Business Plan Cafe Rumah Mimpi

banyak plagiasi

KEWIRAUSAHAAN

BUSINESS PLAN

CAFE RUMAH MIMPI

Tugas ini disusun untuk memenuhi tugas Individu Mata Kuliah Kewirausahaan

Dosen pengampu M.Nasrudin, SHI,MH

OLEH :

IRMAYA

NPM 141265110

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) JURAI SIWO

METRO

TAHUN 2016

Kata Pengantar

 

Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya, para penulis dapat menyelesaikan Bussiness Plan kewirausahaan ini tepat pada waktunya. Tak lupa shalawat berangkaikan salam penulis hadiahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari  zaman kebodohan menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan.

Adapun latar belakang penulis membuat proposal Cafe Rumah Mimpi ini. Penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam rangka penyelesaikan proposal ini, selain itu kerja sama yang baik diantara para penulis membuat Bussines Plan ini dapat terselesaikan tepat pada waktu yang telah ditentukan.

Penulis menyadari bahwa ini masih jauh dari sempurna, masih banyak hal yang kurang dalam penulisan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar penulis dapat memperbaikinya. Harapan penulis, semoga Bussiness Plan ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber ilmu yang baru bagi kita semua. Amin.

                                                                                    Metro, 21 Desember

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar  Belakang Usaha

Keadaan perekonomian yang tidak pasti di negara berkembang seperti Indonesia ini membuat mata pencaharian masyarakat tidak stabil sehingga memaksa masyarakat untuk lebih kreatif lagi  dalam membuka lapangan usaha atau membuka usaha sendiri untuk melangsungkan hidupnya sehingga pengangguran tidak terlalu meningkat. Berbeda dengan di negara-negara maju dimana masyarakat seperti kurang waktu untuk menyesaikan semua pekerjaannya. Kesibukan aktivitas yang begitu padat kadang membuat orang menjadi stress untuk berfikir lebih jernih dan tenang. Sehingga diperlukan tempat-tempat yang begitu tenang dan nyaman untuk menghapus semua kejenuhan dan tekanan hidup mereka. Sehingga muncullah sebuah ide saya untuk mendirikan sebuah CAFE RUMAH MIMPI seperti apa yang diinginkan pelanggan.

Segmen pasar yang diutamakan ialah kaum muda, pelajar dan mahasiswa, pegawai kantor dan masyarakat umum. Competitive advantage dalam usaha ini adalah differentiation maksudnya yaitu usaha ini merupakan usaha yang berbeda dari jenis usaha cafe lainnya karena selain tempat makan fokus usaha ini adalah pada tempat berkumpul keluarga, hiburan nonton bareng, live music, fasilitas hotspot dan ruang rapat dengan fasilitas  LCD Projector. Segmen pasar dari usaha ini berbeda dari usaha yang sudah ada sehingga  pesaing di usaha ini masih sedikit.

Selain tempat yang nyaman bagi pengunjung menu-menu yang variatif juga menjadi andalan sebuah caffe dengan sajian menu yang variatif dan unik. Dengan berbagai jenis minuman yang menjadi menu spesial CAFE RUMAH MIMPI ini. Tidak hanya itu di CAFE RUMAH MIMPI  ini juga menyediakan berbagai jenis makanan ringan, ice cream dan juga ordinary coffee. Selain itu juga caffe ini memiliki fasilitas parkir yang luas dan keamanan yang baik disertai CCTV. Dengan berbagai kelebihan CAFE RUMAH MIMPI ini, tentu Anda tak perlu ragu lagi untuk dapat menikmati suasana yang menyenangkan dan hidangan yang lezat. Sudah dipastikan menu-menu yang akan Anda nikmati mempunyai rasa standar kelezatan yang sama bila diolah oleh karyawan yang berbeda, karena CAFE RUMAH MIMPI ini mempunyai standart recipes dalam setiap makanan yang dibuat dan ditambah dengan pengolahan yang penuh kasih sayang dan cinta. Untuk dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang variatif ini, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena menu-menu ini sangat relatif terjangkau.

Konsep yang akan saya terapkan adalah konsep perpaduan antara klasik dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Perpaduan antara tradisional dan modern serta desainnya yang minimalis, tampak dari sofa dan beberapa bangku biasa serta mini bar yang mengesankan suasana khas tradisonal modern. diharapkan dapat memberikan suasana yang baru dan menarik perhatian pelanggan untuk menikmati suasana CAFE RUMAH MIMPI  tersebut. Kelebihan yang disajikan oleh CAFE RUMAH MIMPI ini adalah menyediakan hotspot untuk mempermudah akses pencarian data sehingga pengunjung lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaannya sambil menikmati secangkir kopi yang menyegarkan pikiran. Di CAFE RUMAH MIMPI ini terdapat dua ruang yaitu ruang smoking dan no smoking jadi pengunjung dapat memilihnya. Dengan demikian jika seseorang lebih berfikir kreatif dan inovatif dapat menciptakan peluang usaha yang baru.

 

  1. Visi dan Misi Usaha

Visi : Memberikan kebahagiaan untuk para pengunjung yang   datang dengan memberikan pelayanan yang baik dan ramah.

Misi : Menyediakan tempat makan sekaligus tempat berkumpul yang nyaman, dan  menyenangkan serta menawarkan berbagai macam varian  menu makanan dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan dan tempat yang strategis.

 

  1. Tujuan Usaha

Adapun tujuan dibentuknya usaha ini antara lain :

  1. Memberikan tempat makan dan tempat berkumpul yang nyaman dan menyenangkan.
  2. Menyajikan menu makanan yang lain dari pada yang lain
  3. Menyediakan tempat meeting yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap

 

BAB II

MANAJEMEN PEMASARAN

 

  1. Gambaran Umum Pasar
  • Segmentasi

CAFE RUMAH MIMPI diperuntukkan bagi para muda-mudi, yakni pelajar, mahasiswa dan juga pekerja kantor, juga masyarakat umum. CAFE RUMAH MIMPI  ini dilengkapi dengan fasilitas hotspot,  ruang rapat dengan beberapa paket menu makanan, dan juga musik live.

  • Targeting

Target konsumen CAFE RUMAH MIMPI  adalah para anak muda, umumnya pelajar dan mahasiswa, pekerja kantor, termasuk juga masyarakat umum

  • Positioning

CAFE RUMAH MIMPI  menawarkan pilihan menu minuman dan makanan  yang istimewa, dengan bahan baku utama adalah kopi, selain itu juga dilengkapi dengan menu lainnya yang tidak kalah nikmat dengan harga yang terjangkau serta  pelayanan yang mengutamakan Kebahagiaan Pelanggan.

 

  1. Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing

Strategi pemasaran perusahaan dilakukan berdasarkan analisa 7P dengan alat analisis SWOT yang terdiri atas :

-Product (Produk)

CAFE RUMAH MIMPI menyediakan berbagai produk minuman dan makanan dengan rasa serta menu istimewa lainnya seperti : aneka teh buah, minuman hangat  seperti coffe & chocolate dengan berbagai rasa, macam-macam ice cream & kue, serta makanan dari makanan berat hingga ke cemilan.

-Price (Harga)

Penentuan harga dari CAFE RUMAH MIMPI ditentukan dengan menyesuaikan biaya-biaya yang akan dikeluarkan serta ditekan sedemikian rupa dan juga disesuaikan dengan tingkat kemampuan rata-rata konsumen yang menjadi target pasar kami, sehingga harganya dapat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Harga setiap produk kami bervariasi.

  • Untuk minuman Coffee, berkisar antara : Rp. 10 rb – 20 rb / cangkir
  • Untuk minuman Chocolate, berkisar antara : Rp. 8 rb – 15 rb/ cangkir
  • Untuk minuman JuzBuah, berkisar antara : Rp. 10 rb – 18 rb /gelas
  • Untuk menu Sandwich/Spageti, berkisar antara : Rp. 18 rb /porsi
  • Harga Cake/Tart per porsi berkisar antara : Rp. 8 rb -15 rb /porsi
  • Harga Ice Cream,berkisar antara : Rp. 10 rb – 20 rb /gelas 
  • Harga Nasi goreng, mi goreng, mie rebus: Rp. 18 rb – 20 rb /porsi

-Promotion (Promosi)

Langkah – langkah promosi untuk memperkenalkan cafe ini  dilakukan dengan cara :

  • Menyebarkan brosur ke kantor, sekolah dan kampus
  • Melalui iklan di surat kabar dan radio.
  • Melalui baliho dan poster-poster.

Pemasaran yang dilakukan CAFE RUMAH MIMPI tidak hanya akan berpusat di Kota Metro saja Tapi kami akan membuka beberapa cabang di sekitar Bandar Lampung, Gunung Sugih, Bandar Jaya dan Kota Bumi dan akan melakukan promosi yang sama disana.

-Place (Lokasi)

Lokasi CAFE RUMAH MIMPI terletak di Jl.Jend.Sudirman, yang merupakan jalan jalur dua padat lalu lintas yang dilalui oleh beberapa jurusan angkutan umum.

-Process (Proses)

Ada sejumlah proses bisnis yang dilaksanakan oleh CAFE RUMAH MIMPI.

Pihak eksternal yang terlibat dalam proses bisnis di CAFE RUMAH MIMPI adalah:

  • Pelanggan (Customer). Pelanggan CAFE RUMAH MIMPI yang datang untuk membeli produk dan mendapatkan pelayanan.
  • Pemasok (Supplier) bahan baku, perlengkapan dan peralatan.

-Promise

CAFE RUMAH MIMPI berusaha menawarkan makanan dan minuman serta tempat refreshing yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung.

 –People

Karyawan yang bekerja di CAFE RUMAH MIMPI bukan hanya terampil tetapi juga terpercya karena recruitment dilakukan dengan selektif. Untuk meningkatkan kinerja karyawan, CAFE RUMAH MIMPI juga menjalani serangkaian training sehingga para karyawan memiliki ketrampilan lebih.

 

 

BAB III

ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN

  1. Aspek Organisasi

-Nama Perusahaan / Usaha      : Cafe Rumah Mimpi

-Filosofi Perusahaan : Diambil dari filosofi Permainan Catur

Permainan apapun pasti memiliki peraturan karena jika tidak ada peraturan maka para pemain bisa bertindak seenaknyaa. Permainan catur adalah permainan yang sangat taat aturan. setiap jenis bidak punya langkahnya masing-masing (kuda: L, benteng: lurus, menteri diagonal, pion: satu langkah maju, ratu: bebas, raja: bebas tapi hanya satu langkah). setiap pemain pun bergantian mendapat giliran langkah yang sama.

Pemain adalah kunci utama permainan. Player is everything. Pemenang pasti memiliki kompetensi dan memimpin perolehan nilai lebih tinggi dan juga lebih unggul dalam strategi dan tetap taat pada aturan main. Dan filosofi itu dapat diterapkan dalam suatu perusahaan.

  • filosofi dapat kita ambil dari sebuah pion, kelihatan biasa dan tak berarti dan sering diremehkan perannya dalam permainan. Namun jika mampu melewati segala rintangan dan sampai di titik terujung (titik awal di bidang permainan lawan) akan mampu berubah menjadi bidak yang jauh lebih kuat seperti benteng bahkan ratu sekalipun. . Sama halnya dengan bisnis kita, walaupun awal bisnis kita “kecil” tetapi jika berusaha dan kuat menghadapi cobaan yang ada hingga akhir, nanti kita bisa jadi satu perusahaan yang ‘besar’.
  • Dalam permainan catur posisi skak adalah posisi dimana kita terjepit untuk melangkah, diperlukan strategi dan keputusan yang jitu untuk tetap bisa melanjutkan permainan dan bahkan membalikan keadaan. Dalam berbisnis hal ini dapat diartikan seperti keadaan membuat kita terjepit dan dihadapkan pada pilihan yang sulit sehingga kita harus mengambil keputusan yang benar-benar matang. Dibutuhkan kejelian untuk melewati masa-masa sulit ini dan menentukan langkah selanjutnya.
  • Dalam permainan catur terkadang kita harus mengorbankan bidak yang kita miliki. Tentu saja berkorban untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar. Tentu saja dengan perhitungan yang matang. Sama halnya dalam berbisnis, kita terkadang harus mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan hal yang lebih besar. Jangan sampai mengorbankan sesuatu namun mendapatkan hal yang lebih kecil dari yang kita korbankan. Hal ynag kita terima dari pengorbanan itu harus sebanding atau bahkan melebihi apa yang kita korbankan.
  • Dalam permainan catur, tujuan kita adalah memenangkan permainan dengan mengalahkan raja. Untuk mengalahkan raja dibutuhkan langkah yang panjang, dan setiap langkah harus dipikirkan dengan matang. Dalam berbisnis pun kita pasti memiliki tujuan dan untuk mencapainya dibutuhkan strategi dan langkah yang panjang dan dengan penuh pertimbangan.
  • Dalam catur ada posisi yang namanya skakmat. Saat menghadapi skakmat kita akhirnya kalah, namun kita tidak boleh menyerah dan berusaha memenangkan pertandingan berikutnya. Dalam bisnis atau usaha juga ada yang namanya skakmat, seperti usaha gulung tikar dan sebagainya. Jika bangkrut maka kita harus belajar dari pengalaman masa lalu, tanpa putus asa hingga bisa bangkit kembali.
  • Catur adalah satu kesatuan dimana antara posisi yang satu dan lainnya memiliki ikatan yang kuat. Sehingga di dalam hidup sehari hari kita butuh orang lain dalam melangsungkan hidup kita. Tanpa orang lain kita tidak dapat hidup sendirian begitu juga dengan tatanan perusahaan, antara pegawai satu dengan yang lainnya memiliki ikatan yang kuat.

-Alamat kantor dan tempat usaha       : Jl.Jend.Sudirman, Kota Metro Lampung

-Badan Usaha                                           : Jenis badan usaha perusahaan ini adalah PT tertutup, karena pemilik saham hanya pada kalangan keluarga saja.

-Struktur Organisasi                               : Dalam menjalankan bisnis, maka dibutuhkan beberapa tenaga kerja agar dapat beroperasi dengan baik. Oleh karena itu manejer atau pemilik CAFE RUMAH MIMPI telah menyusun suatu struktur organisasi yang diharapkan dapat menunjang bisnis yang akan dilaksanakan. Pada Tabel 1.1  CAFE RUMAH MIMPI :

 

JABATAN JUMLAH

KARYAWAN

PENDIDIKAN

TERAKHIR

JABATAN JUMLAH

KARYAWAN

PENDIDIKAN

TERAKHIR

MANAJER 1 S1 BAKER 1 S1
KOKI 2 S1 SATPAM 1 SMA/SMK
PELAYAN 4 SMA/SMK OB / OG 2 SMA/SMK
KASIR 2 SMA/SMK VLOGER 1 D3
BARISTA 2 D3 MARKETING 1 S1

Tabel 1.1. Jumlah Kebutuhan Karyawan CAFE RUMAH MIMPI

Jabatan, Jumlah staf, Uraian Tugas, dan Penggajian.

-Analisis Jabatan

Untuk menjelaskan masing-masing jabatan dalam struktur organisasi, maka diperlukan suatu uraian pekerjaan sebagai berikut :

Nama Jabatan                           : Pemilik Usaha

Hubungan Organisasi              : Dengan karyawan

Ringkasan Pekerjaan               : Pemilik usaha adalah pengendali dan pembuat keputusan tertinggi yang menyangkut kelangsungan hidup perusahaan.

Tugas dan tanggung jawab     :

  • Membuat perencanaan, strategi, dan kebijakan yang menyangkut operasional perusahaan.
  • Menyusun anggaran perusahaan dan program kerja.
  • Menjamin operasional CAFE RUMAH MIMPIsecara hukum.
  • Melakukan kontrol secara keseluruhan atas operasional CAFE RUMAH MIMPI.
  • Memegang kendali atas keputusan penting yang bersifat umum atau berkaitan dengan masalah regulasi dan finansial.
  • Bertanggung jawab dalam memajukan usaha.
  • Memegang kunci master seluruh ruangan CAFE RUMAH MIMPI.
  • Menetapkan standar gaji yang diterima oleh pegawai.
  • Memutuskan pemberhentian dan promosi jabatan di perusahaan.
  • Bertanggung jawab secara hukum atas seluruh kegiatan perusahaan.

Nama Jabatan                                  :Manager

Hubungan Organisasi                    :Bertanggung jawab kepada pemilik usaha.

Ringkasan Pekerjaan                     :Bertugas memimpin dan menangani hal-hal yang berkaitan dengan operasional perusahaan baik internal maupun eksternal.

Tugas dan tanggung jawab           :

  • Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang menyangkut keuangan perusahaan baik operasional sehari-hari ataupun kebutuhan yang bersifat tidak terjadwal.
  • Memanage dan menganalisis laporan keuangan harian, mingguan dan per periode akuntansi.
  • Melatih, mengembangkan dan mengkoordinir karyawan agar dapat memenuhi standar perusahaan dalam beroperasi dan melayani pelanggan.
  • Memastikan semua prosedur dan standar serta kebijakan perusaaan telah dikomunikasikan secara efektif kepada seluruh karyawan serta dijaga dan diikuti secara konsisten.
  • Mengawasi secara umum kegiatan operasional perusahaan.
  • Bertanggung jawab atas seluruh aliran dana dalam perusahaan.
  • Berwenang mengatasi masalah yang berhubungan dengan penggunaan dana.

Nama Jabatan                                       : Koki

Hubungan Organisasi                          : Bertanggung jawab kepada manajer

Ringkasan Pekerjaan                           : Mencampur dan memanggang bahan-bahan sesuai dengan resep dan juga membantu sales area manager untuk mengatur operasional dapur.

Tugas dan tanggung jawab:

  • Pengatur strategi produksi. Melakukan rencana strategi produk dan inovasi baru, melibatkan makanan dan stafnya.
  • Bertanggung jawab dalam kegiatan mempersiapkan menu sesuai pesanan.
  • Memberi masukan pada manajer tentang menu makanan dan minuman baru yang dapatditawarkan pada konsumen.

Nama Jabatan                                       : Barista

Hubungan organisasi                           : Bertanggung jawab pada manajer

Ringkasan pekerjaan                           : Mencampur dan membuat kopi sesuai resep dan kemampuan.

Tugas dan tanggung jawab                 :

  • Mengatur strategi produksi, melakukan rencana strategi produk dan inovasi baru, yang meliputi minuman kopi.
  • Bertanggung jawab dalam kegiatan mempersiapkan berdasarkan pesanan.
  • Memberi masukan pada manajer tentang menu makanan dan minuman baru yang dapat ditawarkan pada konsumen.

Nama Jabatan                                       : Pelayan

Hubungan Organisasi                          : Bertanggung jawab kepada koki, baker, barista, vloger dan manajer.

Ringkasan Pekerjaan                           : Menyajikan makanan dan minuman kepada pelanggan

Tugas dan tanggung jawab                 :

  • Bertugas melayani keinginan tamu.
  • Bertugas menata kembali meja yang telah digunakan.

Nama Jabatan                                       : Kasir

Hubungan Organisasi                          : Bertanggung jawab kepada manajer.

Ringkasan Pekerjaan                           : Bertanggung jawab terhadap transaksi keuangan sehari-hari.

Nama Jabatan                                       : Satpam

Hubungan Organisasi                          : Bertanggung jawab kepada Manajer.

Ringkasan Pekerjaan                           : Menjaga keamanan dan mengatur area parkir.

Nama Jabatan                                       :Vloger

Hubungan Organisasi                          :Bertanggung jawab kepada manajer dan marketing pemasaran

Ringkasan Pekerjaan                           :Menyebarkan vidio segala macam produk dan kelebihan dari CAFE RUMAH MIMPI, menyajikan vidio yang menarik unik dan di bagikan di media sosial guna untuk menarik perhatian pelanggan

Tanggung Jawab Pekerjaan                 : Bertanggung jawab atas penyebaran vidio mengenai CAFE RUMAH MIMPI di media sosial.

Nama Jabatan                                       :OB/OG

Hubungan Organisasi                          :Bertanggung jawab untuk kebersihan lingkungan CAFE RUMAH MIMPI

Ringkasan Pekerjaaan                         :Bertugas untuk menjaga kebersihan CAFE RUMAH MIMPI dan memperhatikan keadaan operasional CAFE RUMAH MIMPI.

Nama Jabatan                                       : Marketing

Hubungan Organisasi                          : Bertanggung jawab kepada Manajer

Ringkasan pekerjaan                           : memasarkan produk yang ada di CAFE RUMAH MIMPI

Tanggung Jawab Pekerjaan                 : bertanggung jawab dalam memasarkan Produk CAFE RUMAH MIMPI di masyarakat berbagai kalangan.

Nama Jabatan                                        : Baker

Hubungan Operasional                        : Bertanggung Jawab kepada manajer dan koki

Ringkasan Pekerjaan                           :Menyajikan segala macam kue yang dipesan oleh pelanggan sesuai dengan pesanan

Tanggung Jawab Pekerjaan                 : Mengerjakan pesanan dengan sebaik mungkin sesuai dengan keinginan pelanggan

 

2)      Spesifikasi Jabatan

 

POSISI KUALIFIKASI JUMLAH
MANAJER –   Islam

–   Pendidikan terakhir min S1

–   Berusia antara 22-30 tahun

–   Mampu mengkomunikasikan instruksi pimpinan kepada karyawan

–   Mampu menangani keuangan secara efektif dan efisien

1
BAKER –   Islam

–   pendidikan terakhir min S1

–   berusia min 22 tahun

–   diutamakan lulusan tata boga

–   berpengalaman minimal 2 tahun

–   pria atau wanita

1
BARISTA –   Islam

–   Pendidikan terakhir D3

–   Berusia antara 22-30 tahun

–   Pria

–   Berpengalaman

2
SATPAM –   Islam

–   Pria

–   Fisik sehat dan kuat

–   Umur min 25 tahun

–   Berkepribadian baik

1
KOKI –   Islam

–   Pria atau wanita

–   Umur antara 22-30 tahun

–   Pendidikan terakhir S1

–   Diutamakan jurusan tataboga

–   Berpengalaman selama 2 tahun

2
KASIR –   Islam

–   Jujur

–   Berkepribadian baik dan ramah

–   Wanita

–   Umur antara 20-27 tahun

–   Pendidikan min SMA/SMK

2
VLOGER –   Islam

–   Pendidikan terakhir S1

–   Diutamakan Jurusan Komputer

–   Pria/wanita

–   Kreatif dan inovasi

–   Berpengalaman

1
OB/OG –   Islam

–   Pria/wanita

–   Berkepribadain baik dan bersih

–   Usia antara 18-25 tahun

–   Pendidikan terakhir SMA atau Sederajad

2
PELAYAN –   Islam

–   Pria/wanita

–   Umur antara 18-25 tahun

–   Pendidikan terakhir SMA atau sederajad

–   Berkepribadian baik dan ramah

–   Baik dalam berkomunikasi

4
MARKETING –   Islam

–   Pandai dalam berkomunikasi

–   Pendidikan terakhir min S1

–   Pria/wanita

–   Umur antara 22-30 tahun

–   Teliti dan telaten

1

3. Gaji

Penetapan upah/gaji pada CAFE RUMAH MIMPI ini menggunakan sistem gaji per bulan, dalam hal ini upah/gaji akan diberikan per bulan masa kerja. Setelah karyawan bekerja dalam jangka waktu tertentu akan dipertimbangkan mengenai kenaikan gaji.

 

  1. Pemilik perusahaan 40% dari keuntungan
  2. Manajer           Rp. 1.500.000
  3. Barista             Rp. 1.200.000
  4. Baker 1.200.000
  5. Koki                Rp. 1.200.000
  6. Marketing 1.200.000
  7. Vloger 1.000.000
  8. Pelayan           Rp.    800.000
  9. Kasir               Rp.    800.000
  10. OB/OG     800.000
  11. Satpam            Rp.    700.000

4. Rencana Pelatihan yang Diperlukan

Sebelum pembukaan CAFE RUMAH MIMPI  ini akan dilakukan pelatihan terhadap seluruh karyawan yang meliputi hal-hal sebagai berikut :

  • Kebijakan usaha tentang pelanggan dan standar pelayanan usaha yang akan diberikan.
  • Pelatihan mengenai cara pelayanan, keramahan dan cara berpakaian sopan dan rapi.
  • Standar cita rasa makanan dan hidangan pencuci mulut bagi koki.
  • Standar aroma orisinil kopi dan minuman kopi lainnya bagi barista
  • Pelatihan Pembuatan kue yang terkini atau yang sesuai dengan selera masyarakat sekitar
  • Prosedur pembukuan, laporan keuangan bagi manajer.

5. Rencana Pembagian Jadwal Kerja

CAFE RUMAH MIMPI akan beroperasi selama tujuh hari dalam seminggu. Untuk itu diperlukan pembagian jadwal pegawai, dimana koki, barista, pelayan, kasir dan satpam

6. Jenis-Jenis Perijinan yang Diperlukan

Untuk mendapatkan legalitas usaha, maka organisasi harus mendapatkan perizinan dalam melakukan operasinya. Prosedur pendirian Perusahaan Perorangan adalah sebagai berikut :

  • SIU (Surat Izin Usaha), Pengurusan surat izin usaha ini dilakukan di Balai Kota Mero
  • SITU (Surat Izin Tempat Usaha), Pengurusan surat izin usaha ini dilakukan di Balai Kota Metro
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), Pengurusan surat izin usaha ini dilakukan dikantor Pajak

 

 

BAB IV

RENCANA PRODUKSI

  1. Keunikan Produk

CAFE RUMAH MIMPI menyediakan suatu tempat makan dan ngumpul yang nyaman, dan menyenangkan serta menawarkan berbagai macam cita rasa kopi, es krim dan makanan lainnya, dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan dan didukung oleh tempat yang strategis dan nyaman. Aneka menu yang tersedia di cafe ini antara lain :

  • Untuk minuman

Frapucinno, Affogatto, Coffee Vietnam, White Coffee, Coffee shake, cappucino, Mocachinno, Latte, Coffe Black Clasic, Coffee Duriano, coffee honey, vanila late ekspresso, chocolate  beberapa macam juice, dan aneka minuman lainnya.

  • Untuk makanan

Spageti, Nasi goreng seafood, Sosis ayam goreng cinta, kentang goreng cinta, dan aneka menu kue lainnya.

Keunggulan dalam hal cita rasa juga tidak terlepas dari keahlian koki yang kami miliki dalam mengolah bahan makanan menjadi suatu hidangan yang istimewa, unik dan lezat. Disamping juga kami selalu up to date pengetahuan akan menu-menu baru yang banyak bermunculan alias kekinian.

  1. Fasilitas dan Peralatan

Fasilitas yang dimiliki oleh CAFE RUMAH MIMPI adalah sebuah rumah. Pada bagian dalam rumah terdapat ruang makan dengan kapasitas 48 orang yang terbagi didalam dan diluar ruangan. Kelebihan yang disajikan oleh cafe ini adalah menyediakan hotspot untuk mempermudah akses pencarian data sehingga pengunjung lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaannya sambil menikmati secangkir kopi yang menyegarkan pikiran. Cafe ini juga menyediakan sebuah 2 ruang yaitu 1 ruangan khusus area no smoking dan 1 ruangan lagi adalah area smoking.

 

  1. Proses Produksi

Proses pengolahan makanan dan minuman pada cafe ini dikerjakan oleh dua orang koki dan dua orang baker setiap kali ada pesanan. Bahan baku yang digunakan diantar oleh suplier berdasarkan daftar pesanan yang telah dibuat oleh koki sebelumnya. Bahan baku yang digunakan berkualitas. Sehingga cita rasa masakan yang dihasilkan nantinya akan lebih nikmat. Proses pengolahan minuman dan makanan dilakukan tiap kali ada pesanan sehingga makanan disajikan dalam keadaan baru dan segar.

 

 

BAB V

ASPEK KEUANGAN

  1. Biaya

 

NO JENIS PENGUNJUNG

PERHARI

PENGUNJUNG

PERBULAN

HARGA RATA-RATA/ ITEM PENGHASILAN
1 COFFE 40 1200 15000 18000000
2 COKLAT & SUSU 30 900 14000 12600000
3 ICE CREAM 35 1050 13000 13650000
4 JUS BUAH 50 1500 10000 15000000
5 SIRUP 40 1200 7000 8400000
6 SANDWICH 20 600 10000 6000000
7 SPAGETI 25 750 13000 9750000
8 STEAK 20 600 18000 10800000
9 PENCAKE 30 900 12000 10800000
10 SALAD BUAH 25 750 10000 7500000
11 NASI GORENG SOSIS 30 900 10000 9000000
12 NASI GORENG BAHAGIA 20 600 15000 9000000
13 NASI GORENG CINTA 30 900 12000 10800000
14 SUP 20 600 8000 4800000
15 CAKE 20 600 8000 4800000
16 DESSERT 40 1200 6000 7200000
TOTAL PENGHASILAN PERBULAN 158.100.000
TOTAL PENGHASILAN PERTAHUN 1.897.200.000

 

  1. Rekapitulasi biaya tahunan
NO ITEM BIAYA JUMLAH ( RUPIAH )
1 BIAYA LANGSUNG 130.900.000
2 BIAYA TIDAK LANGSUNG 31.270.000
3 BIAYA PAJAK 2.200.000
4 BIAYA ASURANSI 3.000.000
5 BIAYA PROMOSI 2.000.000
6 BIAYA LAIN LAIN 400.000
JUMLAH TOTAL 169.770.000

3. Perhitungan Netto Margin

SALES/PENGHASILAN RP.1.389.600.000
COGS (67%) RP.931.032.000
PROFIT MARGIN RP.458.568.000
BIAYA RP.169.770.000
NETTO MARGIN RP.288.798.000

4. Perhitungan prediksi penjualan

NO JENIS PENGUNJUNG

PERHARI

PENGUNJUNG

PERBULAN

HARGA RATA-RATA/ ITEM PENGHASILAN
1 COFFE 40 1200 15000 18000000
2 COKLAT & SUSU 30 900 14000 12600000
3 ICE CREAM 35 1050 13000 13650000
4 JUS BUAH 50 1500 10000 15000000
5 SIRUP 40 1200 7000 8400000
6 SANDWICH 20 600 10000 6000000
7 SPAGETI 25 750 13000 9750000
8 STEAK 20 600 18000 10800000
9 PENCAKE 30 900 12000 10800000
10 SALAD BUAH 25 750 10000 7500000
11 NASI GORENG SOSIS 30 900 10000 9000000
12 NASI GORENG BAHAGIA 20 600 15000 9000000
13 NASI GORENG CINTA 30 900 12000 10800000
14 SUP 20 600 8000 4800000
15 CAKE 20 600 8000 4800000
16 DESSERT 40 1200 6000 7200000
TOTAL PENGHASILAN PERBULAN 158.100.000
TOTAL PENGHASILAN PERTAHUN 1.897.200.000


4. Perhitungan Pay Back Period (PBP)

PBP = 394,863,300 / 626,076,000 x 12 = 7.56

0.01 x 30 hari = 0.3 hari

PBP = pada tahun ke 2 Bulan ke 7

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *