Hubungan antara Isra Miraj dan Fungsi Agama

Agama menurut harun nasution tersusun dua kata a=tidak dan gam=pergi artinya agama itu tidak pergi atau tetap di tempat dan diwarisi secara turun-temurun dari generasi ke generasi lainnya.

Pendapat lain mengatakan agama berarti teks atau kitab suci yang diturunkan tuhan kepada rasul untuk pedoman hidup dan tuntunan bagi kehidupan manusia(Nata:2011,9).

Fungsi agama sebagai pengatur hubungan manusia dan hubungan dengan sesama manusia(Ahmad:2008,11)

Jadi agama yang fungsinya sebagai  hubungan dengan sesama manusia dapat memperat silaturahmi antar manusia beragama.

Keterkaitan peristiwa Isra’ Miraj dengan fungsi agama itu sama halnya dengan fungsi agama sebagai hubungan dengan sesama, dengan diadakannya isra’ miraj ini bisa  membuat ikatan yang erat  sekali antar individu dalam suatu masyarakat(Ahmad:2008,11), agar suatu masyarakat dapat memahami satu sama lain supaya terhindar dari konflik yang tidak diinginkan kemudian hari.

Dalam kehidupan masyarakat sebenarnya banyak peristiwa yang terjadi dan berlangsung  di sekitar manusia dan dalam diri manusia, dalam masyarakat modern yaitu masyarakat yang telah maju dan bisa memahami peristiwa-peristiwa alam melalui ilmu pengetahuan(Ali:2011,41)

Dengan adanya fungsi agama dalam peristiwa isra’ miraj ini juga bisa mendekatkan hubungan manusia dengan Tuhannya dengan sesama saudaranya atau masyarakat,melalui ibadah-ibadah inilah kita dapat membersihkan hati jiwa kita dan menumbuhkan rasa tenang dalam kalbu, karena dibalik peristiwa ini kita juga dapat mengatahui sejarah perjalanan nabi Muhammad SAW

Dengan adanya peristiwa isra’ miraj tersebut kita senantiasa akan mendapatkan ilmu mengenai agama dan faktor lain yang menyebabkan manusia memerlukan agama adalah karena manusia dalam kehidupannya senantiasa menghadapi berbagai macam tantangan, baik yang datang dari dalam maupun dari luar, tantangan dari dalam bisa berupa dorongan hawa nafsu dan bisikan setan. Sedangkan tantangan dari luar bisa berupa rekayasa dan upaya-upaya yang dilakukan manusia yang secara sengaja ingin memaligkan manusia dari Tuhan atau menjauhkan misi dari Tuhan.

Dan kalau menurut saya kita mengikuti acara Isra’ Miraj ini kita dapat terhindar dari hal tersebut karena dengan adanya acara tersebut kita bisa mendapatkan masukan atau pencerahan dari yang menyampaikan ceramah diacara tersebut.

Selain itu juga didalam Isra’ Miraj terdapat fungsi agama dalam bidang sosial, ajaran islam dibidang sosial ini termasuk paling menonjol karena seluruh bidang ajaran islam ditujukan untuk kesejahteraan manusia dan didalam bidang sosial ini islam akan menjunjung tinggi tentang saling menasehati,kesetiakawanan,dan kebersamaan.

Dalam acara Isra’ Miraj tersebut tentunya kita akan menemukan hal seperti itu, seperti saling menasehati dengan cara memberikan ceramah yang akan disampaikan oleh yang lebih mengerti tentang agama dan kebersamaan dalam mengikuti acara tersebut, karena dengan diadakan acara tersebut kita akan menjadi semakin erat tali-silaturahmi dengan antar masyarakat.

Salah satu fungsi agama yang lainnya adalah agama merupakan pendidikan yang memperbaiki sikap dan tingkah laku manusia,membina budi pekerti luhur seperti kebenaran,keikhlasan,kejujuran,keadilan,kasih sayang,cinta-mencintai, dan menghidupkan hati nurani mereka untuk memperhatikan Allah SWT baik dalam keadaan sendiri maupun bersama orang lain.

Dan dalam acara Isra’ Miraj ini kita akan lebih dekat lagi kepada Allah SWT karena ini merupakan salah satu ibadah.

Selain itu juga dilihat dari ciri khas agama islam yang paling menonjol adalah bahwa islam menyuruh para pemelukmya agar beriman dan mempercayai adanya Allah SWT serta nabi Muhammad SAW.

Oleh sebab itu dengan diadakannya Isra’ Miraj ini selain kita bisa berdekatan dan bersosialisai dengan masyarakat lain acara ini juga merupakan salah satu cara kita untuk percaya dan yakin bahwa nabi Muhammad SAW itu ada dan acara ini merupakan salah satu kisah perjalanan beliau yang patut kita tauladani.

Dan dengan adanya peringatan Isra’ Miraj ini diharapkan semoga keimanan dan ketaqwaan kita semakin meningkat dari tahun ke tahun.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Ali, Daud Mohammad.2011.Pendidikan Agama Islam.Jakarta:Rajawali Pers

Ahmad, Qadir.2008.Metode Pengajaran Agama Islam.Jakarta:Rineka Cipta

Nata, Abudin.2011.Metodologi Studi Islam.Jakarta:Rajawali Pers

 

Catatan

  1. Ide tulisan belum terorganisir dengan baik.
  2. Kutipan-kutipan belum difungsikan dengan baik.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *