Business Plan The Coffcafe

BUSINESS PLAN

“THE  COFFCAFE”

Tugas ini disusun guna untuk memenuhi Nilai UAS Mata Kuliah Kewirausahaan

Dosen Pengampu : M. Nasrudin, M.H

 

Disusun Oleh :

FATHIYATUL  CHAIRIYAH

141263310

PROGRAM STUDI STRATA SATU PERBANKAN SYARIAH

JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)

METRO – LAMPUNG

TAHUN 2016

 

 

DAFTAR ISI

 COVER

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I             DESRIPSI PERUSAHAAN SECARA UMUM

BAB II            PRODUK DAN JASA

BAB III          RANCANGAN PEMASARAN

BAB IV          RANCANGAN OPERASIONAL

BAB V            MANAJEMEN DAN ORGANISASI

BAB VI          RANCANGAN KEUANGAN

BAB VII         RINGKASAN EKSEKUTIF

 

BAB I

DESKRIPSI PERUSAHAAN SECARA UMUM

  1. Rasional Kegiatan

Bisnis/usaha yang saya jalani bergerak pada bidang kuliner (café) yang menjual berbagai aneka makanan dan minuman dengan selera masyarakat. Alasan saya  memilih usaha tersebut karena sebagai berikut:

a. Kurang nya tempat nongkrong yang nyaman.

b. Sudah menjadi gaya hidup anak muda sekarang, yang menyukai trend makanan yang kebarat-baratan

c. Cafe merupakan tempat favorit anak muda untuk berkumpul dengan teman, pacar, gebetan, atau yang lainnya.

2. Visi dan Misi Usaha

Visi:

Menjadi cafe yang nyaman dan hemat, serta memberikan pelayanan semaksimal mungkin bagi pengunjung yang datang.

Misi

a. Menyediakan tempat nongkrong yang nyaman dan murah sesuai dengan semua kalangan

b. Menyediakan menu makanan dan minuman dengan harga standar tapi kualias maksimal

c. Memberikan pelayanan prima terhadap pelanggan atau konsumen.

d. Menjaga suasana cafe yang hommy serta nyaman untuk belajar maupun sekedar nongkrong

3. Tujuan Perusahaan

a.  Untuk memperoleh penghasilan yang akan saya gunakan untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

b. Menyediakan tempat makan dan nongkrong yang asik.

c. Menyajikan menu makanan dan minuman dengan cita rasa yang berbeda

d. Memberi kesempatan untuk masyarakat sekitar dengan adanya lapangan perkerjaan dan menyejahterakan warga yang membutuhkan.

4. Segmentasi Pasar

The Coffcafe ini membidik pasar kelas menengah kebawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prisipnya cafe ini saya buka diperuntukkan bagi para muda-mudi, yaitu pelajar, mahasiswa, dan juga pekerja kantor, tapi tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat umum yang membutuhkan tempat refreshing yang dapat sekaligus sebagai tempat mengerjakan pekerjaan ataupun tugas bagi mahasiswa/pelajar dengan menciptakan suasana nyaman dan santai.

The Coffcafe ini dilengkapi dengan fasilitas hospot, ruangan yang nyaman dengan berbagai inovasi makanan dan minuman, live musik dan juga nonyon bareng event-event pertandingan bola, motor GP, dan lain-lain yang semisal bosan menonton dirumah dan ingin menikmati suasana menonton yang berbeda dan lebih seru dengan teman-teman. Sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan yang ada di cafe saya dan senantiasa kembali lagi. Karena segmen pasar usaha cafe ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha cafe lainnya.

 

BAB II

PRODUK DAN JASA

  1. Latar Belakang

Pada saat ini banyak orang yang menginginkan sebuah tempat nongkrong / hangout yang cozy dan sesuai dengan selera mereka, terutama kalangan pelajar atau mahasiswa. Para Mahasiswa sangat identik dengan yang namanya suntuk, galau, resah, dan gelisah, baik karena tugas, organisasi, dosen, dan pihak-pihak lain yang bersangkutan. Saya membuka The Coffcafe diperuntukan bagi kaula muda dan para Mahasiswa untuk  refreshing dari penatnya berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai dengan di temani secangkir kopi merupakan moment yang pas untuk nongkrong dan berbagi cerita bersama teman, pasangan, dan lain-lain. Usaha ini merupakan usaha yang berbeda dari jenis usaha cafe lainnya karena fokus usaha ini adalah pada tempat hiburan nonton bareng dengan fasilitas  LCD Projector, live music dan fasilitas hotspot.

Selain tempat yang nyaman bagi pengunjung menu-menu yang variatif juga menjadi andalan sebuah caffe dengan sajian menu yang variatif dan unik. Dengan berbagai jenis minuman yang menjadi menu spesial cafe ini. Dengan berbagai kelebihan cafe ini, tentu Anda tak perlu ragu lagi untuk dapat menikmati suasana yang menyenangkan dan hidangan yang lezat. Sudah dipastikan menu-menu yang akan Anda nikmati mempunyai rasa standar kelezatan yang sama bila diolah oleh karyawan yang berbeda, karena cafe ini mempunyai standart recipes dalam setiap makanan yang dibuat. Untuk dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang variatif ini, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena menu-menu ini sangat relatif terjangkau.

2. Konsep Bisnis

Konsep yang akan saya terapkan adalah konsep perpaduan antara klasik dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Perpaduan antara tradisional dan modern serta desainnya yang minimalis, tampak dari sofa dan beberapa bangku biasa serta mini bar yang mengesankan suasana khas tradisonal modern. diharapkan dapat memberikan suasana yang baru dan menarik perhatian pelanggan untuk menikmati suasana cafe tersebut. Kelebihan yang disajikan oleh cafe ini adalah menyediakan hotspot untuk mempermudah akses pencarian data sehingga pengunjung lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaannya sambil menikmati secangkir kopi yang menyegarkan pikiran. Kemudian cafe ini juga menyediakan sebuah LCD Projector untuk menonton event-event pertandingan bola, motor GP dan F1. Ini dapat menarik pelanggan yang bosan menonton di rumah dan ingin menikmati suasana menonton yang berbeda dan lebih seru bersama teman-teman. Di cafe ini terdapat dua ruang yaitu ruang smoking dan no smoking jadi pengunjung dapat memilihnya. Dengan demikian jika seseorang lebih berfikir kreatif dan inovatif dapat menciptakan peluang usaha yang baru.

 3. Harga

Penentuan harga dari cafe ini ditentukan dengan menyesuaikan biaya-biaya yang akan dikeluarkan serta ditekan sedemikian rupa dan juga disesuaikan dengan tingkat kemampuan rata-rata konsumen yang menjadi target pasar, sehingga harganya dapat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Harga setiap produk pun bervariasi yaitu sebagai berikut:

a.  Untuk minuman Coffee, berkisar antara : Rp. 10 rb – 20 rb / cangkir

b. Untuk minuman Chocolate, berkisar antara : Rp. 13 rb – 15 rb/ cangkir

c. Untuk minuman Juz Buah, berkisar antara : Rp. 7 rb – 10 rb /gelas

d.  Untuk menu Sandwich/Spageti, berkisar antara : Rp. 12 rb /porsi

e.  Harga Cake/Tart per porsi berkisar antara : Rp. 7 rb -8 rb /porsi

f. Harga Ice Cream, berkisar antara : Rp. 8 rb -15 rb /gelas 

g. Harga Nasi goreng, mi goreng, mie rebus : Rp. 9 rb -18 rb /porsi

 

BAB III

RANCANGAN PEMASARAN

  1. Prespektif Masa Depan Usaha

Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang kuliner, khususnya kopi dan makanan minuman lainnya dengan lokasi yang strategis, maka saya yakin usaha saya pada bidang kuliner ini akan berkembang pesat. Karena peluang dan kebutuhan akan tempat sekedar nongkrong dan berkumpul bersama dengan teman ataupun pacar saat ini sangat besar.

 2. Bentuk Badan Usaha

Bentuk  badan  usaha yang  saya jalankan yaitu perseorangan, karena menggunakan modal sendiri.

3. Produk yang Ditawarkan

The Coffcafe menyediakan suatu tempat makan dan ngumpul yang nyaman, dan menyenangkan serta menawarkan berbagai macam cita rasa kopi, es krim dan makanan lainnya, dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan dan didukung oleh tempat yang strategis. Aneka menu yang tersedia di café ini antara lain :

a. Untuk minuman

Coffee shake, cappucino, coffee honey, vanila late ekspresso, chocolate  beberapa macam juice, dan aneka minuman lainnya.

b. Untuk makanan

Spageti, Nasi goreng seafood, Sosis ayam goreng, kentang goreng keju mayones, dan aneka menu lainnya.

Keunggulan dalam hal cita rasa juga tidak terlepas dari keahlian koki yang saya miliki dalam mengolah bahan makanan menjadi suatu hidangan yang istimewa, unik dan lezat. Disamping juga saya selalu up to date pengetahuan akan menu-menu baru yang banyak bermunculan.

 

 4. Analisis SWOT

  1. Strenghts (kekuatan)

a.  Harga terjangkau

Merupakan salah satu strategi perusahaan saya yaitu penjualan dengan harga yang terjangkau, harga yang mampu diraih oleh semua kalangan.

b. Kualitas baik dan terjamin

c. Tersedia berbagai jenis kopi serta berbagai minuman dan makanan.

Di coffee shop kami Anda akan mendapatkan apa yang Anda inginkan, kami menyediakan berbagai macam kopi dan the seperti Coppucino, Mocacinno, Coffe Latte, Espresso, Teh Tarik, serta makanan seperti Nasi Goreng, Mie Goreng dan lain-lain. Memiliki ciri khas yang tidak di miliki oleh kedai lain

d. Fasilitas lengkap

e. Tempat yang bersih dan nyaman

f. Pelayanan yang memuaskan

g. Lokasi strategis

  1. Weakness (kelemahan)

Keberadaan bahan baku yang baik dan berkualitas sangat  minim. Banyak kita temui bahan – bahan makanan yang tidak berkualitas bahkan membahayakan kesehatan. Kami harus selalu menyeleksi apa yang akan kami gunakan untuk kualitas produk kami, saat ini sangt sulit untuk memperoleh bahan baku yang berkualitas dikarenakan orang – orang sekarang ini banyak yang lebih mementingkan kepentingan sendiri dengan cara menipu orang lain untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar – besaranya.

3. Oportunities (peluang)

a.  Terdapat banyak masyarakat khususnya anak muda yang konsumtif terhadap kopi dan mencari tempat sekedar untuk berkumpul bersama teman, pacar, dan lain-lain.

b. Permintaan pasar yang selalu meningkat

4. Threats (ancaman)

Faktor cuaca dan musim juga menjadi problema yang cukup sulit. Saat musim hujan, maka meminat kopi akan meningkat. Sedangkan saat musim panas ataupun kemarau, tentunya jenis minuman kopi panas akan menurun meskipun minuman kopi dan teh yang dingin tetap bertahan.

Berikut adalah ancaman – ancaman lainnya :

a. Muncul pruduk baru yang lebih unggul

b. Kenaikan harga bahan baku karena terbatas

c. Adanya kompetitor yang lebih di kenal masyarakat

 

 5. Konsep Promosi

Strategi promosi yang saya terapkan di The Coffcafe yaitu membuat pamflet, banner dan brosur yang berisikan produk-produk yang akan dijual dan menyebarkannya di tempat-tempat yang banyak di jangkau oleh masyarakat luas. Memasang iklan di dunia internet khususnya social-media seperti facebook, twitter, instagram dan broadcast di BBM yang banyak di ketahui oleh para kaula muda. Membuat catalog yang berisikan tentang keadaan The Coffcafe dan berbagai macam produk yang ada, dari mulai menu utama sampai menu yang lainnya.

 

 6. Pasar

Berdasarkan studi Lowe dan majalah SWA (tahun 2005) segmentasi pasar Indonesia dibagi menjadi 8 segmen, yaitu:

a. Segmen #1: Pasrah/introvert Wall Flower (8,1%)

Ciri-ciri : Wanita, usia matang berpendidikan rendah dan tinggal didaerah. Umumnya tidak punya banyak keinginan dan tidak terlalu optimis terhadap masa depan.

b. Segmen #2: Gaul Glam/ The Networking Pleasure Seeker (11%)

Ciri-ciri : Wanita, usia matang yang sangat terbuka, suka bergaul dan penuh gairah, tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat social ekonomi A+. mereka sangat materialistis dan memiliki harta/benda adalah puncak kebahagiaan hidup. Sisi menarik segmen ini adalah mereka percaya bahawa pertemanan merupakan investasi. Dimata mereka, pengakuan diri itu ada jikamereka bisa diterima oleh lingkungan pergaulannya.

c.  Segmen #3: Orang Alim/ Confident establish (5,2%)

Ciri-ciri : Pria, usia matang berpendidikan tinggi, di daerah perkotaan. Maka sangat percaya diri dan berkarakter kuat, menyukai kedamaian dalam kehidupan sosilnya, sangat normative adan suka menolong.

d. Segmen #4: Ibu-ibu PKK/ The Optimistic family

Ciri-ciri; wanita, usia matang dari daerah rural denagn status sosil-ekonomi rendah, hidup dengan bersahaja, realistis, kekeluargaan dan normative. Mereka menyukai masak sebagi hobi, tidak sekedar kewajiban. Hidup diabdikan untuk keluarga, tidak materialistis. Keluarga adalah segalnnya.

e. Segmen #5: Anak Nongkrong/ The change expect Lad (10,5%)

Ciri-ciri: Usia muda, laki-laki, tinggal didaerah urban, status sosil-ekoenominya menengah kebawah. Karakter mereka: hidup berorientasi pada teman-temannya (kelompoknya). Konsep yang dianut: All is one is all.

f. Segmen #6 Lembut Hati/ Cheerful humanist (12,1%)\

Ciri-ciri: Wanita muda,dari daerah pedesaan dengan tingkat sosial ekonomi rendah, cenderung tidak suka menjadi pusat perhatian, walaupun diterima dilingkungannya. Menyukai lingkungan damai penuh harmoni, sangat menaruh perhatian dan berempati kepada lingkungandan orang-oarang disekitarnnya. Tidak mementingkan materi dan slalu ingin dibutuhkan lingkuangn serta menyenangi kebersamaan.

g. Segmen #7 Main untuk Menang/ The Savvy Conquer (16%)

Ciri-ciri: Pria matang berpendidikan, di daerah perkotaan ini sangat menikmati hidup lugas, slalu berusaha mencapai kejayaan. Sangat menyukai kompetisi dan cenderung dominan dalam pergaulan. Senang fashion, menikmati cuisine dan gemar melihat iklan. Keinginan dasar mereka adalah dimanja materi dan barang-barang yang dipunyai, suka di sanjung dan dipuja, serta supel dan penuh energi.

h. Segmen #8: Bintang Panggung/ The Spontaneous Fun Loving (13,6) Ciri-ciri: Wanita dari daerah perkotaan dengan status social ekonomi tinggi, senang menjadi pusat perhatian, suak bergaul, suka pamer, dan menyenangi aktivitas di luar rumah, seperti pesta dan kumpul-kumpul. Mereka menyukai hal-hal baru yang sedang menjadi tren, serta fashion dan gadget, serta sangat menikmati hidup, sanjunagan dan pujaan adalah bukti pengakuan diri, serta kelompok menjadi alat mencapai kepopuleran.

Pelaku Konsumen The Coffcafe umumnya anak muda. Nongkrong di cafe sudah menjadi kebiasaan anak muda zaman sekarang. Yang hanya sekedar melepas penat tugas kampus atau pekerjaan dikantor. Tempat untuk berkumpul bersama teman ataupun pacar.

 7. Layanan Pelanggan

Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para konsumen, The Coffcafe akan meyelenggarakan pemasaran internal melalui rekrutmen, pelatihan dan motivasi para karyawan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai peranan mereka pada kepuasan konsumen. Hal menjadi poin penting bagi The Coffcafe dibandingkan para pesaingnya.

Karyawan menggunakan seragam yang disediakan oleh pemilik cafe dengan kesan yang trendi namun tetap menjaga kesopanan agar terlihat rapi dan menarik dimata pelanggan. Ini merupakan salah satu ajang promosi yang efektif.

 

BAB IV

RANCANGAN OPERASIONAL

  1. Lokasi dan Pilihan Wilayah

Lokasi The Coffcafe ini terletak di 21 polos Metro Timur. Hal ini disebabkan karena wilayah 21 polos ini merupakan wilayah yang ramai lalu lintas dan strategis. Dekat dengan daerah kampus 15a yang notabene padat penduduk dan banyak mahasiswa yang terkadang ingin sekedar melepas penat dari tugas-tugas kampus yang menumpuk.

2. Pasokan Barang Dagang

Pasokan barang dagang yang dibutuhkan oleh The Coffcafe yaitu:

  1. Beras
  2. Mie
  3. Pasta
  4. Saus
  5. Buah-buahan
  6. Kopi
  7. Sosis
  8. Seafood
  9. Dan bahan-bahan lainnya

Cafe akan dioperasikan oleh satu orang manajer yang akan bekerja penuh waktu, 3 karyawan sebagai pelayan, 2 karyawan sebagai koki dan 1 karyawan sebagai kasir di Cafe. Cafe ini beroperasi pada jam pukul 09.00 – 22.00 WIB setiap hari Senin – Minggu.

3. Proses Produksi

Proses pengolahan makanan dan minuman pada cafe ini dikerjakan oleh dua orang koki setiap kali ada pesanan. Bahan baku yang digunakan diantar oleh suplier berdasarkan daftar pesanan yang telah dibuat oleh koki sebelumnya. Bahan baku yang digunakan berkualitas. Sehingga cita rasa masakan yang dihasilkan nantinya akan lebih nikmat. Proses pengolahan minuman dan makanan dilakukan tiap kali ada pesanan sehingga makanan disajikan dalam keadaan baru dan segar.

4. Tingkat Persaingan

Target konsumen The Coffcafe adalah para anak muda, umumnya pelajar dan mahasiswa, pekerja kantor, termasuk juga masyarakat umum.

5. Positioning

Cafe menawarkan pilihan menu minuman dan makanan  yang istimewa, dengan bahan baku utama adalah kopi, selain itu juga dilengkapi dengan menu lainnya yang tidak kalah nikmat dengan harga yang terjangkau serta  pelayanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan.

6. Pesaing

Walaupun pada saat sekarang banyak orang yang membuka cafe, itu bahkan tidak berpengaruh sama sekali, karena tempat yang saya pilih sangat menjanjikan untuk berbisnis, karena daerah tersebut sangat strategis dan dekat dari keramaian, otomatis masyarakat terpojok untuk sekedar mampir ke the coffcafe. Selain jauh dari segi waktu dan jarak tempuh, harga yang kita cocokkan masih bisa bersaing dengan harga pasar, dan kami pastikan kualitas bahan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan.

 

BAB V

MANAJEMEN DAN ORGANISASI

 

  1. Kepengurusan Cafe

a. Nama dan Alamat Usaha

Nama usaha              : The Coffcafe

Alamat Perusahaan   : Yosodadi, 21 polos, Metro Timur, Lampung

No Telp                     : 0856-5893-0070

b. Nama dan Alamat Pemilik

Nama Pemilik           : Fathiyatul Chairiyah

Alamat Pemilik         : Mengandung Sari, Kec. Sekampung Udik, Kab. Lampung Timur.

No. Telp                    : 0856-5893-0070

2. Personalia dan Perlengkapan Kantor

Pemilik                                  : Fathiyatul Chairiyah

Manager                                : Koko Pratama

Kasir                                     : Retno Febriana

Koki                                      : Bagus  Saputra,  Arfan Rivaldi

Pelayan                                : Eka Septiana, Aulia Putri, Reza Herdiansyah

3. Jabatan dan uraian Tugas, dan Penggajian.

a. Analisis Jabatan

Untuk menjelaskan masing-masing jabatan dalam struktur organisasi, maka diperlukan suatu uraian pekerjaan sebagai berikut :

  • Nama Jabatan : Pemilik Usaha

Hubungan Organisasi         : Dengan karyawan

Ringkasan Pekerjaan           : Pemilik usaha adalah pengendali dan pembuat keputusan tertinggi yang menyangkut kelangsungan hidup perusahaan.

Tugas dan tanggung jawab :

  1. Membuat perencanaan, strategi, dan kebijakan yang menyangkut operasional perusahaan.
  2. Menyusun anggaran perusahaan dan program kerja.
  3. Menjamin operasional cafesecara hukum.
  4. Melakukan kontrol secara keseluruhan atas operasional cafe
  5. Memegang kendali atas keputusan penting yang bersifat umum atau berkaitan dengan masalah regulasi dan finansial.
  6. Bertanggung jawab dalam memajukan usaha.
  7. Memegang kunci master seluruh ruangan cafe.
  8. Menetapkan standar gaji yang diterima oleh pegawai.
  9. Memutuskan pemberhentian dan promosi jabatan di perusahaan.
  10. Bertanggung jawab secara hukum atas seluruh kegiatan perusahaan.

 

  • Nama Jabatan : Manager

Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada pemilik usaha.

Ringkasan Pekerjaan : Bertugas memimpin dan menangani hal-hal yang berkaitan dengan operasional perusahaan baik internal maupun eksternal.

Tugas dan tanggung jawab :

  1. Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang menyangkut keuangan perusahaan baik operasional sehari-hari ataupun kebutuhan yang bersifat tidak terjadwal.
  2. Memanage dan menganalisis laporan keuangan harian, mingguan dan per periode akuntansi.
  3. Melatih, mengembangkan dan mengkoordinir karyawan agar dapat memenuhi standar perusahaan dalam beroperasi dan melayani pelanggan.
  4. Memastikan semua prosedur dan standar serta kebijakan perusaaan telah dikomunikasikan secara efektif kepada seluruh karyawan serta dijaga dan diikuti secara konsisten.
  5. Mengawasi secara umum kegiatan operasional perusahaan.
  6. Bertanggung jawab atas seluruh aliran dana dalam perusahaan.
  7. Berwenang mengatasi masalah yang berhubungan dengan penggunaan dana.
  • Nama Jabatan : Koki

Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada manajer

Ringkasan Pekerjaan   : Mencampur dan memanggang bahan-bahan sesuai dengan resep dan juga membantu sales area manager untuk mengatur operasional dapur.

Tugas dan tanggung jawab :

  1. Pengatur strategi produksi. Melakukan rencana strategi produk dan inovasi baru, melibatkan makanan dan stafnya.
  2. Bertanggung jawab dalam kegiatan mempersiapkan menu sesuai pesanan.
  3. Memberi masukan pada manajer tentang menu makanan dan minuman baru yang dapatditawarkan pada konsumen.
  • Nama Jabatan : Pelayan

Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada koki, barista dan manajer.

Ringkasan Pekerjaan  : Menyajikan makanan dan minuman kepada pelanggan

Tugas dan tanggung jawab :

  1. Bertugas melayani keinginan tamu.
  2. Bertugas sekaligus sebagai cleaning service(mengangkat dan mencuci peralatan makan yangtelah digunakan, serta membersihkan areal usaha).
  3. Bertugas menata kembali meja yang telah digunakan.
  • Nama Jabatan : Kasir

Hubungan Organisasi  : Bertanggung jawab kepada manajer.

Ringkasan Pekerjaan   : Bertanggung jawab terhadap transaksi keuangan sehari-hari.

b. Gaji

Penetapan upah/gaji pada The Coffcafe ini menggunakan sistem gaji per bulan, dalam hal ini upah/gaji akan diberikan per bulan masa kerja. Setelah karyawan bekerja dalam jangka waktu tertentu akan dipertimbangkan mengenai kenaikan gaji.

  • Pemilik perusahaan 40% dari keuntungan
  • Manajer           Rp. 1.200.000
  • Koki                Rp. 1.000.000
  • Pelayan            Rp.    800.000
  • Kasir                Rp.    800.000

 

BAB VI

RANCANGAN KEUANGAN

 

  1. Sumber-sumber permodalan

Sebagai sumber awal mula pendirian The Coffcafe yaitu dari pemilik cafe sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikan perusahaan dalam bidang kuliner

2. Perhitungan prediksi penjualan

No. Jenis Pengunjung Pengunjung Harga Penghasilan
  /hari /bulan    
1 Coffe 20 600 15.000 4.500.000
2 Chocolate & milk 10 300 15.000 4.500.000
3 Ice cream 10 300 13.000 3.900.000
4 Jus buah 20 600 10.000 6.000.000
5 Milkshake 10 300 12.000 3.600.000
6 Sandwich 10 300 10.000 3.000.000
7 Spageti 10 300 13.000 3.900.000
8 Steak 10 300 18.000 5.400.000
9 Pancake 10 300 12.000 3.600.000
10 Salad buah/ sayur 10 300 10.000 3.000.000
11 Nasgor sosis 10 300 13.000 3.900.000
12 Nasgor seafood 10 300 17.000 5.100.000
13 Mie goreng/rebus 10 300 10.000 3.000.000
14 Kentang goreng 15 450 8.000 3.600.000
15 Cake 10 300 8.000 2.400.000
16 Dessert 10 300 6.000 1.800.000
Total penghasilan kotor perbulan 96.300.000

 

 

No Item Biaya Jumlah
1 Biaya langsung 10.800.000
2 Biaya tidak langsung 2.600.000
3 Biaya pajak 183.000
4 Biaya asuransi 250.000
5 Biaya promosi 170.000
6 Biaya lain-lain 50.000
    14.053.000

 

BAB VII

RINGKASAN EKSEKUTIF

 

Segmen pasar yang diutamakan ialah kaum muda, pelajar dan mahasiswa, pegawai kantor dan masyarakat umum. Competitive advantage dalam usaha ini adalah differentiation maksudnya yaitu usaha ini merupakan usaha yang berbeda dari jenis usaha cafe lainnya karena fokus usaha ini adalah pada tempat hiburan nonton bareng, live music, fasilitas hotspot. Segmen pasar dari usaha ini berbeda dari usaha yang sudah ada sehingga  pesaing di usaha ini masih sedikit.

Selain tempat yang nyaman bagi pengunjung menu-menu yang variatif juga menjadi andalan sebuah caffe dengan sajian menu yang variatif dan unik. Dengan berbagai jenis minuman yang menjadi menu spesial The Coffcafe ini. Tidak hanya itu di The Coffcafe ini juga menyediakan berbagai jenis makanan ringan dan juga ice cream. Selain itu juga caffe ini menerima  pesan antar Paket Meeting, Gathering, Seminar dan paket yang lain sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Dengan berbagai kelebihan The Coffcafe ini, tentu Anda tak perlu ragu lagi untuk dapat menikmati suasana yang menyenangkan dan hidangan yang lezat. Sudah dipastikan menu-menu yang akan Anda nikmati mempunyai rasa standar kelezatan yang sama bila diolah oleh karyawan yang berbeda, karena The Coffcafe ini mempunyai standart recipes dalam setiap makanan yang dibuat. Untuk dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang variatif ini, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena menu-menu ini sangat relatif terjangkau.

Konsep yang akan saya terapkan adalah konsep perpaduan antara klasik dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Perpaduan antara tradisional dan modern serta desainnya yang minimalis, tampak dari sofa dan beberapa bangku biasa serta mini bar yang mengesankan suasana khas tradisonal modern. diharapkan dapat memberikan suasana yang baru dan menarik perhatian pelanggan untuk menikmati suasana The Coffcafe tersebut. Kelebihan yang disajikan oleh The Coffcafe ini adalah menyediakan hotspot untuk mempermudah akses pencarian data sehingga pengunjung lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaannya sambil menikmati secangkir kopi yang menyegarkan pikiran. Kemudian The Coffcafe ini juga menyediakan sebuah LCD Projector untuk menonton event-event pertandingan bola, motor GP dan F1. Ini dapat menarik pelanggan yang bosan menonton di rumah dan ingin menikmati suasana menonton yang berbeda dan lebih seru bersama teman-teman. Di The Coffcafe ini terdapat dua ruang yaitu ruang smoking dan no smoking jadi pengunjung dapat memilihnya. Dengan demikian jika seseorang lebih berfikir kreatif dan inovatif dapat menciptakan peluang usaha yang baru.

 

 

 

 

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *