Mengoptimalkan Media Online untuk Wirausaha

  1. Pengertian Kewirausahaan dan Wirausaha

Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih.

Kewirausahaan bisa diartikan sebagai suatu keberanian untuk melakukan upaya-upaya memenuhi kebutuhan hidupyang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Wirausaha atau Enterpreneur adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna guna mengambil keuntungan serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kepuasan.

Ciri-ciri Wirausaha:

  1. Memiliki keberanian, mempunyai daya kereasi.
  2. Berani mengambil risiko
  3. Memiliki semangayt dan kemauan keras
  4. Memiliki analisis yang tepat
  5. Tidak konsumtif
  6. Memiliki jiwa pemimpin
  7. Berorientasi pada masa depan
  8. Pengertian Media Sosial dan Pengoptimalannya

Media social (sering juga disebut sebagai SocMed) semakin berkembang, dengan penggunanya hingga ratusan juta orang. Media sosial yang dulu paling digemari adalah Friendster dan My Space.Media Sosial yang kini digemari adalah Facebook, Twitter,You Tube,Blog, Google+,dan Pinterest .

Banyak manfaat yang diperoleh dari media sosial tersebut. Selain menemukan kembali teman lama, ajang bersosialisasi, belakangan fungsinya pun bertambah. Tak sedikit orang yang memanfaatkan jasa media sosial untuk mengembangkan usaha / bisnisnya.

Kelebihan lain dari memanfatkan media sosial dalam berusaha adalah mendapatkan feedback dan komunikasi yang cepat dan murah kepada pelanggan usaha. Pada era teknologi ini, internet merupakan salah satu media komunikasi yang dapat dikatakan sangat murah, internet bisa diakses secara mobile. Pelanggan atau partner usaha kita akan lebih memilih teknologi ini sebagai salah satu media komunikasinya.

Faktor-faktor perencanaan web bisnis untuk online marketing bagi UKM atau perusahaan, sebaiknya menekankan kepada hal di bawah ini :

  1. Format Media dengan menerjemahkan Profile perusahaan menuju karakteristik media, dalam hal ini misal kesesuaian warna, lay out, bentuk animasi /atraksi, hingga sampai menjaring interaksi yang diinginkan, pada step ini sebaiknya melibatkan banyak unsur agar web bisnis memiliki daya dorong dalam meningkatkan omzet, bukan sekedar company profile pasif saja.
  2. Kreasi, pada tahap ini pembuatan media online berjalan, bisa dikerjakan oleh tim internal maupun outsourching yang terpenting adalah, jika kepada tim eksternal perlu diberikan jabaran lengkap berkenaan rencana format media, dan pada kondisi ini pengisian konten, navigasi sebaiknya mengacu SEO (Search engine optimization) agar stukrtur web mudah dikenali oleh search engine dan mudah ditemukan dalam pencarian online, tentu hal ini untuk mendukung promosi online 24 jam nonstop dengan meningkatnya omzet penjualan dari online, meskti tim marketing sedang libur.
  3. Optimasi di search engine, pada tahap ini web dipastikan memiliki format struktur yang search engine friendly, sehingga pada tahap optimasi ini sudah tinggal melengkapi dan melanjutkan proses sebelumnya, kreasi, yang perlu dilakukan tahap ini adalah memeriksa kembali semua konten berdasarkan dari kondisi terkini, pesaing dan perkembangan respon search engine.
  4. Promosi, pada tahapan ini promosi menggunakan semua cara, berdasar prioritas dari perencanaan, ada belasan metode promosi, dan ratusan alat, yang awam mungkin bisa mempromosikan dengan social media, kartu nama, brosur, email, SMS, namun yang expert tentu bisa menggunakan puluhan jenis web marketing untuk meningkatkan promosi.
  5. Analisa, pada tahapan ini disusun 2 mingguan, 3 mingguan atau 1 bulanan, yang jelas perlu menganalisa, dari kunjungan web, posisi di hasil pencarian search engine, respon pasar, pengaruh ke omzet, hambatan teknis web, dll hingga ada 40 elemena analisa, bahkan lebih.

Manfaat pemasaran online:

  1. Tidak terbatas ruang dan waktu

Internet tersesia untuk bisa diakses setiap saat. Pelanggan bisa mengunjungi situs kapanpun dan dimanapun juga selam mereka bisa mendapatkan akses internet.

  1. Biaya pemasaran lebih murah

Pemasaran dapat dilakukan dengan cara memasang produk di website milik sendiri maupun website milik pihak lain memeakai agen pemasaran online. Pelaku bisnis dapat memanfaatkan website maupun blog gratis.

  1. Kemudahan memilih target pasar
  2. Organisasi lebih mudah dan sederhana
  3. Kemudahan mengelola baarang
  4. Pelayanan lebih fokus
  5. Riset pasar lebih mudah

Jenis Wirausaha:

  1. Wirausaha yang digeluti karena kebutuhan (terpaksa)
  2. Wirausaha yang cenderung meniru suatu bisnis yang sedang booming sehingga rawan terhadap persaingan
  3. Wirausaha inovatif yang harus berfikir untuk mencari usaha baru

Didalam berwirausaha yang dibutuhkan yaitu Mindset (Pola Pikir), modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Komponen-komponen penting yang terdapat didalam Mindset yaitu:

  1. Enterpreneur Mindset, diantaranya yaitu :
  2. Ection Oriented
  3. Berfikir simpel
  4. Selalu menerima peluang baru
  5. Mengejar peluang dengan disiplin tinggi
  6. Banyak mengambil peluang terbaik
  7. Pada fokus (fokus pada eksekusi)
  8. Memfokuskan energi setiap orang dalam bisnis
  9. Pilihan Enterpreneurship
  10. Karyawan, bekerja pada orang lain professional/eekutif
  11. Intrapreneur, karyawan dengan jiwa kewirausahaan
  12. Enterpreneur, memiliki usaha yang dikembangkan
  13. Sosial Enterpreneur, pelaku kegiatan social berwirausaha entrepreneur
  14. Tips praktis dalam Mindset
    1. Modal utama bukan uang melainkan keyakinan, percaya bahwa disisi kita selalu ada Allah
    2. Bersahabatlah dengan ketidakpastian
    3. Buka fikiran, pelajari hal baru
    4. Persiapkan diri dengan baik
    5. Bangunlah Network selagi muda
    6. Jaga kepercayaan
    7. Mencari lingkungan yang tepat
  15. Manfaat lingkungan yang tepat
    1. Media Edukasi
    2. Relasi Bisnis (membangun tingkat emosional)
    3. Menumbuhkan semangat jiwa wirausaha
    4. Menumbuhkan wirausaha baru

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *