Bisnis Plan Khaira Boutique

BUSSINES PLAN KHAIRA BOUTIQUE

Business Plan untuk Pemula
Nama perusahaan : KHAIRA Boutique
Kompetensi utama : Jilbab & Hijab Fashion
Business Plan
Pemilik : Oviantari Puput A.V
Alamat : Pugung Raharjo, Lampung Timur
Telepon : 085769575791

Nama Usaha : KHAIRA Boutique
Alamat lengkap dan kode pos : 38b, Banjarejo, Batanghari, Lampung Timur
Telephone : 085769575791
E-Mail : Khairaboutique16@gmail.com
DAFTAR ISI
I. Daftar Isi 3
II. Ringkasan Eksekutif 5
III. Deskriptif Perusahaan secara Umum 6
IV. Produk dan Jasa 9
V. Rancangan Pemasaran 10
VI. Rancangan Operasional 26
VII. Manajemen dan Organisasi 34
VIII. Deklarasi Finansial Personal 36
IX. Biaya dan Kapitalisasi Perusahaan Rintisan 38
X. Rancangan Keuangan 39
I.

 

II. Ringkasan Eksekutif
Seiring berkembangnya zaman ,berkembang pula pashion yang ada di indonesia termasuk juga hijab, hijab adalah suatu kewajiban bagi seorang muslimah untuk menutupi aurat, dulu hijab hanya memiliki disain yang monoton dan tidak memiliki seni keindahan dan cendrung berwarna gelap, maka dari itu usaha kami yang bergerak dalam bidang fashion hijab ingin menciptakan prodak hijab yang mempunyai keindahan,seni dan inovasi sehingga banyak yang berminat untuk menggunakan produk kami dan yang pasti tetap syar’i.

Dengan mengusung nuansa muslimah dengan hijab syari, saya sebagai pelaksana bisnis mengajak para muslimah agar untuk memulai penghijrahan dan mulai menggunakan hijab syari, saya berharap bisnis ini berjangka panjang karena dengan melihat prospek kedepannya hijab syari akan menjadi trend senter fashion di nusantara, bukan hanya itu khaira butik juga menjadi sebuah sarana untuk berdakwah.

III. Deskripsi Perusahaan secara Umum
Pada zaman sekarang atau zaman modern seperti sekarang, perkembangan fashion di Indonesia pun mulai maju khususnya perkembangan fashion busana muslim dan jilbab syar’i, seiring dengan semakin pesatnya fashion busana muslim, model kerudung atau hijab dewasa ini pun semakin beragam dan fashionable. Para wanita muslim pun semakin terbuka pikirannya bahwa berhijab Syar’i tidak akan membatasi kreativitas fashion mereka, malah dengan berjilbab Syar’i wanita muslim akan terlindungi terlihat semakin cantik dan anggun.

Untuk itu, untuk membuat wanita semakin cantik ketika berkerudung, dan membuang kesan buruk tentang berjilbab syar’i, kami menawarkan produk yaitu jilbab syar’i, kami menyediakan berbagai pilihan model jilbab dengan bahan dasar kain wolpeace yang sangat mudah untuk dimodifikasi modelnya. Keunikan dari jilbab kami adalah model jilbab dan kombinasi warna yang kami produksi menarik ,karena kami memilih warna-warna soft dan fashionable serta selalu mengikuti tren masa kini, tidak hanya itu jilbab syar’i kami sangatlah nyaman dipakai, tidak transparan dan tidak panas.

VISI: Menciptakan produk hijab yang berkualitas inovativ dan menguasai pasar nasional bahkan internasional dan juga sebagai salah satu media dakwah islami.

MISI: Menginovasikan berbagai bentuk hijab yang syar’i dan menarik., Menjadikan hijab syar’i sebagai central fashion dunia, Menciptakan pemasaran yang dapat mendobrak pemikiran generasi muda dalam berhijab, mengutamakan pelayanan terhadap konsumen, meningkatkan kepercayaan konsumen dan memupuk kepuasan konsumen terhadap setiap produk invasi hijab syar’i.

Menginovasi berbagai bentuk jilbab dan mengkombinasikan warna-warna yang menjadikan jilbab syari sebagai fashion dunia bukan tidak mungkin kelak beberapa tahun kemudian jilbab syar’i akan menjadi trend fashion dunia dengan melihat respon masyarakat dan muslimah yang sangat antusias dan sangat wellcome terhadap jilbab syari, dan warna warna yang kami usung kalem tidak mencolok, tidak transparan dan tidak melanggar aturan syar’i.

Saya berharap dengan adanya produk jilbab syari ini akan mengubah pola pikir remaja mainstream yang salah ketika menganggap hijab syar’i itu panas, mengganggu aktifitas, membatasi aktifitas dan identik dengan terorisme kejahatan atau kekerasan, itu benar-benar fikiran yang salah karena pada dasarnya islam itu indah, tentam dan penuh kedamaian.

Tujuan akhir dari KHAIRA Boutique adalah mengenalkan dan mensyar’I kan muslimah dan remaja di Indonesia, kami paham jalan ini pasti sulit untuk dilalui namun dengan keyakinan dan doa yang tak terputus dan ikhtiar usaha kami saat ini kami yakin bahwa KHAIRA Boutique bisa mewujudkan visi dan misinya.

Filosofi Bisnis: Jilbab dalam Islam adalah diwajibkan bagi wanita, dipadukan dengan khimar (kerudung). Khimar adalah kain yang menutup kepala hingga dada sementara jilbab adalah pakaian yang menjulur ke seluruh tubuh sampai hampir menyentuh tanah. Kewajiban ini didapat dari sumber kitab nya umat muslim yakni QS. Al Ahzab 59 :

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Target pelanggan KHAIRA Boutique ini adalah : semua kalangan wanita di semua usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa,dan kalangan wanita baya sekalipun yang tertarik dan mau mengubah pola pikir dan kehidupannya sesuai dengan syariat.

Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion hijab syar’i dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama kami beroperasi di sekitar kampus yang peluang pada saat ini sangat besar.

Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang fashion, khususnya dalam hal model dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan hijab di kalangan masyarakat terutama sekitar kawasan kampus kota Metro pada saat ini sangat besar.

Kekuatan terpenting dari produk yang kami miliki adalah akami sangat memperhatikan kuwalitas barang yang kami jual, jahitan yang rapih, warna-warna yang kalem dan sangat mudah di padu padankan, model dan kombinasi kombinasi yang terus di inovasi membuat pelanggan tidak jenuh dengan hijab yang biasa-biasa saja, dalam hal pelayanan kami akan melayanu para pelanggan dengan baik.

Kami terus mengasah kemampuan dan skill yang kami miliki dan memperhatikan mesin mesin jait dan mesin obras agar hasiln jahitannya maksimal semua itu kami lakukan untuk terus menjadi butik hijab syari yang di kenal di lampung.

Badan usaha khaira boutique adalah usaha dagang.

 

IV. Produk dan Jasa
Rumusan Masalah
Bahan Jilbab yang panas membuat para muslimah merasa tidak nyaman dengan jilbabnya, warna dan bahan yang membosankan dan Kemampuan finansial yang terbatas, sehingga para muslimah tidak mampu mengganti baju-bajunya dengan pakaian-pakaian yang syar’i..

Produk atau Jasa sebagai Solusi
Produk yang di keluarkan oleh khaira butik adalah produk produk yang berkuwalitas tinggi, dari bahan bahan yang baik dengan harga yang relative tidak menguras kantong dan warna combinasi yang cantik tidak akan mebuat konsumen bosan,kami juga menyediakan produk pashmina instan dimana kita tidak perlu repot repot untuk memakainya, tidak perlu jarum pentul banyak ini akan sanagt membantu muslimah berpenampilan cantik dan anggun, dengan bahan yang adem saat di pakai membuat muslimah tidak akan kepanasan saat berjilbab, sehingga produk kami bisa menjadi solusi kepada para muslimah jika ingn menggunakan hijab syari tidak perlu menunggu hungga kita memiliki dana yang besear ketika kita akan menegnkan jilbab syari dan tidak lagi ada alasan untuk tidak berhijab

V. Rancangan Pemasaran
Ekonomi
Paparkan fakta-fakta penting terkait industri Anda:
• Total ukuran pasar kurang lebih 30 juta perbulan
• Pangsa pasar yang kami targetkan selitar 40 persen dari seluruh kota metro
• Permintaan pasar saat ini sekitar 60-70 persen.
• Sangat berpotensi tumbuh dan akan menguasai pasaran.

• Penghalang yang di lalui untuk masuk ke dalam bisnis. Beberapa penghalang di antaranya adalah:
o Modal yang sangat tinggi
o Biaya produksi yang sangat tinggi
o Penerimaan konsumen dan pengenalan brand
o Biaya pengiriman
o Tarif penghalang atau kuota

• Untuk mengatasi modal yang tinggi kami menyiasati hasil usaha atau untung yang di dapat akan kembali di jadikan modal agar usaha kami bisa terus bertumbuh dan menjadi besar, tentang biaya produksi yang tinggi kami menyiasatinya dengan memperkerjakan beberapa kariawan setelan khaira boutique sudah mulai nerkemban maka kami akan menambah kariyawan baru, untuk menekan biaya pengiriman barang kami akan memberikan solusi untuk pra pelanggan agar membeli produk lebih dari 2 lusin kami akan memberikan diskon ongkos kirim gratis kepada pelanggan untuk menekan biaya pengiriman.

• hal-hal di bawah ini akan berpengaruh pada perusahaan.
o Perubahan teknologi akan sangat mempengaruhi tingkat pemasaran dimana butik kami juga melakukan promosi dengan menggunakan jejaring social akan lebih mudah seperti sekarang karena perubahan teknologi yang semakin baik akan sangat berguna bagi usahawati pemula seperti saya.
o Perubahan regulasi pemerintah, mungkin tidak mempunyai pengaruh yang begitu besar untuk ukuran khaira butik.
o Perubahan ekonomi, sangat berpengaruh karena kami sebagai usaha yang baru akan memulai harus bisa mengimbangi ekonomi yang sering berubah ubah saat ini. Dan harus siap ketika suatu saat terjadi inflasi besar vesaran.
o Perubahan industri

Model Bisnis
Khaira boutique menggunakan model bisnis B2C yaitu bisnis yang melakukan pelayanan atau penjualan barang kepada perorangan atau grup secara langsung

Produk
Produk-produk jilbab yang di produksi oleh khaira butik adalah bahan sangat berkuwalitas, dengan menggunakan bahan bahan yang tebal, tidak transparan akan membuat pelanggan terus berdatangan.

Fitur dan Manfaat
Daftar produk utama yang kami tawarkan Untuk masing-masing produk
• Jilbab Syar’I segi empat biasa
• Jilbab border syari
• Jilbab syari pashmina instan
• Kerudung syari biasa (langsung pakai)
• Jilbab syari combine
• Jilbab syari bolak balik
• Jilbab syari pashmina combine
• Jilbab syari combine motif
• Aksesoris jilbab
:
• fitur yang paling utama adalah jilbab syari bolak balik, pashmina syari combine dan segi empat syari cobine. Keistimewaan produk jilbab syari bolak balik adalah kita membeli satu jilbab dengan dua warna yang berbeda. keistimewan Pashmina syari combine adalah bahan yang halus mudah di bentuk dan memiliki combine warna yang menarik, sedangkan jilbab syari segiempat combine memiliki khas pada hijab memiliki line warna yang berbeda namun tetap cantik di kombinasikan dengan baju apapun

Manfaat yang di dapat oleh pelanggan khaira boutique adalah kualitas barang yang tinggi, dan harga yang terjangkau dengan model dan motif yang tidak membosankan, kami juga memberikan diskon kepada reseller dan gratis ongkos kirim jika pelanggan memesan lebih dari 2 lusin produk kami.

Produk yang di tawarkan khaira boutique berupa jilbab jilbab syari yang memberikan kuwalitas kain yang bagus dan tahan lama dengan jahitan rapi di tambah dengan combinasi warna-warna yang cantik, dengan membeli produk barang dari khaira anda akan mendapatkan manfaat mendapatkan jilbab yang berkuwalitas bagus namun tidak membuat kantong boros, anda juga mendapatkan jilbab yang nyaman di gunakan tidak panas dan tetap syar’i.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas kami juga menggunakan Layanan pasca-jual yang berikan oleh khaira boutique gratis pengiriman jika membeli lebih dari 2 lusin jilbab, barang yang sudah di beli dan di kirim bisa di kebalikan jika ada cacat yang tidak dilakukan dengan sengaja oleh pelanggan kami akan mengganti jilbab kami yang cacat dengan jilbab yang baru.

Konsumen
khaira butik mejual barang barang nya di sasaran yang tepat yaitu dekat kota dan di antara lingkungan kampus yang mayoritas penduduk dan mahasiswinya memakai jilbab. lokasi geografis di lampung khususnya di metro ini lebih pada beriklim panas dimana kami menyiasati jilbab kami dengan bahan bahan yang adem sehingga lebih nyaman di gunakan dengan iklim panas sperti di lampung ini.

Khaira boutique menggunakan model bisnis B2C yaitu bisnis yang melakukan pelayanan atau penjualan barang kepada perorangan atau grup secara langsung. profil demografis yang mencakup:

• muslimah dari segala usia anak-anak, remaja, dewasa
• perempuan
• kawasan kampus 38b banjarejo, batang hari, lampung timur
• Mencakup semua kelas social atas, mengengah kebawah maupun kalangan bawah
• Dari mulai tingkat SD, SMP, SMA, Mahasiswi dan ibu rumah tangga
(dalam model bisnis B2B atau mediator) demografi bisa mencakup:
• Toko toko kecil dan reseller online
• Lokasi sekitar metro, lampung untuk reseller online sampai luar pulau Sumatra.

tabel 1 Analisis kompetisi
Faktor Perusahaan
Saya Kekuatan Kelemahan Competitor A Competitor B Seberapa penting bagi konsumen
Produk Jilbab bolak balik 2 warna dalam 1 jilbab Terkadang jilbab susah dibentuk Menjual Produk yang sama Menjual produk yang sama 4
Harga Standar Lebih murah disbanding dengan butik lain Banyak produk yang menyaingi yang bisa menghancurkan harga pasar Harga murah kuwalitas mengikuti harga Harga murah kuwalitas mengikuti harga 3
Kualitas Tinggi Menggunakan bahan bahan yang berkuwalitas tinggi Harga menjadi lebih murah karena memproduksi sendiri Kuwalitas tinggi hingga rendah Kualitas menegah hingga rendah 4
Pelayanan Bagus Pelayanan yang ramah dan mengerti yang di inginkan pelanggan Lelah ketika menjumpai pelanggan yang rewel Bagus Kurang bagus karena tidak ada pelayanan yang nyaman 3
Kehandalan Kuwalitas jaitan yang bagus dan rapih Masih ada beberapa jaitah yang miring Bagus Bagus 4
Stabilitas Tergantung bahan yang digunakan Kain wolpeace sangat kuat dan tidak mudah pudar Bahan silk warna mudah luntur Semua bahan dari kuwalitas tinggi hingga renda Kuwalitas sedang hingga rendah 3
Keahlian Standar Standar dalam keahlian tapi sudah cukup rapi untuk ukuran pemula kami hanya menggunakan jahitan manual bukan dengan mesin jahit listrik Tidak membuat produk sendiri Tidak membuat produk sendiri 2
Lokasi Sangat strategis Sangat strategis Kurang luasnya tempat usaha Sudah cukup luas Belum punya tempat yang memadai 3
Penampilan Penampilan menarik dengan nuansa muslimah yang girly Tempat yang kurang luas membuat kreatifitas kami terbatas Lumayan menarik dengan nuansa pinknya Kurang menarik 3
Metode penjualan Menggunakan jejering social sebagai media promosi dan bisa langsung ke toko Terkadang ada pula pelanggan yang tiba tiba membatalkan barang yg sudah di pesan Menggunakan jejering social sebagai media promosi dan bisa langsung ke toko Menggunakan jejaring social juga untuk promosi 4
Kebijakan kredit Kami juga memiliki Kebujakan kredit Hanya untuk reseller besar atau pelanggan yang sudah lama, setia dalam jangka 1 bulan. Memiliki kebijakan kredit Tidak memiliki kebijakan kredit 3
Iklan Menggunakan media social dan dari mulut kemulut Tidak menggunakan brosur Menggunakan social media Menggunakan social media 4
citra Menjadi butik yang dipercaya kualits bagus Terkadang masih terjadi kesalahan dalam penjahitan mengurangi citra buruk pada khaira butik Bagus Kurang bagus karena harga murah sesuai dengan kain yang di pakai 3
Pasca-jual Memberikan pelayanan ganti jika barang rusak Tidak memberi layanan Tidak memberi layanan 3
Dll

• Toko-toko kecil di pasaran
• Kualitas tingkat menengah hingga yang paling bagus, mengandalkan akun social media sebagai pemasaran, dan diskon yang menarik untuk para pelanggan
Kompetisi
butik yang lebih dulu hadir
daftar kompetitor:
• (Queen hijab, 38b banjarejo )
• (ayu hijab, 15a irigmulyo)
• (Qolsa, 15a irigmulyo)
Yang menbedakan KHAIRA boutique dengan competitor diatas adalah kami membuat dan memproduksi barang yang kami jual sendiri dengan cirri khas dari khaira boutique.

Analisis Kompetisi
Kami memberikan produk yang berkualitas yang tidak membuat pelanggan kecewa, karena kami hanya memproduksi jilbab dengan kain yang bagus, namun dalam beberpa produk kami yang kurang bagus tapi mengimbangi dengan harganya, kami juga memberikan diskon dan gratis ongkos kirim kepada pelanggan setia.

Niche/Ceruk Pasar
Butik kami beroperasi pada bidang jilbab syari yang mengedepankan kualitas dan kenyamanan dalam pemakaiannya, dengan keunikan keunikan kombinasi wrna yang tetap bagus saat di kombinasikan dengan gamis mau pun baju, jilbab yang kami produksi juga sangat multi fungsi cocok untuk sehari hari, ke kampus, berwisata maupun dalam acara acara resmi.

Strategi
Strategi pasar yang kami gubakan hanya dalam media social dan dari mulurt kemulut para pelanggan bahwa kami punya produk yang berkualitas dengan harga yang standar.

Promosi
Kami menggunakan media social seperti Fb, Instagram, dan masih banyak lagi media social yang kami gunakan, Misalkan beriklan dengan menggunakan facebook, caranya kita hanya perlu mengunnga foto semenarik mungkin dari produk jilbab khaira butik yang kemudian kita menberikan keterangan tetang produk tersebut, kami akan mengunggah foto foto tersebut 3 kali dalam sehari dengan warna warna yang berbeda setiap produknya, karena menggunakan social media seperti ini akan lebih luas jangkauannya dari pada menggunakan brosur juga menghemat biaya yang minimalis dengan efek yang maksimal. Dengan begitu kita harus mempunyai jaringan teman yang luas akan sangat membantu dan lebih memudahkan dalam pengiklanan.

Kami ingin para pelanggan mengingat butik kami sebagai butik hijab syari yang memiliki kuwalitas bahan yang bagus dengan harga yang standar, dengan dalam desain interior mengusung warna warna yang kalem girly dan tak lupa aksen aksen kemuslimahan yang akan kami tampilkan juga pada butik kami.

Biaya Promosi
Tidak perlu banyak banyak biaya yang di keluarkan untuk promosi Karen kami hanya menggunakan media social untuk promosi mungkin tidak lebih dari 5 juta kami hanya butuh 1 buah pc laptop dan beberapa smartphone dan jaringan wifi.

Harga
Dalam menentukan harga kami akan menotal semuanya seperti biaya pembelian kain per produk, biaya jahitan dan lain lainnya baru kami akan menetukan harga misalkan semua biaya produksi 1 jilbab menghabiskan Rp 45.000 ribu maka kami akan menjualnya Rp 55.000-60.000

Perbandingan harga dengan kompetitif lain tidak jauh berbeda karena kami mengimbangi harga pasaran, agar harga pasar tetap stabil, jika kami memberikan harga di bawah standar pasar maka kami bisa menjadi penyebab rusaknya harga pasar.

Harga sebagai faktor kompetitif, tidak juga karena pelanggan lebih memilih kualitas yang bagus di banding harga yang murah, namun ada juga pelanggan yang lebih memilih harga yang murah dengan kualitas yang sesuai dengan harganya.

Tentang layanan konsumen dan kebijakan kredit, pelanggan dapat mengenbalikan barang yang cacat dan kami akan mengganti dengan barang yang baru, memberika diskon kepada pelnaggan dan memberikan gratis ongkos kirim kepada pelangan hang membeli lebih dari 2 lusin, kebijakan kredit kami hanya memberikan kebijakan ktedit kepada pelangan yang sudah setia dan harus sudah di penuhi atau di lunasi dalam jangka waktu satu bulan.

Lokasi yang Direncanakan
Kami memulai usaha ini tidak langsung memiliki toko namun kami memilih untuk memproduksinya dulu dirumah baru setelah brand kami telah dikenal oleh masyarakat baru kami akan membuka toko khusus untuk produk produk kami.

Lokasi sangat penting bagi konsumen karena lokasi pun mempengaruhi tingkat jual, dimana lokasi yan strategis akan lebih mudah diakses oleh masyarakat itu sendiri dan tepet pemasaran dan target sasaran

Loksinya menyenangkan karena berada di kawasan kampus yang banyak sekali mahasiswi yang akan menjadi salah satu target sasaran, tentang parkirnya kami menyediakan tempat yang lumayan cukup untuk memarkirkan beberapa motor dan beberapa mobil, ruang dalam akan pasang AC dan kami modifikasi semenarik mungkin dengan menambah aksen-akseen yang identik dengan wanita atau muslimah, ini akan menjad tempat yang luar biasa

Kami akan terus mengikuti tren yang sedang berjalan tanpa menghilangkan kesan kemuslimahan, dengan warna dinding yang di dominasi dengan warna-warna soft yang menunjukan kelemah lembutan, kami akan mendesain ruangan semenarik dan senyaman mungkin karena kenyamanan tempat juga menjadi ekspektasi konsumen.

Saluran Distribusi
Penjual produk
– Langsung (pemesanan langsung, online, katalog, web, email, BBM, WA, FB)
– Distributor
– Penjualan langsung di tempat
– Agen atau reseller
– Sesuai pesanan/kontrak

Proyeksi Penjualan
NO NAMA PRODUK HARGA JUMLAH PENJUALAN SEBULAN JUMLAH
1 Jilbab Syar’I segi empat biasa Rp. 50.000 .00 120 pcs 6.000.000.00
2 Jilbab border syari Rp. 55.000.00 175 pcs 9.625.000.00
3 Jilbab syari pashmina instan Rp. 65.000.00 138 pcs 8.970.000.00
4 Jilbab syari combine Rp. 65.000.00 196 pcs 12.740.000.00
5 Jilbab syari bolak balik Rp. 55.000.00 170 pcs 9.350.000.00
6 Jilbab syari combine motif Rp. 65.000.00 150 pcs 9.750.000.00
7 Aksesoris jilbab Rp. 10.000.00 -50.000.00 150 pcs 375.000.00
8 Jumlah 58.810.000.00

VI. Rancangan Operasional
Butik kami akan selalu beroperasi dari jam 07.00 sampai 17.00 kami mengguanakan model bisnis B2c Jelaskan operasional harian dari bisnis Anda. Mulai dari model bisnis, lokasi, peralatan, pelakunya, proses, dan lingkungan sekitarnya.

Model Bisnis
Khaira boutique menggunakan model bisnis B2C yaitu bisnis yang melakukan pelayanan atau penjualan barang kepada perorangan atau grup secara langsung

Produksi
• Tehnik produksi dan biayanya, kami membuat barang tersebut lalu menjualnya namun kami juga menggunakan tehnik produksi menggunakan pesanna baru kami membuat barang pensanan tersebut,
• Kendali kualitas, kami akan selalu berusaha menggunakan bahan bahan yang berkualitas
• Layanan pelanggan, gratis ongkos kirim pembelian lebih dari 2 lusin, memberikan harga reseller, mengganti barang yang rusak, menberikan diskon kepada pelanggan.
• Kendali peralatan, kami selalu mengontol pada mesin jahit dan obras pada satu bulan sekali
• Pengembangan produk/jasa, kami akn selalu menginovasi barang barang baru danmelakukan pembaruan pembaruan terhadap produk yang kami miliki.

Lokasi
Kualitas lokasi yang stragetis sangat membantu dalam kelancaran usaha ini sepertu yang sudah saya sebutkann di atas tempas strategis sangat berpengaruh terhadap pendapatan butik, tempat seperti di kota dekat dengan kampus-kapus dan sekoalha menengah adalah tempat yang strategis untuk bisnis ini

Kebutuhan yang bersifat fisik:
• Luas tempat 15 X 20 M
• permanen
• area kampus
• Tenaga listrik dan peralatan lain

Akses ke lokasi:
Lokasi yang sangat strategis ini akan memudahkan calon pelanggan, maupun supplier bahan baku yang kami gunakan. Kami juga sudah menyediakan tempat parkir di depan butik kami, lokasi yang strategis berada pada jalan utama dan dekat dengan kampus di kota metro, tentang bagunan yang kami gunakan masih menyewa karena jika membuat langsung bangunan akan memakan biaya yang besar juga.
sewa tempat 15.000.000 / per tahun
modivikasi tempat 5.000.000
perawatan 2.000.000
jam kerja mulai dari jam 07.00 sampai jam 17.00

Personel
• Tenaga kerja yang di perlukan dari tukang jahit, pemotong kain, dan penjaga butik sekitar 8 orang kariyawan
• Kami hanya memperkejaan tukang jahit yang sudah mempunyai sertifikat dari tempat kursusnya, untuk penjaga butik tidak perlu berpendidikan tinggi hanya perlu mempunyai sikap yang bertanggung jawab, ramah terhadap pelanggan dan pintar untuk mempromosikan produk produk kami
• Kami memperkerjakan kariyawan yang sudah kami kenal seperti tetanggan atau pun kerabat.
• Kualitas staff yang ada sudah memadai karena semua penjahit sudah bersertifikat
• Struktur penggajian untuk penjahit yaitu sesuai dengan seberapa banyak jilbab yang mereka selesaikan. Untuk penjaga toko ada gaji pokok jika mereka menjual jilbab melebihi target dalam sebulan akan di berikan bonus.
• Saya sendiri menjadi pemilik serta pengontrol segalanya dalam produksi produk kami, kami juga memiliki bendahara khusus yaitu saudara saya sendiri sebagai rekan kerja, untuk kariyawan penjahit hanya akan menjahit jilbab saja karena kami memiliki kariyawan sendiri dalam hal pemotongan kain dan pengobrasan kain, dan penjaga toko.
• Dalam waktu tertentu seperti hari hari bersar banyak sekali pesananpesana maka kami menggunakan tenaga kerja tambahan,

Bahan-Bahan
Sewa ruko/gedung(satu tahun) :Rp.15.000.000,-
Gaji karyawan 8 orang : Rp 12.000.000,-/bulan
Biaya listrik : Rp.300.000-/bulan
Biaya air : Rp.200.00,-/bulan
Mesin jahit 2 buah :Rp 2.000.000
Mesin obras 2 buah @ Rp.1.000.000 ,- :Rp.3.000.000,-
Perawatan mesin (bulanan) :Rp 100.000,-
Gantungan hijab :Rp.1.000.000,-
Triplek(10 buah),kaca 2X1,(2 buah)@Rp 200.000,- :2.400.000,-
kayu balok 2mX10cmX10cm 10 buah @Rp100.00,- :Rp 1.000.000,-
Jumlah:Rp 38.500.000
Bahan baku
Benang : @Rp.20.000,-
Gunting :@Rp.25.000,-
Kain :@Rp.30.000,-/meter
Meteran jahit :Rp 5,000,-
Jumlah :Rp 80.000,-
• Lama waktu di perlukan dari hari pemesnan sampai hari produk di terima pelanggan kurang lebih sekitar 7 hari/ seminggu

Suplier
Identifikasi mengenai mereka:
• Tri Dita Mulyani
• Jenis kain wolpeace, silk dan katun mereka menyediakan banyak sekali bahan kain tersebut.
• Mereka memberikan Kebijakan pembayaran dengan langsung bayar ketika kain kain sudah dikirim.

Kebijakan Kredit
• Kami memberikan keringsns kepada pelanggan secara kredit atau tempo atau dicicil selama sebulan dengan pembelian yang banyak.
• Saya berharap dengan kami memberikan kebijakan kredit akan membantu pelanggan untuk terus nerkembang dan tetap menjadi pelanggan setia.
• Cara kami memeriksa kelayakan konsumen untuk mendapatkan fasilitas kredit yaitu sudah kenal dekat denga pelanggan, jangan sungkan untuk berkunjung ke tokonya dan melihat seberapa rame toko mereka untuk berjaga jaga dan melihat kelancaran bisnisnya.
• Pelanggan setia yang terus ngeorder produk dari kami, minimal pemesana lebih dari 5 lusin jilbab kami akan memberikan kebijakan kredit selama sebulan,
• Diskon akan diberikan kepada pelangga yang membeli lebih dari 2 lusin produk kami juaga memberikan ongkir gratis untuk yang di luar kota metro.

Mengatur Pemasukan Berjangka
Jika Anda memberlakukan kredit jual, Anda perlu pendataan setidaknya dalam rentang bulanan untuk mengetahui seberapa banyak dana yang mengendap di tangan konsumen dan memberikan peringatan kepada Anda jika terjadi pelambatan pembayaran. Tabelnya bisa seperti ini:

Total 30 Hari 60 Hari 90 Hari Lebih 90 Hari
Akun Pemasukan Berjangka 15.000.000 7.400.000 2.000.000 – –

kebijakan untuk menyelesaikan problem konsumen yang pembayarannya lambat.
• Sebelum tanggal jatuh tempo kami akan menelfon pelanggan untuk mengingantkan bahwa beberapa hari kmudian sudah jatuh tempo.
• Jika mereka tidak juga menyerahkan kewajibannya maka kami akan menambah waktu jatuh tempo jika pelanggan benar benar belum mampu memenuhu kewajibannya
• Kami tidak akan melayangkan somasi dan gugatan hukum jika jumlah kewajiban yang harus mereka kurang dari 5.000.000 kami akan mengatasi permasalahan ini dengan kekeluargaan.
Mengatur Pembayaran Berjangka
Penyuplai kain dibutik kami punya mekanisme diskon dimana setiap kita membeli per 200 meter maka harga yang pertamanya 30.000 per meter menjadi 35.000 permeternya. Daftar pembayaran berjangka :
Total Sekarang 30 Hari 60 Hari 90 Hari Lebih 90 Hari
Akun Pembayaran Berjangka 17.000.000 17.000.000 – – – –

VII. Manajemendan Organisasi
Dalam pengorganisasian saya sendiri yang mengelola bisnis ini, kami punya tim dimana seteiap akhir bulan kami akan mengadakan pertemuan untuk terus menjaga kuwalitas produk-produk kami, terkusus untuk membahas inovasi inovasi apa yang akan kita lakukan untuk mengembangkan usaha butik ini. Dan jika tiba tiba saya tidak bisa melanjutkan pekerjaan ini saya akan memberikan kepemimpinan ini kepada saudara saya yang saat ini menjadi bendahara di butik khaira.

Dalam hal ini kami tidak menggunakan dana investor karena modal dari bisnis ini kami sendiri yang mengeluarkan.
Dukungan dan Saran Profesional
Buatlah daftar berikut:
• Dewan direksi : pemilik usaha
• Dewan Manajemen : bendahara butik
• Akuntan kami melakuakn perhitungan akunta secara manual

VIII. Deklarasi Finansial Personal
Sewa ruko/gedung(satu tahun) :Rp.15.000.000,-
Gaji karyawan 8 orang : Rp 16.000.000,-/bulan
Biaya listrik : Rp.300.000-/bulan
Biaya air : Rp.200.00,-/bulan
Mesin jahit 2 buah :Rp 2.000.000
Mesin obras 2 buah @ Rp.1.000.000 ,- :Rp.3.000.000,-
Perawatan mesin (bulanan) :Rp 100.000,-
Gantungan hijab :Rp.1.000.000,-
Triplek(10 buah),kaca 2X1,(2 buah)@Rp 200.000,- :2.400.000,-
kayu balok 2mX10cmX10cm 10 buah @Rp100.00,- :Rp 1.000.000,-
Jumlah:Rp 42.500.000
Bahan baku
Benang : @Rp.20.000,-
Gunting :@Rp.25.000,-
Kain :@Rp.30.000,-/meter
Meteran jahit :Rp 5,000,-
Jumlah :Rp 80.000,-

Jumlah keseluruhan
Rincian modal + Bahan baku :Rp 42.500.000 + Rp 80.000,- = Rp 42.580.00,-

IX. Biaya dan Kapitalisasi Perusahaan Rintisan
Sewa ruko/gedung(satu tahun) :Rp.15.000.000,-
Gaji karyawan 8 orang : Rp 16.000.000,-/bulan
Biaya listrik : Rp.300.000-/bulan
Biaya air : Rp.200.00,-/bulan
Mesin jahit 2 buah :Rp 2.000.000
Mesin obras 2 buah @ Rp.1.000.000 ,- :Rp.3.000.000,-
Perawatan mesin (bulanan) :Rp 100.000,-
Gantungan hijab :Rp.1.000.000,-
Triplek(10 buah),kaca 2X1,(2 buah)@Rp 200.000,- :2.400.000,-
kayu balok 2mX10cmX10cm 10 buah @Rp100.00,- :Rp 1.000.000,-
Jumlah:Rp 42.500.000
Bahan baku
Benang : @Rp.20.000,-
Gunting :@Rp.25.000,-
Kain :@Rp.30.000,-/meter
Meteran jahit :Rp 5,000,-
Jumlah :Rp 80.000,-

Jumlah keseluruhan
Rincian modal + Bahan baku :Rp 42.500.000 + Rp 80.000,- = Rp 42.580.00,-
Semua menggunakan sumber biaya pribadi

X. Rancangan Keuangan
Untuk butik kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk butik kami ini, akan mampu menjual sekitar 681 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 180 – 200 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.

Proyeksi Laba-Rugi 12 bulan
INVESTASI JUMLAH (RP)
Biaya tetap
1. Penyusutan gedung dan peralatan Rp. 7.000.000,-
2. Gaji pegawai Rp. 144.000.000,-
Jumlah Rp. 151.000.000,-

Biaya variable/ produksi
Kulakan kain Rp. 300.000.000,-
Jumlah Rp. 300.000.000,-

Biaya-biaya lain
1. Listrik
Transportasi
4. Administrasi
5. Pajak Rp. 3.600.000,-
Rp. 7.500.000,-
Rp. 4.500.000,-
Rp. 2.750.000,-
Total Modal produksi Rp. 18.300.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN) Rp. 469.300.000,-

Pendapatan
Penjualan aneka jilbab dan aksesoris Rp. 681.720.000,-
TOTAL PENDAPATAN Rp. 681.720.000,-

PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
Rp.681.720.000,- Rp. 469.300.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH Rp. 212.420.000,-

Proyeksi Laba Empat Tahun (Opsional)
INVESTASI JUMLAH (RP)
Biaya tetap
1. Penyusutan gedung dan peralatan Rp. 28.000.000,-
2. Gaji pegawai Rp. 144.000.000,-
Jumlah Rp. 572.000.000,-

Biaya variable/ produksi
Kulakan kain Rp. 1.200.000.000,-
Jumlah Rp. 1.200.000.000,-

Biaya-biaya lain
1. Listrik
Transportasi
4. Administrasi
5. Pajak Rp. 14.400.000,-
Rp. 30.000.000,-
Rp. 18.000.000,-
Rp. 11.000.000,-
Total Modal produksi Rp. 73.400.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN) Rp. 1.845.400.000,-

Pendapatan
Penjualan aneka jilbab dan aksesoris Rp. 2.726.880.000,-
TOTAL PENDAPATAN Rp. 2.726.880.000,-

PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
Rp.2,726.880.000,- Rp. 1.845.000.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH Rp. 881.800.000,-

Proyeksi 12 bulan adalah jantung rancangan keuangan Anda. Proyeksi empat tahunan ini penting bagi mereka yang ingin melihat proyeksi ke depan.

NAMA : OVIANTARI PUPUT AGUSTINA VAYANTI
NPM : 141270710
KELAS : B

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *