Kerja Sama dalam Bisnis Syariah

Nama : M. Aji Yusuf

NPM : 141267010

 

Dalam kehidupan sehari-harimanusia tidak mampu memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya tanpa bantuan orang lain. Demikian juga dalam lingkup bisnis, sehebat apapun seseorang tersebut dia tidakakan mungkin bisa mengembangkan bisnisnya tanpa bantuan orang lain.

Secara umum dalam dunia kerja dapat digolongkan menjadi :

  1. Teknokrat(pendidik, guru, dosen, dan sejenisnya)
  2. Birokrat(pekerja)
  3. Wirausaha-pebisnis

Dalam dunia bisnis, seseorang harus memiliki jiwa kejujuran dankeadilan. Kejujuran adalah salah satu syarat dalam bekerja sama.kejujuran akan mengikis kecurigaan dan persengketaan sehingga kerja sama dapat berjalan dalam jangka panjang dan saling menguntungkan satu sama lain.

Seberapa beratnya untuk berlaku jujur, dan itulah salah satu tantangan dalam berbisnis. Jika seseorang tersebut menghianati kejujuran dalam kerja sama, maka suatu saat akan merasakan kehancurannya.

Membangun jaringan bisnis/usaha lazimnya berangkat dari hubungan yang di bina oleh seorang pebisnis dengan pebisnis lain yang mendukung pemerintah sebagaisuatu hasil keputusan bersama untuk meningkatkan daya saing dan daya serap pasar terhadap produk atau jasa yang di hasilkan.

Menghimbau bahwasannya dengan banyaknya pebisnis yang masih belum memiliki rasa kejujuran untuk melakukan usaha, saya ambil kesimpulan dalam melakukan bisnis/usaha seorang pebisnis harus menanamkan kejujuran dalam hatinya dan memberikan kebijakan-kebijakan dalam membangun kerja sama melakukan bisnis. Dan yang paling utama adalah kejujuran. Dengan itu kerja sama akan tetap berjalan lancer.

Kerjasama dapat di lakukan oleh siapa saja,demi mencari keuntungan bersama dalam berbisnis. Akan tetapi dalam melakukan bisnis harus memakai cara yang baik dengan tidak menghianati satu sama lain. Karena ituakan memicu gagalnya dalam menjalankan bisnis. Dan pengkhianatan kerja sama dalam berbisnis hanya akan menjauhkan seseorang dari rahmat dan berkah Allah SWT.

Sumber: Ali Hasan, SE., MM. “Manajemen Bisnis Syariah”,(Pustaka Pelajar : Yogyakarta) Mei 2009

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *