah, banyak lalat beterbangan dan hinggap di mana saja. Maka benda yang dihinggapi lalat dianggap tetap suci.
  7. Si A pergi ke kolam renang di Stadion 24 sendirian. Di situ tidak ada orang lain. Rupanya di dalam kolam ada si B yang sedang tenggelam. Si A ingin menolong si B tapi si A tak bisa berenang. Maka si A tidak perlu berenang dan menyelamatkan si B.
  8. Si A salat di dalam kapal. Mulanya, ia menghadap kiblat. Di tengah salat, kapal berpindah haluan sehingga si A tidak lagi menghadap kiblat. Maka salat si A menjadi batal.

 

Standar Penilaian

  1. Plagiasi maksimal 25% (syarat)
  2. Ketepatan jawaban 40%        25%
  3. Argumentasi 30%        30%
  4. Penggunaan kaidah fikih 30%        30%
  5. Referensi 15%
    1. Relevansi
    2. Bobot (kitab, buku, jurnal, situs)

 

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *