Business Plan Naget Tahu Metro

Business Plan

Nugget Tahu Metro

Jl. Tawes no 25, Iring Mulyo, Metro Timur, Kota Metro

Tugas ini di susun untuk memenuhi tugas individu mata kuliah kewirausahaan

Dosen pengampu M.Nasruddin,SHI,MH

 

Di susun Oleh :

Inggrid Renvhilia Putri (141265010)

 

Kelas B

PROGRAM STUDI S1 PERBANKAN SYARIAH

JURUSAN SYARIAH

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI

JURAI SIWO MERO

2016/2017

 

DAFTAR ISI

 

Daftar Isi……………………………………………………………………………………………………. 2

Ringkasan Eksekutif…………………………………………………………………………………… 3

Deskripsi Perusahaan secara Umum……………………………………………………………. 4

Produk dan Jasa………………………………………………………………………………………… 5

Rancangan pemasaran……………………………………………………………………………….. 6

Rancangan Keuangan………………………………………………………………………………… 11

 

Ringkasan Eksekutif

 

Nugget Tahu ini bergerak di bidang usaha dagang, di mana memproduksi makanan berjenis nugget yang sudah lazim dijual di pasaran dengan bahan utama ayam. Namun, Nugget Tahu Metro ini berbeda, karena mengkreasikan tahu menjadi inovasi yang baru yaitu menjadikaan tahu sebagai nugget. Sehingga konsumen tidak merasa bosan dengan menyantap makanan yang bernilai gizi tinggi ini.

Rumah produksi Nugget Tahu Metro ini berlokasi di Jl. Tawes, Iring Mulyo Metro Timur, yang merupakan lokasi yang berdekatan dengan kawan pendidikan. Sehingga target pasar tidak hanya dari penduduk sekitar tapii juga merupakan mahasiswa dan para siswa yang banyak bertempat tinggal disana.

Nugget tahu ini akan diinovasikan dengan berbagai bentuk seperrti bentuk hati, bentuk bintang, dan bulat. Nugget tahu ini memiliki kandungan gizi yang tinggi, tidak hanya rendah kolesterol, tapi juga mengandung protein yang baik bagi tubuh.

Deskripsi Perusahaan secara Umum

Bisnis yang akan dikembangkan ini adalah bisnis usaha dagang jajanan dengan bahan utama tahu. Namun, kami akan memasarkan tahu ini dengan menginovasikan tahu ini menjadi nugget tahu yang bergizi. Nugget tahu ini akan menambah cita rasa baru di dunia kuliner. Dengan adanya nugget tahu, diharapkan akan menambah variasi nugget baru.

 

VISI:

Untuk menjadi sebuah home industri yang berkembang dan maju serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang efisien bagi orang lain.

MISI:

Dengan mengkreasikan inovasi-inovasi dengan bahan dasar tahu yang dapat membuat perubahan pada sensasi bentuk dan rasa akan menjadikan tahu sebagai makanan modern yang tidak ketinggalan zaman serta dapat dinikmati semua kalangan umur dan kasta.

Bisnis nugget tahu ini bergerak di bidang kuliner dengan target pasar yang semua kalangan dan umur dapat menikmatinya. Di zaman modern seperti sekarang ini misalnya, mulai banyak sekali bisnis yang bergerak di bidang kuliner dengan macam-macam inovasi dari sebuah bahan mentah.

Dengan menciptakan inovasi tahu yang telah dikembangkan, di zaman sekarang ini jumlah pemuda dan anak-anak sangatlah banyak, sehingga memungkinkan untuk menargetkan produk ini kepada kalangan anak-anak dan remaja dengan memposisikan target pada sekolah-sekolah atau juga perguruan-perguruan tinggi dan membuka sejumlah outlet di beberapa tempat. Dengan begitu sangat mudah bagi target untuk memperoleh produk yang dipasarkan.

Produk dan Jasa

 

Rumusan Masalah

Saat ini semakin banyak masyarakat yang menderita kolesterol, kolesterol merupakan salah satupenyebab kematian terbesar saat ini. Oleh karena itu masyarakatberalih pada makanan yang rendah kolesterol seperti tahu. Namun masyarakat memandang tahu itu sebagai makanan yang tidak menarik dari rasa maupun bentuknya. Padahal, begitu banyak manfaat yang dikandung oleh tahu seperti menghambat proses penuaan dini, mengandung protein nabati, dan mencegah kanker payudara. Disini kami membantu masyarakat untuk mencegah maupun menimalisir resiko penyakit kolesterol.

 

Produk atau Jasa sebagai Solusi

Dengan permasalahan yang ada, untuk itu, kami mencoba mengkreasikan tahu tersebut dengan mengolah tahu menjadi nugget yang sehat, bergizi, serta bentuk yang mampu mengundang selera. Kelebihan nugget yang kami buat adalah bentuk yang bervariasi terdiri dari tiga bentuk yaitu, bulat, hati, bintang dan rasa tahu yang unik dikemas dalam bentuk nugget.

Rancangan Pemasaran

Riset Pasar

Tahu merupakan mekanan yang rendah kolesterol, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi semua kalangan. Sasaran kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa di kampus, karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani pemesanan.

Karena lokasi usaha juga saangat menjanjikan yaitu disekitar kawasan padat penduduk, terlebih lagi sebagian penduduk merupakan mahasiswa dan siswa sekolah menengah, sehingga minat jajanpun masih sangat besar. Lokasipun jauh dari kompetitor, sepengetahuan pengelola, produk nugget tahu ini masih jarang ditemui.

Kami juga menggalakkan promosi di berbagai media social, seperti facebook, twitter, blog, dll. Hal ini kami maksudkan agar produk cepat tersebar dan memberi kemudahan calon konsumen dalam pemesanan dan pembelian produk kami.

Ekonomi

Target yang dituju jelas untuk memperoleh pangsa pasar yang cukup besar, mengingat target pasar produk ini berada di segala usia dan kalangan. Untuk kendala, produk ini tidak terdapat kendala karena modal awal yang tidak besar, hanya bermodaal tahu dengan beerbagai varian rasa dan warna kemudian cetakan-cetakan tahu, tepung terigu, tepung panir, telur, dan minyak.

Produk

Bagi konsumen, produk tahu ini jelas merupakan produk yang tidak berbahaya dan aman untuk dikonsumsi. Mengingat tahu merupakan makanan yang ramah lingkungan tidak menganduk banyak kolesterol daan memiliki manfaat yang sangat banyak, seperti menghambat proses penuaan dini, mengandung protein nabati, dan mencegah kenker payudara. Produk ini dapat dikonsumsi tidak hanya sebagai cemilan harian, tapi juga dapat dikonsumsi di saat hari-hari raya besar sebagai hidangan di atas meja.

Fitur dan Manfaat

Keistimewaaan dari produk nugget tahu ini, selain memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh, nugget tahu ini juga tidak akan membuath konsumen bosan untuk menikmatinya karena nugget tahu ini diinovasikan rasa, warna, dan bentuknya. Kemudian, nugget tahu inipun dapat bertahan selama kurang lebih satu bulan (disimpan di freezer). Untuk pemesanan secara online atau melalui social media dengan tujuan dalam kota akan diberikan gratis pengiriman.

Konsumen

Target konsumen untuk produk ini fleksibel, mulai dari anak-anak sampai orang tua, mulai dari kalangan bawah sampai kalangan yang paling tinggi dapat menikmati produk ini. Produk ini dijual langsung oleh produsen karena produk ini akan dijual dengan cara membuka outlet di beberapa titik target seperti sekolah atau juga perguruan tinggi, kemudian tidak hanya melalui outlet langsung yang dapat dikunjungi konsumen tettapi juga penjualan secara online melalui social media sehingga konsumen yang berada jauh dari jangkauan dapat memesannya via online seperti facebook, twitter, instagram, dsb.

Strategi Pemasaran

Produk Nugget Tahu Metro ini akan dipasarkan dengan membuka outlet yang akan dibuka pada jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Untuk via online juga begitu akan online pada jam 9 pagi sampai jam 10 malam. Tidak hanya meembeli, konsumeen juga bisa melihat proses pengolahan dan pembuatan nugget tahu ini.

Promosi

Untuk tahap awal, produk ini akan dipromosikan dengan cara menyebar selebaran yang di sana mempromosikan produk yang di sana terdapat sebuah kupon penawaran menarik. Untuk pembelian pertama dengan pembelian 10 buah nugget tahu maka akan diberikan discount sebesar 10% dari total pembelian, berlaku kelipatannya.

Kemudian, untuk selanjutnya akan dipromosikan melalui social media.

Harga

Untuk harga nugget tahu satu buah = Rp 2.000,-

Lokasi yang Direncanakan

Bisnis usaha dagang ini merupakan bisnis berbasis home industri, namun kami akan menyediakan outlet sebagai tempat berjualan di lapangan, sehingga memudaahkan konsumen dalam mendapatkan nugget tahu ini.

Pembuatan nugget tahu ini dilakukan di Jalan Tawes, Iring Mulyo Metro Timur. Lokasi ini cukup strategis karena berdekatan dengan kawasan tempat tinggal mahasiswa dan siswa-siswa sekolah menengah juga dekat dengan SMK Muhammadiyah 2 Metro.

 

Outlet Nugget Tahu Metro ini akan dilengkapi dengan meja dan kursi bagi konsumen yang ingin menikmati nugget tahu ini di lokasi berjualan. Outlet akan dibuat senyaman mungkin untuk menunjang kenyaman serta kepuasaan konsumen terhadap layanan yang diberikan.

Produksi

Prroduk jajanaan dengan variaan tahu ini dibuat di pusat rumah produksi dengan bahan-bahan sebagai berikut:

Fixed cost

No. Nama Barang Jumlah Barang Total
1. Kompor gas 1 buah Rp. 100.000
2. Tabung gas 1 buah Rp. 150.000
3. Kukusan 1 buah Rp. 75.000
4. Mesin giling 1 buah Rp. 120.000
Total Rp. 445.000

 

Variabel cost per produksi

No. Nama Barang Jumlah Total
1. Tahu 1 kg Rp. 20.000
2. Telur ayam 8 butir Rp. 12.000
3. Susu cair 4 sdm Rp. 2.000
4. Tepung sagu 100 gram Rp. 6.000
5. Tepung maizena 100 gram Rp. 6.000
6. Bawang merah 20 siung Rp. 6.000
7. Garam 2 sdm Rp. 1.000
8. Merica bubuk 2 sdt Rp. 1.000
9. Gula pasir 2 sdt Rp. 1.000
10. Kaldu bubuk rasa ayam 2 bungkus Rp. 2.000
11. Margarine 2 sdm Rp. 1.000
12. Penyedap rasa 1 sdt Rp. 500
13. Bawang putih 10 siung Rp. 2000
14. Tepung panir 400 gram Rp. 5000
15. Minyak gorang 1 liter Rp. 3000
16. Saus tomat/sambal Secukupnya Rp. 5000
Total Rp.67.500
Legalitas Usaha

 

Izin untuk menjalankan usaha ini dinamakan Surat Izin Usaha Perdagangan atau disingkat SIUP. SIUP merupakan dokumen yang diperlukan dan diwajibkan bagi orang perseorangan maupun badan usaha yang akan mendirikan usaha perdagangan.

Untuk SIUP usaha dagang ini akan masuk ke dalam kategori SIUP kecil, karena usaha ini masih pemula dan terbilang usaha kecil dengan modal dan kekayaan bersih pemilik lebih keccil atau sama dengan Rp. 200.000.000.

 

Personel, Manajemen dan Organisasi

Tenaga kerja yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis usaha dagang ini kurang lebih 6 orang tenaga kerja. 3 orang diantaranya, masing-masing bertanggung jawab atas manajemen operasional, manajemen keungan, juga manajemen pemasaran. Sedangkan 3 orang lainnya merupakan pekerja yang bergerak dibidang operasional.

Prosedur bekerja yang diberlakukan yaitu pekerja harus sudah datang sebelum waktu outlet dibuka yaitu tepat jam 6 pagi untuk melakukan persiapan berdagang mulai dari bersih-bersih sampai mempersiapkan dan membuat produk.

Operasional pembuatan produk terjadi selama kurang lebih 4 jam yaitu sampai jam 10. Kemudian, berjualan akan dimulai pada jam 10 sampai jam 5 sore.

Karena bisnis usaha dagang ini berbasisi home industri, maka penggelola usaha dapat dijalankan oleh pemilik sendiri yang juga dapat dikelola dari saudara seperti kakak, adik, ataupun kerabat lainnya.

Kemudian, untuk yang bertanggung jawab atas bisnis ini jelas pemilik atau orang yang mengelola. Karena usaha ini belum memasuki usaha bisnis yang dapat dikatakan besar dan berkembang, atau lebih tepatnya dikatakan usaha ini masih usaha home industri kecil sehingga untuk memanajemennya tidak terlalu rumit. Semua dapat dimenej oleh pengelola.

Rancangan Keuangan

Biaya Total

Biaya total= Variable cost + Fixed cost

= Rp. 67.500 + Rp. 445.000

= Rp. 512.500

Biaya dan Harga Per Unit

Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1 kali produksi adalah Rp. 445.000 : 8 Kali = Rp. 56.000

Total biaya produksi yang dikeluarkan per produksi = Rp 56.000 + Rp 67.500 = Rp 123.500

Biaya per unit adalah Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : jumlah produk yang dihasilkan per hari Rp. 123.500 : 120 buah = Rp. 1.030

Harga jual per buah Rp. 2000

Modal Awal

Modal awal = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel untuk 1 kali produksi

= Rp 445.000 + Rp 67.500

= Rp 512.500

Analisis Titik Impas (Break Even Point)

BEP harga = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : Produksi

= 123.500 : 120 buah = Rp. 1.030

Harga jual per unit Rp. 2.000

BEP produksi nugget tahu

= Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : Harga per unit

= Rp. 123.500 : 2.000 = 61,75 = 62 buah

 

Jadi, untuk mencapai titik impas maka dalam 1 buah nugget tahu yang harus terjual adalah 62 buah dengan harga per buah sebesar Rp. 2000,-

Analisis Keuntungan

Pendapatan : produk yang terjual x harga jual

= 120 x 2.000

=Rp. 240.000

Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : Rp. 280.000

Keuntungan= Pendapatan –Total biaya produksi

= Rp 240.000 – Rp 123.500

= Rp 116.500

Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 120 buah nugget tahu dalam 1 kali produksi adalah Rp 116.500

Pengembalian Modal  

Modal : Laba usaha= Rp 512.500: Rp 116.500

= 4,4= 5 kali produksi

Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu 5 kali produksi

Yang Tak Kalah Menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *