Pentradisian Berjanjen dan Jaringan Santri di Kotabumi

Filosofis berjanjen
Sebelum beralih ke berjanjen saya ingin menjelaskan dan menjabarkan dahulu apa itu filsafat, yang mana filsafat berasal dari kata philo yang berarti cinta kepada kebenaran, ilmu dan hikmah. Filsafat disini akan mencari kebenaran dalam isi kandungan berjanjen, dan sebagai arti ilmu yakni sebagai penambah pengetahuan tentang risalah Rasulullah SAW. Kemudian arti sebagai hiklmah yakni ganjaran atau manfaat bagi orang-orang yang mempelajari dan mengamalkannya, dan hikmah disini lebih menuju kepada kebaikan serta memperoleh pahala. Dari penjelasan-penjelasan tersebut dapat disimpulkan lagi bawha intinya filasafat menjelaskan adri suatu inti hakikat dan hikmah yang terdapat dalam berjanjen khususnya.(nata, 2004, hlm 42)

Setelah membahas tentang filsafat nya kini saya akan menjelaskan sejarah muncul dan berkembang nya tradisi berjanjen.
Bberjanjen adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh umat islam berupa pembacaan risalah-risalah Nabi Muhammad SAW. Yang dibaca dengan menggunakan lagu-lagu atau pujian-pujian dan dilakukan dalam kegiatan-kegiata atau upacara tertentu bagi umat islam, seperti pada hari besara Maulid Nabi Muhammad SAW. Marhabanan, pengajian dan juga biasa dilakukan sebagai kegiatan rutinitas mingguan. Kegiatan mingguan ini dilakukan pada malam jum’at . mengapa dilakukan pada malam itu karena menurut para tokoh agama di sekitar bahwa pada malam jum’at lah doa-doa yang terkabual . inilah alasan berjanjen dilakukan pada malam itu. Seperti yang dilakukan oleh pesantren khususnya di daerah Kota bumi, berjanjen dilakukan pada setiap malam jum’at sebagai rutinitas kepondokan.

Dalam kegiatan ini dikhususkan untuk satu malam tanpa ada percampuran kegiatan lain seperti mengaji Al-Qur’an, tujuannya agar santri banyak- banyak bersholawat dan meresapi apa yang ada dalam buku berjanjen tersebut.

Adapun asal-usul nya berjanjen ini pertamakali ditradisikan di tanah Arab, karena ditanah arab asal wilayh agama islam. Kemudian pentradisian berjanjen ini bagian dari bangsa melayu. Orang yang menulis buku berjanjen ini yaitu Ja’far Al-barzanji bin Husain bin Abdulkari lahir di madinah tahun 1690 wafat tahun 1766. Tujuan di susun kitab ini agar meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW melalui sholawat-sholawatnya. Albarzanji ini berisi tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW dari masa kanak-kanak hingga di angkat menjadi rosul dan silsilah keluarganya serta keteladannya. Tradisi ini dilakukan dalam memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dilakukan sejak islam masuk ke indonesia dan sekaligus berpengaruh pada masyarakat melayu hingga terbentuknya akulturasi antar budaya islam dan melayu. Tradisi ini juga memadukan dengan kesenian seperti seni musik, tarik suara dan lain-lain. Syair-syairnya pun dibacakan dengan lagu-lagukemudian diiringi rebbana.

Adapun pentradisian dalam pesantren di kotabumi tujuannya untuk memahami corak keagamaan yang dimiliki dalam masyarakat, serta menambah keyakinan oleh masyarakat khusunya masyarakat pesantren melalui pentradisian atau budaya berjanjen. Pentradisian ini salah satu hasil karya ustadz dalam meningkatkan kualitas ruhaniah para santri agar lebih beragama. Dalam satu tahun ini pentradisian telah berhasil di lakukan oleh para santri sehingganya tidak ada panduan lagi dari ustadz untuk melakukan rutinitas terdsebut. Dalam penjaringan ini para santri sudah mulai mencintai kegiatan ini. Pada kesimpulannya pentradisian ini membuat para santri lebih baik dalam ruhaniahnya dan mengetahui arti-arti perjuangan rasulullah dan saat ini para santri sedikit demi sedikit meneladani rasulullah SAW. Dan juga mereka lebih banyak mengetahui ilmu dan trik-trik bermain alat musik seperti rebbana. Karena dalam setiap diadakannya berjanjen pasti di ikuti oleh rebbana.(kodir,2014, hlm 92)

 

Nama : SITI AISYAH
NPM : 1602100248
Kelas : B

Catatan

  1. Belum menjawab pertanyaan dengan benar-benar tepat.
  2. Daftar pustaka belum ada.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *