Ziarah dan Pengajian di Desa Hadimulyo Barat Metro Pusat

 

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk karena terdiri dari atas berbagai suku, bangsa,adat istiadat,bahasa daerah,serta agama yang berbeda beda. Keanekaragaman tersebut terdapat di berbagai wilayah yang tersebar dari sabang sampai merauke. Setiap suku bangsa di Indonesia mempunyai kebiasaan hidup yang berbeda-beda. Kebiasaan hidup itu menajdi satu bangsa yang tangguh. Dengan semboyan “BHINEKA TUNGGAL IKA” kita jadikan sebagai kebiasaan menjadi modal untuk pembangunan.

Mengenal lebih dekat kebiasaan dan tradisi yang ada di daerah tempattinggal saya. Inilah beberapa contoh nya :

  • Ziarah kubur

Ziarah kubur ini dilakukan bertujuan untuk mengingatkan kita akan datangnya ajal. Ziarah juga termasuk mengamalkan dan menghidupkan sunnah yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Didalam ziarah yang dilakukan adalah mendoakan keselamatan bagi orang orang yang telah meninggal dunia dan memohon ampunan untuk mereka.

  • Tahlilan 7 hari, 40 hari, sampai 1000 hari orang meninggal

Di daerah tempat tinggal saya kebiasaan tahlilan setelah wafatnya seseorang masih sering di laksanakan, karena dengan ini kita bisa mendoakan orang yag sudah meninggal dunia amalnya diterima disisi Allah SWT. Dan mendapatkan ampunan dosa yang telah di perbuatnya semasa hidupnya.

  • Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Tujuan diadakannya Maulid nabi Muhammad SAW adalah mengingat kelahiran istimewa,mukzizat dan dapat mengetahui akhlak yang di miliki Rasul tercinta kita ini. Dan supaya kita dapat meniru perilaku dari junjungan besar kita Nabi Muhmmad SAW.

  • Mengadakan pengajian dimasjid setiap malam jum’at

Di tempat tinggal saya setiap malam jumat ba’da isya diadakan pengajian , karena pada malam itu dianjurkan untuk memperbanyak mengaji dan beramal serta tak lupa untuk menuntut ilmu.

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *