Mengembangkan Wirausaha dengan Media Sosial

Di dunia yang mulai berkembang dengan perubahan teknologi yang menjadi pendorong untuk manusia agar tidak susah lagi melakukan aktivitas yang serba berat, banyak ilmuan-ilmuan melakukan penelitian hingga banyak yang mencetuskan beragam penemuan diantaranya dalam bidang teknologi. Yang sampai sekarang tidak lagi menjadi angan-angan, terlebih sudah menjadi kebutuhan semata bagi para penggunanya. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, bahkan semakin maraknya produksi teknologi seperti komputer, televisi dan gadjet. Menjadi peluang sebuah perusahaan memberikan kemudahan seseorang dalam berbisnis dan membuka peluang untuk pengangguran merealisasikan teknologi tersebut untuk dijadikan alat sebagai pemberi keuntungan. Dengan itu teknologi tersebut memiliki beragam fitur-fitur yang menuntun seseorang terjun dalam bidang wirausaha.

Dijaman yang moderen ini banyak sekali media sosial yang bisa dimanfaatkan oleh para wirausaha untuk saling berkomunikasi terutama untuk memajukan usahanya. Melalui media sosial kita dapat mempromosikan usaha yang kita miliki, misalkan melalui facebook, instagram, twitter, e-mail, dan lain lain.

Kewirausahaan adalah sikap mental dan jiwa yang selalu aktif, kreatif, berdaya, bercipta, berkarsa dan bersahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya/ kiprahnya. Dalam kewirausahaan yang harus di garis bawahi dan menjadi batasan usaha adalah halal atau tanpa riba. Halal adalah  hal yang harus diutamakan oleh umat muslim dalam berwirausaha.

Wirausaha juga harus menjaga hubungan komunikasi antara satu sama lain, baik dengan sesama wirausaha ataupun dengan para pelanggannya. Karena komunikasi yang baik akan menciptakan hubungan yang baik pula antara satu sama lain.

Disisi lain wirausaha mampu menjadikan seseorang lebih optimal dalam berbisnis, juga dalam mengelola keuangan. Karna didalam wirausaha tidak hanya keuntungan saja yang diperoleh, melainkan pengalaman berupa fisik dan fikir pun menjadi titik berat dalam melakukan wirausaha. Tanpa pengalaman dan ilmu,seseorang tak akan bisa menjalankan wirausaha dengan baik.

Wirausaha terdapat tiga jenis yaitu:

  1. Necessity Entrepreneur

Yaitu menjadi wirausaha karena terpaksa dan desakan kebutuhan hidup.

  1. Replicative Entrepreneur

Yaitu yang cenderung meniru – niru bisnis yang sedang ngetren sehingga rawan terhadap persaingan dan kejayuhan.

  1. InovativEntrepreneur

Yaitu wirausaha yang selalu berfikir kreatif dalam melihat peluang dan meningkatkannya.

Modal utama / dasar yang dimiliki wirausaha adalah Entrepreneur Mindset  yaitu :

  1. Action/ tindakan
  2. Berfikir simple
  3. Selalu mencari peluang baru tidak hanya menunggu
  4. Mengejar peluang dengan disiplin tinggi
  5. Hanya mengambil peluang terbaik
  6. Fokus pada eksekusi
  7. Memfokuskan energi setiap orang dalam bisnis

Tips  – tips  dalam  berwirausaha adalah yang pertama modal usaha bukanlah uang tetapi modal utamanya adalah keyakinan. Ketika seseorang memiliki keyakinan yang kuat maka dapat mencapai keinginannya. Lalu kita harus membuka fikiran dan mempelajari hal – hal yang baru, supaya memperluas pengetahuan kita. Mempersiapkan diri, juga penting ketika akan memulai berwirausaha. Membangun network selagi masi muda. Menjadi orang yang dapat menjaga kepercayaan. Dan yang terakhir adalah Mencari lingkungan yang tepat, dengan lingkungan yang tepat kita dapat membangun tingkat emosional yang baik dengan para relasi dan memperluas relasi,lalu kita mendapat media edukasi / pembelajaran dari linkungan disekitar kita dan dapat menumbuhkan semangat  jiwa Entrepreneur pada diri kita.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *