Beberapa Teori Motivasi Berprestasi

 

MOTIVASI BERPRESTASI

  1. TEORI MOTIVASI

Pengertian dari motivasi itu sendiri merupakan sesuatu dalam diri manusia yang tidak terlihat dari luar. Motivasi timbul karena adanya kebutuhan. Kebutuhan disini dipandang sebagai kekurangan adanya sesuatu dan ini menuntut segera pemenuhannya agar segera mendapatkan keseimbangan. Situasi kekurangan ini dijadikan sebagai suatu alat yang berfungsi sebagai suatu dorongan yang menyebabkan seseorang bertindak untuk memenuhi kebutuhannya. Contohnya : Seseorang merasa lapar sehingga dia membutuhkan makanan untuk dia makan. Lapar disini sebagai motivasi, makanan sebagai kebutuhan, dan makan sebagai perilaku dari seseorang tersebut. Berikut adalah beberapa teori-teori motivasi :

  1. Teori Hierarki Kebutuhan dari Abraham H. Maslow, yaitu memuaskan beberapa kebutuhan, diantaranya adalah kebutuhan dasar, rasa aman, soaial, penghargaan, dan pengakuan diri.
  2. Teori motivasi pemeliharaan (Hiegieness dari Frederik Herzberg, yaitu kemajuan dan peningkatan, tanggung jawab serta prestasi.
  3. Teori Prestasi dari David Mc. Clelland, yaitu kebutuhan akan persahabatan (keinginan kuat untuk bersahabat), kebutuhan akan kekuasaan (keinginan kuat untuk memerintah), dan kebutuhan akan prestasi (kreatif dan inovatif).

Dalam motivasi untuk memenuhi kebutuhan, karakter yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha diantaranya adalah :

  1. Pekerja Keras (Hard Worker)

Kerja keras meruapakan modal dasar bagi keberhasilan seseorang. Hampir semua kesuksesan diawali dengan kerja yang keras. Sikap kerja keras harus ada dan harus dimiliki oleh setiap wirausahawan yang tentunya ingin memperoleh kesuksesan. Seorang pekerja keras harus disiplin dan yang terpenting adalah selalu berdoa agar memperoleh sukses.

  1. Tidak Pernah Menyerah (Never Surrender)

Seorang wirausahawan yang ingin sukses harus mempunyai semangat yang tinggi, jangan pasrah menyerah tidak mau berjuang. Hadapi semua kegagalan yang ada, karena kegagalan merupakan sebuah vitamin untuk menguatkan kemampuan kita dalam berwirausaha.

  1. Memiliki Semangat (Spirit)

Sebagai seorang wirausahawan, kita harus memiliki semangat untuk maju dan untuk sukses. Kita tentu telah mempersiapkan diri dan tahu apa yang akan kita tuju. Semangat kewirausahaan yang perlu sekali dimasyarakatkan dan dibudayakan oleh para pemimpin pada umumnya dan pada pengusaha pada khususnya adalah kemauan kuat untuk berkarya dengan semangat mandiri, mampu membuat keputusan yang tepat dan berani mengambil resiko, kreatif dan inovatif, serta berkarya dengan semangat kebersamaan dan etika bisnis yang sehat.

  1. Memiliki Komitmen

Wirausaha yang menunjukkan komitmen tinggi memiliki keinginan untuk memberikan tenaga dan tanggung jawab yang lebih dalam menyokong kesejahteraan dan keberhasilan perusahaannya. Setiap wirausaha memiliki dasar dan tingkah laku yang berbeda sesuai dengan komitmen yang dimilikinya. Komitmen yang tinggi sangat diperlukan dalam meraih kesuksesan, komitmen terhadap pekerjaan yang digeluti terus digelutinya sampai menghasilkan sesuatu yang bernilai baik, bagi dirinya maupun orang lain.

 

KRITIK

Dilihat dari motivasi timbul karena adanya kebutuhan, maka kebutuhan dipandang sebagai kekurangan adanya sesuatu dan ini menuntut segera pemenuhannya untuk segera mendapakan keseimbangan maka motivasi untuk memenuhi kebutuhan, karakter yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yaitu seseorang itu harus memiliki sifat pekerja keras, tidak pernah menyerah, memiliki semangat yang tinggi dan memiliki komitmen. Menurut saya, semua sikap yang dimiliki wirausaha tersebut harus didasarkan dengan niat dari kita sendiri. Jangan pernah mengeluh,pantang menyerah, jangan lupa berdoa dan berserah diri kepada Allah dan berjuang untuk terus maju sampai kita mendapatkan kesuksesan yang kita idamkan.

 

Ini adalah review bab 5 buku Suryana, Motivasi Berprestasi.

 

Nama    : Rina Anggraini

NPM      : 141279110

Kelas     : C / S1 Perbankan Syariah

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *