Belajar Kejujuran Ilmiah-Akademik di MK Kewirausahaan

 

Adik-adik mahasiswa,

Demi menjunjung tinggi spirit kejujuran ilmiah-akademik, plagiasi sangat saya perhatikan, baik plagiasi dari internet maupun plagiasi sesama teman.

Dalam memeriksa tugas adik-adik, saya menggunakan aplikasi khusus pengecek plagiasi. Dengan aplikasi ini saya bisa mendeteksi satu tulisan memplagiat tulisan mana. Ada dua aplikasi yang saya gunakan untuk keperluan tersebut.

Pertama, untuk mengecek plagiasi di internet, saya menggunakan aplikasi Plagiarism Checker. Aplikasi ini juga saya tanam di bangkuliah.com sehingga bisa mendeteksi setiap tulisan yang diposting. Silakan coba gunakan aplikasi ini untuk mendeteksi plagiasi tugas Anda masing-masing. Ini tautannya http://smallseotools.com/plagiarism-checker/.

Kedua, untuk mengecek plagiasi antar sesama teman, saya menggunakan aplikasi Google Document dengan skrip khusus. Aplikasi ini memungkinkan saya memeriksa jeroan setiap tugas yang dikirim dan memeriksa kemiripan di antara seluruh tugas mahasiswa yang dikirim.

Sebagai sampel atas hasil pengecekan plagiasi, silakan unduh dan periksa UAS satu teman kalian yang terdeteksi plagiasi internet di tautan ini. Di file tersebut saya cantumkan bagian mana yang memplagiat tulisan dari mana. Silakan buka file tsb dengan Ms Word di komputer.

Adik-adik juga bisa menguji tulisan masing-masing di http://smallseotools.com/plagiarism-checker/

Semoga kita bisa belajar lebih baik lagi ya…

Tetap semangat!

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Pengajar ilmu hukum dan hukum islam. Penikmat musik sufi dan soto ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *