Yasinan dan Tahlilan di Kampung Saya

NAMA :FIKRI ADE SAPUTRA
PRODI :S1 PBS A
NPM :1602100121

YASINAN DAN TAHLILAN
Seiring masuknya agama islam diindonesia melalui jalur perdagangan, yang dulu mayoritas penduduk Indonesia beragama Hindu-Budha. Seiring berjalannya waktu dengan ditugaskannya Wali Songo untuk menyebarkan agama islam diindonesia dengan menggunakan media atau kebudayaan yang kerap dilakukan oleh agama Budha dan Hindu. Seperti menggunakan wayang kulit, media dakwah (yasinan) dan lain sebgainya.

Kegiatan Yasinan atau Tahlilan menurut para tokoh Agama merupakan media dakwah yang cukup Efektif untuk merangkul atau mengajak masyarakat yang tidak pernah ke masjid untuk mengikuti acara Yasinan dan Tahlilan di masjid maupun di rumah masyarakat. Guna menjaga tali silaturahmi antar warga terjaga.

Kegiatan Yasinan dan Tahlilan di desa kami pun sudah membudaya, yang sering di lakukan pada hari kamis malam jum’at seacara bergiliran dari rumah-kerumah warga di kampong Purwodadi. Yang biasa dilakukan oleh bapak-bapak, di dalam Yasinan dan Tahlilan itu biasanya di selingi siraman rohani atau ceramah, yang bertujuan kita mengetahui apa yang belum kita ketahui, setelah selesainya Yasinan dan Tahlilan biasanya di adakan makan bersama, dengan tujuan menajaga kekompakan dan menjaga tali silaturahmi antar warga

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *