Business Plan Butik Muslimah

banyak plagiasi

Business Plan Butik Muslimah

Nama Perusahaan          : Boutique Mousjab (Butik Muslim Hijab)

Kompetensi Utama       : Baju, Hijab & Aksesoris

 

 

Business Plan

Pemilik: Meila Suryanti

Nama Usaha: Boutique Mousjab (Butik Muslim Hijab)

Alamat Lengkap Dan Kode Pos : Jalan Ki Hajar Dewantara No 15 Metro Pusat Kode Pos 34112

Telephone         : 083170945099

Fax       : 13246367

E-Mail  :mousjabboutique@gmail.com

I.                  Daftar Isi

 

  1. Daftar Isi 3
  2. Ringkasan Eksekutif 4

III.       Deskripsi Perusahaan secara Umum… 5

  1. Produk dan Jasa. 7
  2. Rancangan Pemasaran. 9
  3. Rancangan Operasional 22

VII.      Manajemen dan Organisasi 25

VIII.     Deklarasi Finansial Personal 25

  1. Biaya dan Kapitalisasi Perusahaan Rintisan. 27
  2. Rancangan Keuangan. 28
  3. Lampiran. 30

 

 

II.              Ringkasan Eksekutif

Alasan kami menawarkan produk ini adalah saat ini berkerudung menjadi trend tersendiri di kalangan para remaja maupun ibu rumah tangga. Namun demikian, berkerudung cenderung melahirkan kesan ribet dan kurang fashionable. Padahal menutup aurat adalah kewajiban bagi kaum muslimin. Adapun perempuan yang telah berjilbab tetapi kadang bingung memadupadankan baju dan kerudung sehingga merasa bosan dengan penampilannya. Di sini kami membantu para remaja untuk lebih bisa mengekspolasi kreativitas dalam berjilbab sehingga terkesan tidak monoton dan lebih menarik. Meningkatkan percaya diri bagi kaum wanita muslim dan membantu wanita muslim untuk senantiasa menutup aurat sesuai dengan yang telah diwajibkan oleh agama.

Pada zaman sekarang atau zaman modern seperti sekarang, perkembangan fashion di Indonesia pun mulai maju khususnya perkembangan fashion busana muslim, dan seiring dengan semakin pesatnya fashion busana muslim, model kerudung atau hijab dewasa ini pun semakin beragam dan fashionable. Para wanita muslim pun semakin terbuka pikirannya bahwa berhijab tidak akan membatasi kreativitas fashion mereka, malah dengan berjilbab wanita muslim akan terlihat semakin cantik dan anggun.

Untuk itu, untuk membuat wanita semakin cantik ketika berkerudung, dan membuang kesan buruk tentang berkerudung, kami menawarkan produk yaitu jilbab pashmina. Pahmina kami menyediakan berbagai pilihan motif jilbab dengan bahan dasar kain chiffon yang sangat mudah untuk dimodifikasi modelnya. Keunikan dari jilbab kami adalah motif yang kami produksi menarik dan fashionable serta selalu mengikuti tren masa kini, tidak hanya itu jilbab kami sangatlah nyaman dipakai dan tidak panas.

Pakaian muslim serta hijab memang telah banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Namun kami memberikan motif yang berbeda dan tampak lebih elegan serta lebih manis. Selain itu kami juga menyediakan jasa konsultasi tata cara memakai jilbab sehingga terlihat lebih menarik, anggun dan sesuai dengan busana yang dikenakan. Kami juga menyediakan berbagai macam dalaman jilbab yang sesuai dengan bentuk kepala serta aksesoris untuk melengkapinya agar lebih cantik. Jilbab ini akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kreativitas kaum muslimin di dunia fashion. Dengan adanya jilbab lukis, seorang muslim dapat memodifikasi jilbab yang dikenakan sehingga tidak terkesan monoton. Jilbab ini juga bisa dikenakan di acara-acara resmi seperti pesta penikahan, wisuda dan acara-acara resmi yang lain. Sehingga momen yang jarang terjadi dalam hidup dapat diabadikan menjadi lebih indah.

Kaum wanita adalah insan yang mempunyai daya tarik sangat tinggi (konsumtif) terhadap hal-hal yang berhubungan dengan penampilan. Dengan adanya orang-orang konsumtif berarti keuntungan bagi usaha produksi. Butik ini berada di daerah perkotaan sehingga pelanggan pun akan terus meningkat serta lokasinya sangat mudah diakses karena berdiri dipinggir jalan raya. Selain itu, berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha butik ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.

Industri pakaian muslimah serta hijab sekarang ini sedang tren dan mulai menjamur di kalangan para wanita muslimah. Hal ini terjadi karena kebutuhan busana muslimah dan kerudung yang meningkat tajam. Apalagi untuk event-event tertentu seperti ketika akan memasuki masa bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha . Banyak wanita dan remaja putri yang mengenakan baju muslim dan kerudung untuk mempercantik penampilan mereka ketika bersilaturahmi kepada sanak keluarga.

Jilbab dan kerudung tidak lagi hanya sekedar penutup kepala. Tetapi pakaian muslimah dan jilbab tersebut sudah menjadi suatu keharusan dalam menciptakan penampilan yang modis dan menarik. Ini terlihat dari banyaknya penjual-penjual pakaian muslimah dan jilbab yang memenuhi hampir di semua pusat-pusat perbelanjaan. Banyak pula buku-buku yang sengaja ditulis dan dicetak untuk memberikan panduan dan variasi penggunaan jilbab sehingga semakin banyak lagi para wanita dan remaja putri yang akhirnya memiliki untuk mengenakan jilbab atau kerudung sebagai pelengkap penampilan mereka.

Usaha baju muslimah dan kerudung ini adalah salah satu usaha yang memiliki kemungkinan rugi yang sangat kecil karena baju muslimah dan kerudung merupakan produk yang tidak mudah rusak dan tidak bisa basi. Penyimpanan yang benar, keterampilan dalam menciptakan variasi baru serta mengkombinasikan baju muslim dan kerudung dengan gaya yang up to date akan membuat baju muslimah dan jilbab tersebut walaupun bermodel lama tetap akan laku dijual.

 

 

 

 

III.          Deskripsi Perusahaan secara Umum

Bisnis yang ingin saya kembangkan yaitu bisnis bidang fashion yaitu butik yang cenderung kepada baju bagi wanita wanita muslimah serta koleksi koleksi hijab dan aksesoris cantik, disini saya akan mendirikan sebuah butik muslimah. Tidak hanya memasok dari suplier saya juga akan memproduksi sendiri baju-baju dan hijab hijab tersebut, saya ingin membuat baju muslimah serta hijab dengan kesan yang modern dan fashionable. Nantinya baju baju muslimah yang saya produksi dan saya jual akan saya beri aksen aksen tertentu pada baju, serta model model baju yang saya buat akan saya rancang sendiri desainnya sehingga tidak terkesan pasaran. Alasan saya memilih bisnis butik muslimah sebagai prioritas utama dalam rencana masa depan saya. Zaman sekarang menjalankan sebuah bisnis sudah menjadi prioritas utama setiap manusia dalam mencapai kehidupan yang lebih baik, berbagai jenis bisnis telah dilakukan mulai dari bisnis restoran, mall, show room mobil, butik baju wanita dan pria, supermarket, butik baju muslimah, butik baju batik, dan lain-lain.

Mulai awal tahun 2011 telah berkembang penggunaan hijab atau jilbab di kalangan wanita mulai dari remaja sampai ibu rumah tangga. Sebelumnya penggunaan jilbab masih dirasa tabu bagi para remaja, para remaja menganggap jilbab sudah layak dikenakan ketika sudah menjadi seorang ibu rumah tangga. Maka dari itu saya akan mendirikan sebuah usaha batik yang mengusung tema syar’i dan fashionable. Kami menawarkan baju-baju muslimah yang syar’i namun tetap fashionable sehingga tidak perlu khawatiran karena model baju saya selalu mengikuti trend model yang up to date. Selain baju muslimah, saya juga akan menyediakan kerudung dengan berbagai model dan bahan, accessories hijab, dan kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan hijab. Untuk harga tidak perlu dikhawatirkan, harga yang kami tawarkan terjangkau dan disesuaikan dengan bahan dan kualitas dari barang yang saya tawarkan.

VISI:

  1. Ingin menjadikan butik saya sebagai pusat butik muslimah dan butik paling di cari oleh para wanita muslimah.
  2. Menjadikan butik saya menjadi sebuah butik paling tren di kalangan wanita muslimah serta menjadikan butik saya sebagai pusat butik dengan produksi barang terbaik.
  3. Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.

MISI:

  1. Memproduksi baju kualitas terbaik, mengembangkan desain-desain dan model busana muslimah yang tidak pasaran dan trendy dengan tanpa menghilangkan konsep etika yang islamiah dalam berbusana dan mengajak konsumen untuk berpakaian muslimah yang syar’i.
  2. Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan para pelanggan.

Untuk mencapai apa yang saya visikan caranya adalah banyak mencari relasi kerja, produk yang dijual memiliki kualitas bagus dan model model pakaian menarik serta tidak pasaran serta menyediakan aksesoris lengkap untuk memenuhi fashion wanita muslimah. Yang selanjutntnya tujuan dari perusahaan yang saya jalankan yaitu, membantu wanita muslim mengeksplorasi kreativitas dalam berjilbab, memberi pilihan yang memudahkan para wanita untuk senantiasa menjaga dan menutup aurat dan karena belum adanya pusat butik muslimah di metro sehingga saya ingin mengembangkan sebuah butik tersebut dan menjadi salah satu butik paling lengkap dan paling di cari karena kualitas produksi baju yang ada di butik ini. Caranya yaitu menyediakan secara lengkap apa apa yang dibutuhkan oleh wanita yang berjilbab.

Saya memiliki filosofi dalam bisnis saya yaitu saya ingin memberikan tren muslimah yang modern dan fashionabble serta memberikan warna baru dalam dunia fashion bagi para remaja dan wanita dewasa dengan harga yang kompetitif dan terjangkau. Melihat peluang mengenai trend muslimah yang bergaya stylish, membuat saya sadar akan peluang bisnis yang akan saya jalankan ini sehingga kami dapat membuka lapangan pekerjaan seperti halnya penjahit bagi produk yang kami tawarkan dan kesempatan bagi reseller atau pengecer produk kami.

Sasaran utama butik saya yaitu wanita wanita yang memakai hijab khususnya mahasiswi IAIN yang 100% menggunakan busana muslimah, ekskutif muda wanita, dan ibu rumah tangga

Iklim industri:

Industri pakaian muslimah serta hijab sekarang ini sedang tren dan mulai menjamur di kalangan para wanita muslimah. Hal ini terjadi karena kebutuhan busana muslimah dan kerudung yang meningkat tajam. Apalagi untuk event-event tertentu seperti ketika akan memasuki masa bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha . Banyak wanita dan remaja putri yang mengenakan baju muslim dan kerudung untuk mempercantik penampilan mereka ketika bersilaturahmi kepada sanak keluarga.

Jilbab dan kerudung tidak lagi hanya sekedar penutup kepala. Tetapi pakaian muslimah dan jilbab tersebut sudah menjadi suatu keharusan dalam menciptakan penampilan yang modis dan menarik. Ini terlihat dari banyaknya penjual-penjual pakaian muslimah dan jilbab yang memenuhi hampir di semua pusat-pusat perbelanjaan. Banyak pula buku-buku yang sengaja ditulis dan dicetak untuk memberikan panduan dan variasi penggunaan jilbab sehingga semakin banyak lagi para wanita dan remaja putri yang akhirnya memiliki untuk mengenakan jilbab atau kerudung sebagai pelengkap penampilan mereka.

Usaha baju muslimah dan kerudung ini adalah salah satu usaha yang memiliki kemungkinan rugi yang sangat kecil karena baju muslimah dan kerudung merupakan produk yang tidak mudah rusak dan tidak bisa basi. Penyimpanan yang benar, keterampilan dalam menciptakan variasi baru serta mengkombinasikan baju muslim dan kerudung dengan gaya yang up to date akan membuat baju muslimah dan jilbab tersebut walaupun bermodel lama tetap akan laku dijual.

Faktor yang akan membuat perusahaan saya menjadi sukses yaitu produksi baju dengan desain saya sendiri yang mmebuat. Mungkin saya akan membuat desain keren, unik fashionable namun terkesan sederhana sehingga tidak terlalu berlebihan sebagaimana dalam islam kita tidah boleh memakai sesuatu yang berlebihan. Walaupum muslimah tetapi tidah melanggar aturan aturan islam.

Setelah mempertimbangkan skala usaha dan tujuan pendirian organisasi maka diputuskan bahwa bentuk usaha yang saya jalankan yaitu termasuk usaha dagang (UD).

 

Rumusan Masalah

Masyarakat sekarang ini mulai gencar gencarnya ingin memakai hijab karena hijab merupakan hal wajib dalam agama islam. Tetapi seiring perkembangan zaman para wanita ingin tetap terlihat fashionable walaupun dia memakai hijab. Maka dari itu saya ingin mendirikan sebuah usaha pakaian muslim serta hijab untuk memenuhi kebutuhan wanita waniya berhijab tersebut. Saya ingin memberikan model serta desain pakaian muslimah yang stylish dan fashionable tetapi tidak meninggalkan nilai nilai kemuslimahan.

Produk atau Jasa sebagai Solusi

Solusi untuk memenuhi kebutuhan wanita tentang kebutuhan pakaian muslim serta hijab yaitu saya akan memproduksi pakaian dan hijab modern dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan. Keunikan produk yang saja jual yaitu produksi baju dengan desain sendiri. Memberikan inovasi inovasi baru pada rancangan baju atau hijab yang akan saya buat harga yang cukup terjangkau

  • Daftar harga produk di butik muslimah “boutique mousjab”:
  • Blus                                                : Rp 75.000 – Rp 1.000.000
  • Gamis                                             : Rp 150.000 – Rp 1.000.000
  • T-shirt muslim                                : Rp 45.000 – Rp 250.000
  • Blezer                                             : Rp 250.000 – Rp 1.000.000
  • Jaket                                               : Rp 150.000 – Rp 1.000.000
  • Celana panjang kain dan jeans       : Rp 45.000 – Rp 500.000
  • Rok panjang                                   : Rp 45.000 – Rp 200.000
  • Jilbab                                              : Rp 25.000 – Rp 200.000
  • Tas                                                  : Rp 75.000 – Rp 500.000
  • Mukena                                          : Rp 120.000 – Rp 200.000
  • Dompet                                          : Rp 25.000 – Rp 250.000
  • Sandal                                            : Rp 35.000 – Rp 250.000
  • Sepatu                                            : Rp 80.000 – Rp 1.000.000
  • Aksesoris                                        : Rp 10.000 – Rp 200.000

 

IV.           Rancangan Pemasaran

Telah banyak jenis pakaian muslimah dan jilbab yang bisa dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan, seperti pasar, departement store dan mall. Namun dari sekian banyak tempat perbelanjaan seperti itu membuat lebih banyak pilihan dan kurang real karena tidak bisa mencoba dan memadupadankan dengan busana yang sesuai. Oleh sebab itu, masyarakat harus tau tentang keberadaan produk kami. Untuk itu, kami telah menyusun strategi pemasaran. Tahapan-tahapannya sebagai berikut:

  1. Analisis Pasar

Kaum wanita adalah insan yang mempunyai daya tarik sangat tinggi (konsumtif) terhadap hal-hal yang berhubungan dengan penampilan. Dengan adanya orang-orang konsumtif berarti keuntungan bagi usaha produksi. Butik ini berada di daerah perkotaan sehingga pelanggan pun akan terus meningkat serta lokasinya sangat mudah diakses karena berdiri dipinggir jalan raya. Selain itu, berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha butik ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.

  1. Pengembangan produk

Pakaian muslim serta hijab memang telah banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Namun kami memberikan motif yang berbeda dan tampak lebih elegan serta lebih manis. Selain itu kami juga menyediakan jasa konsultasi tata cara memakai jilbab sehingga terlihat lebih menarik, anggun dan sesuai dengan busana yang dikenakan. Kami juga menyediakan berbagai macam dalaman jilbab yang sesuai dengan bentuk kepala serta aksesoris untuk melengkapinya agar lebih cantik. Jilbab ini akan menambah pengetahuan serta meningkatkan kreativitas kaum muslimin di dunia fashion. Dengan adanya jilbab lukis, seorang muslim dapat memodifikasi jilbab yang dikenakan sehingga tidak terkesan monoton. Jilbab ini juga bisa dikenakan di acara-acara resmi seperti pesta penikahan, wisuda dan acara-acara resmi yang lain. Sehingga momen yang jarang terjadi dalam hidup dapat diabadikan menjadi lebih indah.

  1. Penetapan Harga

Harga merupakan suatu variable yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga menunjukkan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu seharusnya bila dilihat dari harganya. Harga yang kami tawarkan di sini, kami sesuaikan dengan sasaran kami yaitu para wanita yang cenderung menyukai barang yang berkualitas tetapi dengan harga semurah mungkin. Harga kami sesuaikan dengan bahan dan berbagai variable lain. Kami hanya akan mengutamakan kualitas barang. Bukan melulu mengambil keuntungan, karena kami mempunyai tujuan yaitu membantu para wanita muslim mematuhi kewajibannya untuk menutup aurat. Berikut ini rincian harganya:

  • Blus                                                : Rp 75.000 – Rp 1.000.000
  • Gamis                                             : Rp 150.000 – Rp 1.000.000
  • T-shirt muslim                                : Rp 45.000 – Rp 250.000
  • Blezer                                             : Rp 250.000 – Rp 1.000.000
  • Jaket                                               : Rp 150.000 – Rp 1.000.000
  • Celana panjang kain dan jeans       : Rp 45.000 – Rp 500.000
  • Rok panjang                                   : Rp 45.000 – Rp 200.000
  • Jilbab                                              : Rp 25.000 – Rp 200.000
  • Tas                                                  : Rp 75.000 – Rp 500.000
  • Mukena                                          : Rp 120.000 – Rp 200.000
  • Dompet                                          : Rp 25.000 – Rp 250.000
  • Sandal                                            : Rp 35.000 – Rp 250.000
  • Sepatu                                            : Rp 80.000 – Rp 1.000.000
  • Aksesoris                                        : Rp 10.000 – Rp 200.000

 

  1. Pengembangan wilayah pemasaran

Area pemasaran utama adalah di tempat yang mayoritas orangnya adalah muslimah. Contohnya di kampus IAIN Jurai Siwo Metro  yang memiliki banyak mahasiswi muslim yang berkerudung. Promosi dilakukan melalui kelompok-kelompok kecil sampai pada tingkat yang lebih tinggi. Promosi dilakukan dengan media stand flexible dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Di sini akan tersedia berbagai fasilitias mulai dari konsultasi dengan pakar, busana muslim, dan layanan pembuatan motif serta pemilihan bahan jilbab dan pakaian yang sesuai dengan jilbab oleh konsumen. Tidak hanya itu, karena kemajuan teknologi seperti sekarang, maka kami juga memasarkan melalui online via Facebook, twitter, blog, BBM, yang akan sangat memudahkan pelanggan membeli produk kami.

  1. Kegiatan promosi

Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami melalui sejumlah media baik elektronik, cetak, iklan di radio maupun promosi langsung dari mulut ke mulut. Promosi melalui media elektronik dilakukan dengan membulka semacam on-line shop di berbagai jaringan sosial yang kini marak di dunia maya. Promosi melalui media cetak kami lakukan dengan membuat pamflet, serta mengiklankan produk kami di media massa dan majalah wanita.  Promosi dari mulut ke mulut kami lakukan dengan mendatangi langsung kelompok-kelompok muslimah seperti di kampus, perusahaan dan arisan. Kami juga melakukan promosi di pameran, expo atau bazar. Pada semua media promosi tersebut kami tidak lupa menyertakan tentang berbagai fasilitas yang kami miliki seperti tutorial cara memakai jilbab dan pelayanan kebutuhan konsumen yang optimal.

  1. Strategi organisasi dan SDM

Pengelolaan SDM merupakan hal yang karus dilakukan suatu perusahaan sehingga produktivitas dapat semakin berkembang dan kualitas karyawan pun semakin baik. Tahap-tahap pengembangan SDM tersebut antara lain:

  1. Seleksi karyawan

Kami melakukan seleksi terhadap karyawan sesuai dengan bidangnya. Contohnya di bidang desain pakaian muslim dan jilbab, kami memilih karyawan yang memiliki keterampilan dan jiwa seni serta paham fashion. Untuk bagian konsultan, kami memilih orang yang mengerti fashion dan memiliki pemikiran yang sesuai dengan yang kami inginkan. Sehingga tidak merusak tatanan, atay style perusahaan kami. Di bagian pemasaran kami memilih orang yang dapat berkomunikasi dengan baik di masyarakat. Dapat menyampaikan maksud dan tujuan kami dengan baik pada kelompok masyarakat sehingga tidak terjadi kesalah pahaman tentang makna jilbab itu sendiri.

  1. Pelatihan karyawan

Karyawan yang telah diseleksi kemudian dilatih dan diberi motivasi tentang apa tujuan kami membuat pakaian muslim dan hijab ini. Sehingga mereka memiliki kesamaan persepsi dan pemikiran. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kualitas dan ciri khas yang membedakan produk kami dengan yang lain.

Ekonomi
  • Total Ukuran Pasar

Segmentasi pasar
Batasan usia      : 17 – 40 tahun
Sasaran             : mahasiswa, ekskutif muda wanita, dan ibu rumah tangga.
Ekonomi          : Menengah keatas
Model Pakaian  : chic & colorfull.

Calon pelanggan potensial
Semua penduduk Metro dan sekitarnya yang berjenis kelamin perempuan dan beragama Islam. Karena mereka berpotensi memakai busana muslim. Mahasiswi IAIN Jurai Siwo Metro yang 100% menggunakan busana muslimah.

Konsumen alternatif
Walaupun masyarakat di daerah Metro adalah target pasar utama, namun tidak tertutup bagi daerah-daerah sekitar jika ingin berbelanja di butik busana Muslim kami yang pada perkembangannya akan menjadi pelanggan kami.

Pangsa pasar yang ingin saya dapatkan yaitu 90 %

  • Permintaan pasar saat ini di yang saya tuju.

Permintaan akan fashion sangat meningkat pesat, karena pakaian yang beredar di masyarakat beragam gaya yang modis, dengan adanya “Boutique Mousjab” yang beragam gaya, motif, dan style. Dan masih banyak pilihan lain seperti pakaian muslim yang sekarang banyak diminati karna perkembangan fashion yang selalu berinovasi maupun gaya ala barat yang modis otomatis mereka akan penasaran untuk berkunjung ke “Boutique Mousjab,” hal ini yang akan membuat  permintaan terhadap produk kita tinggi, selain itu juga masih jarangnya  persaingan di tempat ini maka pembeli akan datang dan membeli produk yang kita tawarkan.

  • Tren di pasar tertarget—tren pertumbuhan, tren preferensi konsumen, dan tren dalam pengembangan produk atau jasa.

Masyarakat wanita muslimah Indonesia sangat mengikuti trend suatu produk di pasar saat ini. Penulis sangat yakin ketika usaha ini telah berjalan akan menjadi perusahaan yang dapat berkembang cepat. Hal ini dapat dilihat dari kondisi perekonomian Indonesia yang cukup baik dan selera masyarakat wanita muslimah untuk mencoba suatu produk yang unik dan modis.

Dari analisis perkembangan pasar yang saya lakukan pertumbuhan ekonomi, inflasi dan tingkat suku bunga mempengaruhi dari trend perkembangan pasar ini. Dari segi pertumbuhan ekonomi dapat dilihat bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia sedang membaik dan ini sangat mempengaruhi tingkat pendapatan masyarakat. Hal ini mempengaruhi karena dengan tingkat pendapatan yang baik maka masyarakat akan tinggi pula untuk mengkonsumsi suatu produk. Keinginan masyarakat untuk mengkonsumsi suatu produk maka akan tinggi pula hasrat masyarakat untuk mengkonsumsi produk dari usaha saya.

Dari segi inflasi, faktor ini mempengaruhi dalam perkembangan usaha saya. Dikarenakan ketika inflasi tinggi maka akan berimbas pada bahan baku penolong usaha ini. Dengan tingginya inflasi maka tinggi pula harga bahan baku penolong yang akan berimbas pada harga produk usaha penulis. Namun, ketika inflasi turun maka bahan baku penolong juga akan turun sehingga berimbas pula pada harga produk usaha saya.

Dari segi tingkat suku bunga, faktor ini juga mempengaruhi akan perkembangan usaha ini. Namun, dapat dilihat bahwa tingkat bunga mempengaruhi ketika usaha yang dijalankan mendapat pinjaman dari pihak ketiga yakni bank. Dalam usaha ini, modal untuk pendirian usaha ini merupakan usaha dari modal sendiri dan usaha ini tidak akan terpengaruh akan naik atau turunnya tingkat suku bunga. Dengan modal sendiri ini kami sangat yakin akan dapat mengembangkan usaha ini menjadi perusahaan frienchise yang besar.

  • Potensi pertumbuhan dan peluang di bisnis yang saya tekuni.

Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena telah merebaknya kebudayaan berkerudung diikuti juga dengan fashion pakaian muslimah di kalangan wanita mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang itu itu saja. Tidak seperti tatanan rambut yang bisa berubah setiap hari. Terkadang mereka merasa malu untuk mengenakan berbagai pernak pernik jilbab dan cenderung merasa tidak percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk jilbab dengan beraneka motif yang trendy, serta dilengkapi dengan berbagai rekomendasi model maupun cara pakai, pasti akan menarik perhatian para wanita.

Beberapa penghalang untuk masuk kedalam bisnis butik ini yaitu di antaranya adalah:

o    Modal yang sangat tinggi

Modal merupakan salah satu penghalang dalam menjalankan bisnis butik ini karena untuk awal perintisan usaha ini memerlukan biaya besar yaitu, biaya sewa tempat butik, properti yang digunakan sebagai hiasan butik untuk menghias dan menjadikan butik yang unik sehingga dapat menarik pelanggan.

o    Biaya produksi yang sangat tinggi

Karena diusaha yang akan saya rintis juga memproduksi barang sendiri maka dibutuhkan biaya produksi pula dan untuk produksi baju memerlukan modal yang sangat besar untuk bahan bahan produksi.

o    Teknologi unik dan paten

Teknologi unik dan paten merupakan penghalang juga dalam bisnis ini karena kedepannya dunia akan semakin maju begitu pula dengan teknologi.

  • Hal-Hal Yang Dapat Berpengaruh Dalam Bisnis Butik Ini Yaitu :

o    Perubahan teknologi

Dalam persaingan bisnis yang semakin keras dan ketat saat ini, IT memegang peranan penting dalam pengembangan bisnis. Yang menjadi titik point adalah bagaimana teknologi dapat digunakan dan apa yang perlu diketahui bisnis mengenai teknologi sehingga memberi dampak terhadap stategi bisnis dan selalu terlibat dalam berbagai perencanaan serta pengkajian strategi bisnis. Dalam pemanfaatan IT, assesoris wanita muslimah menggunakan jaringan internet untuk memasarkan usaha ini. Bukan hanya lokal yang mengetahui tetapi siapa saja yang akan membuka internet. Karena usaha ini memiliki alamat di internet yang dapat dikunjungi oleh siapapun.

o    Perubahan regulasi pemerintah

Semua bidang yang dijalankan di Indonesia diatur dalam hukum, termasuk bidang perdagangan seperti butik muslimah “Boutique Mousjab”. Mengantisipasi adanya penyalahgunaan hukum yang terjadi di butik muslimah “Boutique Mousjab”, maka saya mengikuti setiap sistem hukum perdagangan yang berjalan, yaitu:

Bentuk usaha

Setelah mempertimbangkan skala usaha dan tujuan pendirian organisasi maka diputuskan bahwa usaha kami termasuk usaha dagang (UD).

Anggaran dasar dan anggraran rumah tangga (AD/ART)

Untuk mengatur kehidupan UD pada masa yang akan datang maka perlu disusun suatu anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang tercantum dalam akta notaris pendirian butik muslimah “Boutique Mousjab”. Contoh dari salah satu prinsip AD/ART nya adalah:

Nama perusahaan          : Boutique Mousjab

Tempat kedudukan        :

Landasan Hukum          : Pancasila

Tujuan                            : Mendirikan butik

Fungsi                            : Memberi kontribusi positif dalam perekonomian Indonesia

Bidang Usaha                : Butik muslimah

Tahun buku                    : 1 Januari -31 Desember 2015

Modal usaha                  : Modal Pribadi

AD/ART secara lengkap dan terperinci akan tercantum dalam akta notaris pendirian.

Prosedur perijinan

Untuk mendapatkan legalitas usaha dokumen yang digunakan sebagai berikut:

  1. SIUP
  2. TDUP, surat ijin tanda daftar usaha perdagangan
  3. NPWP
  4. Surat keterangan domisili
  5. Akta notaris

Lembaga / Departemen / Instansi yang terkait dengan perusahaan:

  1. Deperindag
  2. Kantor pajak
  3. Kantor kelurahan Ngaliyan
  4. Kantor kecamatan Ngaliyan

Produk dari butik muslimah “Boutique Mousjab” telah dilindungi oleh hukum sehingga ketika kami membuat produk baru maka tidak ada yang bisa menduplikasi atau mengklaim produk kami. Harga dari produk butik muslimah “Boutique Mousjab” sewaktu-waktu dapat berubah tergantung dari kebijakan pemerintah untuk menaikkan atau menurunkan harga barang, mengantisipasi hal ini maka butik muslimah “Boutique Mousjab” dapat menaikkan dan menurunkan harga sesuai dengan aturan pemerintah. Harga dari produk butik kami tidak akan melambung tinggi, akan disesuaikan dengan kualitas dan mutu bahan dasar dari barang tersebut. Jadi pembeli tidak perlu khawatir, resah atau kecewa.

Produk

Fitur dan Manfaat

Produk yang Dihasilkan

Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja. Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:

  1. Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
  2. Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
  3. Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.

Kegunaan Produk

Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat. Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :

  1. Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
  2. kualitas produk terjamin
  3. sesuai dengan selera masyarakat

Keistimewaan dari produk di butik ini yaitu model baju yang di buat sendiri dan di inovaskan sehingga tidak terkesan pasaran, menambahkan aksen aksen tertentu pada baju yang tidak di produksi tempat lain serta bahan yang digunakan bahan bahan yang bagus dan nyaman.serta harga yang ditawarkan juga terjagkau sesuai kantong mahasiswa. Manfaatnya adalah untuk Memenuhi kebutuhan khusunya wanita muslimah

Bisa jadi Anda menjual kepada lebih dari satu grup konsumen. Identifikasi mana yang paling penting. Lalu, untuk masing-masing grup, buatlah profil demografis yang mencakup:

  • Usia : 17-45 tahun
  • Jenis kelamin dan gender : wanita
  • Lokasi : daerah sekitaran kampus IAIN Metro
  • Level pemasukan
  • Kelas sosial dan wilayah : ekenomi menengah
  • Tingkat pendidikan: SMA, kuliah
Kompetisi
  • (qween hijab )
  • (ayu shop)

Tabel 1:  Analisis Kompetisi

FAKTOR Perusahaan Saya Kekuatan Kelemahan Kompetitor A Kompetitor B Seberapa Penting bagi Konsumen
Produk Baju muslim Desain yang tidak pasaran Pilihan desain kurang memenuhi permintaan pelanggan Baju muslim & hijab hijab 4
Harga 50.000-200.000 terjangkau _ 50.000-300.000 50.000-250.000 5
Kualitas Bagus Banyak peminat Susah di cari baik baik 4
Pelayanan menyenangkan ______ _____ ramah Ramah & menyenangkan 5
Lokasi dekat dengan kampus Mudah di jangkau Banyaknya saingan yang dekat dengan kampus dekat dengan kampus dekat dengan kampus 4

 

Pada ayu shop disini barang barang yang diproduksi lengkap serta harga yang di berikan sesuai kantong mahasiswa dan jenis pelanggan lainnya serta disini disediakan pula lengkap barang brang yang dibutuhkan konsumen. Dan pada ayu shop disini mereka sudah meiliki banyak pelanggan. Sama seperti ayu shop di qween hijab juga sudah memiliki banyak pelanggan namun berbeda dengan ayu shop di qween hijab yang lebuh ditonjolkan haitu hijabnya.

Niche/Ceruk Pasar

 

Proyeksi permintaan konsumen dalam beberapa periode / tahun mendatang dengan fungsi kenaikan x % per tahun sesuai kenaikan jumlah penduduk. Laju pertumbuhan penduduk Metro periode tahun 2000-2004 cenderung mengalami peningkatan—tingkat pertumbuhan penduduk pada tahun 2000 adalah 0,09% dan menjadi 0,63% pada tahun 2004 (sumber Wikipedia). Dirata-ratakan pertumbuhan penduduk adalah 0,36% per tahun. Keunggulan Produk

Usaha kami memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan perusahaan lain yaitu selain menjual produk yang diperoleh dari suplier yaitu perusahaan lain kami juga memproduksi produk kami sendiri dengan pertimbangan desainnya unik dan jumlahnya terbatas jadi menjamin eksklusifitas. Produk unggulan yang kami produksi sendiri adalah assessoris dan pernak-pernik perlengkapan busana wanita muslimah. Yang mmebuat. Produksi baju dengan desain saya sendiri terkesan sederhana sehingga tidak terlalu berlebihan sebagaimana dalam islam kita tidah boleh memakai sesuatu yang berlebihan. Walaupum muslimah tetapi tidah melanggar aturan aturan islam.

Analisis Pesaing

Pesaing merupakan faktor yang penting dalam menyusun keberhasilan pemasaran. Menurut pakar manajemen strategi mengidentifikasi 5 ( lima ) kekuatan persaingan yakni masuknya pendatang baru, ancaman produk pengganti, kekuatan tawar-menawar pemasok, serta persaingan konvensional di antara para pesaing yang ada. Kelima kekuatan persaingan tersebut secara bersama-sama menentukan intensitas persaingan dan kemampuan laba dalam industri, dan kekuatan yang paling besar akan sangat menentukan serta menjadi sesuatu yang sangat penting dari sudut pandang perumusan strategi.

Strategi

Strategi pemasaran perusahaan dilakukan berdasarkan analisa 7 P dengan alat analisis SWOT menurut Kottler yang terdiri atas :

  1. Product

Strategi mengenai bagaimana produk usaha kita dapat menarik hati konsumen untuk membelinya. Produk yang ditawarkan merupakan produk pakaian wanita hijab serta perlengkapan assesoris wanita seperti jilbab, anak jilbab, brous, pin jilbab.

  1. Price

Strategi mengenai bagaimana produk kita lebih menarik konsumen dari segi harga dibandingkan pesaing. Umumnya konsumen lebih tertarik kepada produk dengan harga yang lebih murah. Pricing menurut Raymond Corey adalah ekspresi nilai yang menyangkut kegunaan dan kualitas produk, citra yang terbentuk melalui iklan dan promosi, ketersediaan produk melalui jaringan distribusi, dan layanan yang menyertainya. Sehingga pricing bukan semata-mata biaya produksi ditambah dengan margin keuntungan yang akan kita ambil. Melainkan sebuah nilai yang mencerminkan value proposition. Dalam menentukan harga assesoris dan perlengkapan busana, kita harus mempertimbangkan hal-hal yang telah disebutkan oleh Raymond Corey. Harga yang tepat akan memiliki ikatan yang erat antara pembeli dan produsen. Harga produk pastinya lebih murah dari produk pesaing.

  1. Promotion

Strategi mengenai bagaimana produk kita dapat dikenal oleh konsumen melalui cara Personal Selling yaitu promosi melalui penjualan langsung ke tempat konsumen berada dengan menawarkan dan mencoba produk langsung. Untuk mengatasi adanya persaingan antar sesama produk maupun produk yang berbeda tetapi masih dalam satu jenis, assesoris dan perlengkapan busana muslimah melakukan kegiatan promosi. Dalam melakukan promosi agar dapat efektif perlu adanya bauran promosi, yaitu kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan promosi yang paling efektif dalam meningkat penjualan.

  1. Placement

Merupakan cara untuk mendistribusikan produk kita untuk sampai ke tangan konsumen. Sistem distribusi yang dilakukan secara langsung ke konsumen.

  1. People

Merupakan kriteria sumber daya manusia secara umum yang dapat meningkatkan penjualan produk ke konsumen secara langsung ataupun tidak langsung. Direncanakan, usaha ini dilaksanakan oleh pemilik sendiri sebagai pemilik aktif. Maka sedapat mungkin pemilik mengutamakan pelayanan dengan sikap yang ramah, sopan dan bersahabat.

  1. Process

Proses yang ditampilkan kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli. Proses yang dapat ditampilkan seperti proses produksi yang baik ataupun proses pelayanan terhadap konsumen. Dalam proses, pelanggan dapat melihat secara langsung proses pembuatannya. Disini operasional usaha dituntut untuk menjaga kualitas produksi seperti mengutamakan kebersihan, langkah kerja yang efektif dan tangkas menanggapi permintaan.

  1. Physical Evidence

Penampilan fisik dari fasilitas pendukung atau sarana dalam menjual produk yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Konsumen bisa langsung memilih dan mencoba produk terlebih dahulu sebelum membelinya.

Promosi

Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami melalui sejumlah media baik elektronik, cetak, iklan di radio maupun promosi langsung dari mulut ke mulut serta memperkenalka lewat media sosial seperti ig, facebook, bbm dll.

. Promosi melalui media elektronik dilakukan dengan membulka semacam on-line shop di berbagai jaringan sosial yang kini marak di dunia maya. Promosi melalui media cetak kami lakukan dengan membuat pamflet, serta mengiklankan produk kami di media massa dan majalah wanita.  Promosi dari mulut ke mulut kami lakukan dengan mendatangi langsung kelompok-kelompok muslimah seperti di kampus, perusahaan dan arisan. Kami juga melakukan promosi di pameran, expo atau bazar. Pada semua media promosi tersebut kami tidak lupa menyertakan tentang berbagai fasilitas yang kami miliki seperti tutorial cara memakai jilbab dan pelayanan kebutuhan konsumen yang optimal.

Ig: mousjab_butik

Fb: mousjabutik

Pin bbm: 5af4bbad

Mungkin metode dengan media sosial lebih mudah biaya promosi dengan bentuk brosur, iklan dalam bentuk elektronik seperti tv radio atau dan laiinya. Karena jika menggunakan media sosial kita hanya mengisi kuota yang kisaran harga mungkin hanya 50rb, dan sekarang masyarakat pada masa sekarang ini lebih sering dan lebih mudah dengan menggunakan media sosial dibandingkan dengan media lain. Citra yang ingin saya bangun yaitu harga terjangkau dengan kualitas barang yang bagus pula serta pelayanan yang ramah dan mudah.

Lokasi yang Direncanakan

Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di daerah sekitar perkotaan, lokasi mudah terlihat dan berada di pinggir jalan yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi. Lokasi pada bisnis butik juga perlu menyenangkan agar pelanggan betah dengan ruangan yang ada sehingga pelanggan bisa leluasa saat memilih produk saya nantinya. Tempat parkir juga harus luas dan aman sehingga pelanggan tidak merasa khawatir untuk datang ke butik saya.

Saluran Distribusi

  • Langsung (pemesanan langsung, online, katalog, web, email, BBM, WA, FB)
  • Distributor
  • Penjualan langsung di tempat
  • Agen atau reseller
  • Cabang sendiri
  • Sesuai pesanan/kontrak
Proyeksi Penjualan

Perencanaan kapasitas produksi dilakukan untuk semua assesoris, peralatan-peralatan yang mendukung dan faktor produksi lainnya sesuai dengan rencana jumlah produk akhir yang akan dihasilkan. Kapasitas produksi biasa dinyata kan dalam unit per periode waktu tertentu (tahun, bulan, minggu, hari atau jam). Berikut tabel proyeksi taksiran penjualan assesoris dan busana muslimah.

No Bulan Penjualan (Dalam Unit)
1 I 900
2 II 995
3 III 1000
4 IV 1025
5 V 1035
6 VI 1030
7 VII 1040
8 VIII 1050
9 IX 1060
10 X 1070
11 XI 1080
12 XII 1085

Perkiraan penjualan (dalam bulan)

Berikut adalah pertumbuhan pasarnya :

Growth market = Revenue tahun ini – Reveneu tahun lalu x 100%

Revenue tahun lalu

= 100.000.000 – 80.000.000 x 100%

80.000.000

= 25 %

Tahun Perkiraan Penjualan ( Dalam Unit )
2011 2207
2012 2308
2013 2550
2014 2600
2015 2660

Perkiraan penjualan (dalam tahun)

Dengan melihat data diatas, memproyeksikan rencana penjualan seperti di bawah ini:

Tahun Y X XY X2
2011 2207 -2 -4414 4
2012 2308 -1 -2308 1
2013 2550 0 0 0
2014 2600 1 2600 1
2015 2660 2 5320 4
12325 1198 10

 

Maka proyeksi penjualan Tahun 2016 sebagai berikut :

a= Σ Y/n                                 a = 12325/5 = 2465

 

b= Σ XY/ ΣX2                        b = 1198/10 = 119,8

Persamaan trend : Y = a + b X

Maka, Penjualan 2016 , X = 3

Persamaan trend : Y                  = 24.650 + 119,8 (3)

= 25.009,4

 

 

 

V.               Rancangan Operasional

Sebagai sumber awal mula pendirian usaha ini yaitu dari pemilik usaha sendiri.

  1. Penetapan Harga

Harga merupakan suatu variable yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga menunjukkan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu seharusnya bila dilihat dari harganya. Harga yang kami tawarkan di sini, kami sesuaikan dengan sasaran kami yaitu para wanita yang cenderung menyukai barang yang berkualitas tetapi dengan harga semurah mungkin. Harga kami sesuaikan dengan bahan dan berbagai variable lain. Kami hanya akan mengutamakan kualitas barang. Bukan melulu mengambil keuntungan, karena kami mempunyai tujuan yaitu membantu para wanita muslim mematuhi kewajibannya untuk menutup aurat. Berikut ini rincian harganya:

  • Blus                                                : Rp 75.000 – Rp 1.000.000
  • Gamis                                             : Rp 150.000 – Rp 1.000.000
  • T-shirt muslim                                : Rp 45.000 – Rp 250.000
  • Blezer                                             : Rp 250.000 – Rp 1.000.000
  • Jaket                                               : Rp 150.000 – Rp 1.000.000
  • Celana panjang kain dan jeans       : Rp 45.000 – Rp 500.000
  • Rok panjang                                   : Rp 45.000 – Rp 200.000
  • Jilbab                                              : Rp 25.000 – Rp 200.000
  • Tas                                                  : Rp 75.000 – Rp 500.000
  • Mukena                                          : Rp 120.000 – Rp 200.000
  • Dompet                                          : Rp 25.000 – Rp 250.000
  • Sandal                                            : Rp 35.000 – Rp 250.000
  • Sepatu                                            : Rp 80.000 – Rp 1.000.000
  • Aksesoris                                        : Rp 10.000 – Rp 200.000

 

2.       Pengembangan wilayah pemasaran

Area pemasaran utama adalah di tempat yang mayoritas orangnya adalah muslimah. Contohnya di kampus IAIN Jurai Siwo Metro  yang memiliki banyak mahasiswi muslim yang berkerudung. Promosi dilakukan melalui kelompok-kelompok kecil sampai pada tingkat yang lebih tinggi. Promosi dilakukan dengan media stand flexible dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Di sini akan tersedia berbagai fasilitias mulai dari konsultasi dengan pakar, busana muslim, dan layanan pembuatan motif serta pemilihan bahan jilbab dan pakaian yang sesuai dengan jilbab oleh konsumen. Tidak hanya itu, karena kemajuan teknologi seperti sekarang, maka kami juga memasarkan melalui online via Facebook, twitter, blog, BBM, yang akan sangat memudahkan pelanggan membeli produk kami.

Model Bisnis

Struktur model bisnisnya B2B

Produksi

Pembiayaan

  1. Biaya Tetap

–          Mesin jahit                                                                   Rp.1.500.000,00

–          Patung                                                                         Rp.  250.000,00

–          Peralatan jahit (gunting,hanger)                                  Rp.  100.000,00

–          Cat                                                                              Rp.  150.000,00

–          Biaya kulakan baju muslim dan krudung jadi             Rp 1.500.000,00

 

Jumlah                                                                                    Rp. 3.500.000,00

  1. Biaya Variabel

–          Bahan-bahan jilbab polos                                            Rp.     900.000,00

–          Benang dan acsessoris                                               Rp.     250.000,00

–          Lain-lain                                                                       Rp.     100.000,00

–          Kantong plastik                                                           Rp.       50.000,00

 

Jumlah                                                                                    Rp. 1.300.000,00

Lokasi
Personel
  • Dalam hal ini kami tidak membutuhkan banyak karyawan, manajemen organisasi yang ada dibutik saya yaitu terdiri dari pemilik (direktur), pemasaran, accounting, dan dua orang karyawan.
  • Untuk karyawan harus melalui tes ketrampilan agar dapat mengetahui skill yang dimiliki karyawan tersebut sehingga diharapkan dapat mengembangkan sebuah usaha yg di bangun. pekerja yang lolos seleksi administrasi dan wawancara menjalani tes ini agar perusahaan tahu sejauh mana ketrampilan yang dimiliki oleh si pelamar mengenai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan dan kemampuan mengoperasikan komputer.
  • Struktur penggajian: Penggajian dilakukan sebulan sekali
Bahan-Bahan
  1. Berbagai macam jenis kain seperti scuba, twiscone, serutti dll.
  2. Benang
  3. Manik manik

 

VI.           Manajemen dan Organisasi

            Dalam hal ini kami tidak membutuhkan banyak karyawan, manajemen organisasi yang ada dibutik saya yaitu terdiri dari pemilik (direktur), pemasaran, accounting, dan dua orang karyawan.

Job Description ( Penjelasan Tugas )

  • Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya dan input/output keuangan untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha serta berperan dalam mengatur dan mengambil seluruh keputusan untuk memajukan butik, mengawasi kinerja karyawan, memberikan pelayanan terbaik kepada karyawan.
  • Pemasaran berperan di dalam mempromosikan hasil produk yang dihasilkan, menjual, serta menerima pesanan. Bagian pemasaran bertanggung jawab atas kepuasan pelanggan atau konsumen.
  • Accounting berperan di dalam  mengatur aliran kas masuk dan keluar. Bagian accounting bertanggung jawab atas kelancaran keuangan. Lancar tidaknya keuangan mempengaruhi berkembangnya suatu usaha.
  • Karyawan berperan dalam menawarkan produk yang ada di butik terutama produk yang terbaru, membantu pelanggan dalam mencari dan mengepas produk, melayan pembeli pada saat melakukan pembayaran, serta mangawasi dan menjaga produk agar tidak hilang atau rusak. Cara untuk mempertahankan karyawan agar tetap bekerja maka saya harus punya strategi yang jitu, punya rencana jangka panjang dan jangka pendek untuk meyakinkan karyawan saya agar tetap semangat bekerja sehingga bisa menggapai kesuksesan bersama. Saya harus menjadi motivator bagi seluruh karyawan. Hal ini perlu diperhatikan, mengingat seorang pemimpin tentunya akan menjadi panutan bagi para karyawannya. Oleh karena itu, sebisa mungkin mengerjakan hal-hal yang positif untuk menginspirasi para karyawan dan memberikan suntikan semangat agar produktivitas kerja karyawan setiap hari bisa maksimal. Contohnya, setiap pagi pimpinan mengucapkan salam dan berjabat tangan kepada semua karyawannya agar para karyawan dapat mencontoh perilaku pimpinan dan bisa memupuk rasa saling menghargai antar sesama. Sebelum memulai bekerja disarankan berdoa terlebih dahulu setiap harinya agar usaha yang dilakukan diridhai dan dilancarkan oleh Allah SWT.

VII.       Biaya dan Kapitalisasi Perusahaan Rintisan

Neraca Permulaan Perusahaan

Biaya produksi per tahun terdiri dari:

  1. Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior Rp.   90.000.000,-
Kulakan baju grosir Rp. 500.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal Rp.     7.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama Rp.   55.000.000 ,-  +
Jumlah Modal Produksi Rp. 652.000.000,-

 

  1. Biaya lain-lain

Listrik                                                  Rp. 14.000.000,-

Asuransi                                              Rp. 10.000.000,-

Transportasi                                        Rp.   7.500.000,-

Administrasi                                       Rp.   4.500.000,-

Pajak                                                   Rp.   2.750.000,-

Pemeliharaan gedung dan peralatan   Rp. 5.000.000,-+

 

Jumlah biaya lain-lain                          Rp. 43.750.000,-

Total seluruh biaya produksi (1 + 2)

Jumlah modal produksi                        Rp. 700.000.000,-

Jumlah biaya lain-lain                          Rp.   50.750.000,-    +

Total                                                     Rp. 750.750.000

 

VIII.   Rancangan Keuangan

Perencanaan Laba Rugi

INVESTASI JUMLAH (RP)
Biaya tetap
1.      Penyusutan gedung dan peralatan Rp.   7.000.000,-
2.      Gaji pegawai Rp. 70.000.000,-
Jumlah Rp. 77.000.000,-
Biaya variable/ produksi
Kulakan baju grosir Rp. 500.000.000,-
Jumlah Rp. 500.000.000,-
Biaya-biaya lain
1.   Listrik

2.   Asuransi

3.   Transportasi

4.   Administrasi

5.   Pajak

Rp. 14.000.000,-

Rp. 10.000.000,-

Rp.   7.500.000,-

Rp.   4.500.000,-

Rp.   2.750.000,-

Total Modal produksi Rp. 43.750.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN) Rp. 750.750.000,-
Pendapatan
Penjualan aneka pakaian dan fashion Rp. 970.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN Rp. 970.000.000,-
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)

Total Pendapatan

Total modal / Pengeluaran

 

Rp. 970.000.000,-

Rp. 750.750.000,-

TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH Rp. 219.250.000,-

 

Proyeksi Aliran Kas

Untuk butik kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 970 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.

Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke  3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.

 

IX.           Lampiran

  • Brosur dan media iklan

Media iklan yang digunakan selain media sosial yaitu jenis brosur dan katalog. Berikut ini contoh brosur dari usaha yang akan saya dirikan yaitu butik muslimah.

Daftar barang-barang atau inventaris yang harus dimiliki atau dibeli yaitu telepon, kendaraan bermotor, komputer, kursi, meja, dll

  • Riset pasar

Kaum wanita adalah insan yang mempunyai daya tarik sangat tinggi (konsumtif) terhadap hal-hal yang berhubungan dengan penampilan. Dengan adanya orang-orang konsumtif berarti keuntungan bagi usaha produksi. Butik ini berada di daerah perkotaan sehingga pelanggan pun akan terus meningkat serta lokasinya sangat mudah diakses karena berdiri dipinggir jalan raya. Selain itu, berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha butik ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan

Untuk Menggali Modal

Sebagai sumber awal mula pendirian usaha ini yaitu dari pemilik usaha sendiri. Karena jika menggunakan modal dengan meminjam kepada bank memiliki resiko yang besar karena usaha ini adalah usaha yang baru akan dirintis jadi kita belum tahu seberapa penghasilan serta laba yang nantinya kan diterima oleh butik ini.

Karakter Bisnis yang Berbeda

Harga yang akan dikenakan adalah harga yang terjangkau oleh kantong para mahasiswi serta masyarakat sekitar. Berikut daftar harga usaha kami:

  • Blus: Rp. 75.000 – Rp. 1.000.000
  • Gamis: Rp. 150.000 – Rp. 1.000.000.
  • T-shirt muslim: Rp. 45.000 – Rp. 250.000
  • Blezer: Rp. 250.000 – Rp. 1.000.000
  • Jaket: Rp. 150.000 – Rp. 1.000.000.
  • Celana panjang kain dan jins: Rp. 45.000-Rp. 500.000.
  • Rok panjang: Rp. 45.000 – Rp. 200.000.
  • Jilbab: Rp. 25.000 – Rp. 200.000.
  • Tas: Rp. 75.000 – 500.000.
  • Dompet: Rp. 25.000 – Rp. 250.000.
  • Sandal: Rp. 35.000 – Rp. 250.000.
  • Sepatu: Rp. 80.000 – Rp. 1.000.000.
  • Aksesoris: Rp. 10.000 – Rp. 200.000.

Untuk harga, harga untuk baju muslimah serta hijab harganya disesuaikan dengan bahan bahan yang digunakan serta ukuran dan desain baju juga. Harga terjangkau tapi disesuaikan juga dengan kerumitan desain, jenis bahan dll.  Untuk diskon, diberikan diskon bagi pelanggan yang memenuhi persyaratan tertentu, misalnya membeli minimal 5 biji, dan sebagainya. Usaha ini akan dilakukan di perkotaan yang dekat dengan universitas dan jalan raya sehingga mempermudahkan masyarakat untuk membeli fashion busana muslim yang up to date. Selain menggunakan rumah produksi, kami juga memanfaatkan berbagi media sosial seperti, blog, facebook, twitter dan lain sebagainya. Untuk promosi  kami melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.

 

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

3 thoughts on “Business Plan Butik Muslimah”

  1. sukses terus bisnisnya , teruslah ber inovasi dan kreatifitas tiada henti demi perkembangan ekinomi kita yang sedang carut marut .. assalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *