UTS Kaidah Fikih S1 PBS 4 A

UTS KELAS S1 PBS A

 

Dikirimkan ke idenasrudin@gmail.com paling lambat Ahad 9 Maret 2017 pukul 10.00 WIB. Nama file dan subjek email: KELAS NAMA NPM, contoh KELASS1PBS4B NOVIANA PUTRI 1502001001.

 

Jawablah 10 soal di bawah ini dengan panduan masing-masing.

 

A. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat.

  1. Bagaimana relasi antara kaidah fikih, ushul fikih, dan fikih?
  2. Bagaimana proses kemunculan kaidah fikih?

 

B. Berilah jawaban antara benar atau salah. Kemudian beri argumentasi Anda dengan mengacu pada kaidah-kaidah fikih dan dalil-dalil lain.

  1. Niat harus dilakukan pada awal setiap ibadah.
  2. Seseorang niat salat dengan berimam kepada Hasan, tapi ternyata yang di depan itu bukan Hasan, melainkan Husein, maka salatnya tetap sah.
  3. Seseorang menyingkirkan duri dari tengah jalan tanpa ada niat apa pun, maka ia tidak mendapatkan pahala.
  4. Mahasiswa Ahmad sudah mengirimkan tugas esai via email, sementara Pak Dosen belum menerima tugas si Ahmad tersebut. Maka mahasiswa dianggap sudah menyelesaikan tugasnya.
  5. Karena tidak ada dalilnya dalam al-Quran ataupun al-Hadits, dan Nabi belum pernah memakannya, maka hukum buah naga adalah haram.
  6. Seorang mempelai pria menikah dengan seorang mempelai putri. Sayangnya ia belum pernah bertemu dan kenal dengan mempelai putri. Si pria diberitahu oleh mertua bahwa mempelai putri ada di kamar. Setelah ditengok, ternyata, di kamar ada dua orang perempuan. Maka mempelai pria tidak boleh masuk kamar tersebut dan menggauli perempuan di kamar tersebut.
  7. Si A menderita sakit beser/anyang-anyangen. Ia kemudian wudhu dengan niat liraf’il hadats. Kemudian ia salat. Maka salatnya tidak sah karena ia senantiasa kencing dan air seninya mengenai pakaian sehingga menjadi najis.
  8. Si B ulang tahun ke-20. Beberapa teman berniat usil. Si A melepas rem motor si B. Ketika mengendarai motor, si B menabrak si C karena rem blong. Maka yang paling bertanggung jawab adalah si A.

 

Standar Penilaian

  1. Plagiasi maksimal 25% (syarat)
  2. Ketepatan jawaban 40%        25%
  3. Argumentasi 30%        30%
  4. Penggunaan kaidah fikih 30%        30%
  5. Referensi 15%
    1. Relevansi
    2. Bobot (kitab, buku, jurnal, situs)

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *