Kebudayaan Bercorak Islam di Depokrejo Lampung

 

NAMA             : ASIH NURUL FATIMAH

NPM                : 1602100010

PRODY           : S1 PERBANKAN SYARIAH

KELAS            : A

 

Kebudayaan dan Tradisi Bercorak Islam Dilingkungan Saya

Dusun 4 Kelurahan Depokrejo

 

  1. Ziarah

Ziarah adalah kegiatan mengunjungi makam. Ziarah berkembang bersama dengan tradisi lain. Di daerah saya pengunjung di sebuah makam melaksankan ziarah dengan cara melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut adalah membaca Al Quran atau kalimat syahadat dan  berdoa. Biasanya didaerah saya ziarah dilakukan saat mendekati Ramadhan,mengunjungi keluarga ataupun kerabat yang sudah meninggal.

 

  1. Tahlilan

Tahlilan adalah upacara kenduri atau selamatan untuk berdoa kepada Allah dengan membaca surat Yasin dan beberapa surat dan ayat pilihan lainnya, diikuti kalimat-kalimat tahlil (laailaaha illallah), tahmid (alhamdulillah) dan tasbih (subhanallah). Biasanya diselenggarakan sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT (tasyakuran) dan mendoakan seseorang yang telah meninggal dunia pada hari ke 3, 7, 40, 100, 1000 dan khaul (tahunan).

Dan didaerah saya biasanyadiadakan tahlilan bersama dari satu rumah warga kerumah warga yang lain.bdaram kurun waktu seminggu sekali,biasanya tuan rumah yang mengambil giliran tahlilan telah menyediakan makanan ketika tahlilan selesai.

  1. Takbiran

Takbir adalah seruan atau ucapan Allahu Akbar ‘Allah Mahabesar’: menjelang Idhul Fitri dan Idhul Adha. Takbiran dilakukan pada malam 1 Syawal (Idul Fitri) dengan mengucapkan takbir bersama -sama di masjid/mushalla ataupun berkeliling kampung (takbir keliling).

  1. Muludan

Muludan adalah peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dilakukan dengan mengadakan Muludan. Peringatan maulid Nabi sebenarnya tidak diperintahkan oleh Nabi melainkan budaya agama semata. Di Indonesia peringatan ini dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat, dari Presiden sampai rakyat di desa. Kegiatan ini diisi dengan pembacaan riwayat Nabi (Barzanji) maupun kegiatan lainnya seperti perlombaan.

Didaerah saya muludan biasanya diperingati dari desa satu dengan desa tetangga. Disana diadakan lomba-lomba per TPA.lombanya biasanya tentang tartil, hafalan surat pendek, puisi tentang islam,pidato, dan azan.

  1. Isra’ mi’raj Rasulullah saw.

                   Biasanya isra’ mi’raj didaerah saya diperingati dengan pengajian di masjid samping rumah saya dengan mengundang ustad. Biasanya sebelum mengadakan isra miraj remaja dilingkungan saya menariki sumbangan ke warga per keluarga seikhlasnya yang nantinya uang itu akan dibelikan makanan saat pengajian berlangsung.

  1. Muharram

Tanggal 1 Muharram dalam kalender kaum muslimin sedunia telah tercatat sebagai hari bersejarah dalam kehidupan mereka. Biasanya di daerah saya saat 1 muharam dilakukan kumpul bersama di tempat orang tertua dengan membawa baerkat masing-masing.Setelah itu berkat dikumpul dan didoakan.setelah selesai didoakan berkat itu dibagi kembali.tetapi saling tukar antara warga satu dengan warga yang lain.

  1.   Halal Bihalal

Halal bihalal adlah kata yang sering diucapkan dalam suasana idul fitri yang merupakan suatu istilah keagamaan yang hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, kamus bahasa indonesia menggantikan “acara maaf memaafkan pada hari lebaran” maka halal bihalal mengandung unsur silaturahmi.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *