Budaya Keislaman di Kampung Sumber Rejo Kotagajah

NAMA: RIZKI LUTHFI SANDI
PRODI: S1-PERBANKAN SYARIAH
NMP: 1602100181
KELAS: A
MK: METODOLOGI STUDI ISLAM

Budaya yang terkait dalam islam dikampung sumberrejo kotagajah

Budaya yang bernafaskan islam adalah segala macan bentuk kesenian yang berasal dan berkembang dalam masyarakat serta telah mendapat pengaruh dari agama islam.

1. Wayang
Disetiap memperingati 1 muharam suro disebut juga bersih desa atau kampung itu diadakan wayang. Yang diiringi gamelan karena bentuk wayang berkaitan dengan syariat islam wujud wayang kulit secara terperinci menyerupai tokoh-tokohnya. Terus sumber ceritanya dalam mementaskan wayang kulit diilhami dari cerita ramayana dan mahabarata. Tentunya diubah menjadi cerita-cerita keislaman, jadi tidak ada unsur kemusyrikan didalamnya.dan masih banyak lagi istilah-istilah islam yang dipadukan dengan istilah dalam perwayangan.

2. Hadroh dan shalawat nabi
Hadroh adalah alat musik yang bernafaskan islam. Dan suara yang diiringi dengan rebana sebagai alat musiknya. Dan anak-anak kecil dan remaja sudah diajarkan memainkannya. Dan lagu-lagu yang dibawakan adalah lagu yang bernuansakan islami tentang puji-pujian atau shalawatan kepada allah swt dan sanjungan kepada nabi muhammad saw. Dalam menyelengarakan pesta musik yang diiringi rebana ini juga menampilkan lagu cinta, nasehat,dan sejarah-sejarah kenabian.
Sampai sekarang kesenian hadroh masih eksis berkembang dimasyarakat kampungku, pada zaman sekarang hadroh pun biasanya hadir pada sebuah acara pernikahan, akikahan, atau sunatan. Bahkan hadroh dijadikan ajang perlombaan antar kampung.

3. Qosidah
Suatu jenis suara yang menampilkan nasehat-nasehat keislaman.didalam lagu banyak mengandung nasehat-nasehat, sholawat nabi, dan doa-doa. Qosidah pun diringi juga rebana dan dilakukan kegiatan ini oleh remaja dan ibu-ibu. Dan terkadang dijadikan ajang perlombaan juga antar kampung.

4. Tujuh bulanan
Ketika orang hamil yang sudah memasuki bulan ke tujuh itu diadakan piton-piton atau mengasih makanan ketetangga atau saudara atas syukurnya.

5. Ziarah kubur
Yang dilakukan oleh masyarakat pada saat mendekati hari sebelum puasa dan hari sebelum lebaran. Dan masyarakat ziarah secara beramai-ramai atau sama keluarga dan mengirimkan doa-doa dan sholawat.

6. Yasinan
Yang dilakukan oleh remaja dan orang tua ,laki-laki dan perempuan, dan yang laki-laki dilaksanakan pada hari kamis malam jumat.
Dan yang perempuan ada dua macam hari yaitu dihari senin malam selasa dan dihari sabtu malam minggu, dan dilakukan secara bergilir dari rumah kerumah.

7. Tahlilan
Yang dilakukan oleh keluarga untuk memperingati saudara yang sudah meninggal, dan membacakan surat yasin, doa,dan juga sholawat.

8. Marhabanan
Yang dilakukan oleh keluarga yang baru saja lahiran atau akikahan. Dan membacakan surat marhaban, dan doa-doa, beserta sholawat, dan sehabis itu membagi berkat untuk dibagikan.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *