Tradisi Keagamaan Islam di Way Bungur, Lampung Timur

NAMA : LUVITA NADIA PUTRI

NPM     : 1602100146

PRODI : PBS/ A

TUGAS MSI

                                          

  1. Disekitar lingkungan masyarakat saya pada bulan sura bertepatan pada tanggal 1 Muharram biasanya mengadakan kegiatan selamatan atau biasa orang Jawa menyebutnya dengan “Ambengan” yang dilaksanakan setelah shalat magrib bertempat didalam masjid atau mushola. Kemudian berdo’a bersama untuk memohon kepada sang pencipta diberikan keselamatan dan memohon supaya terhindar dari balak atau malapetaka.

Orang muslim melaksanakannya di masjid atau di mushola, dan apabila umat non muslim juga melaksanakan kegiatan ini bertempat diperempatan jalan. Kegiatan ini berisi do’a, ceramah dan membagikan makanan atau ambeng tersebut.

  1. Menyelenggarakan selamatan orang meninggal dihari ke 7, 40, 100 dan 1000 dengan membaca surat Yasiin dan tahlil atau disebut juga dengan genduren. Kegiatan seperti ini masih dilaksanakan dilingkungan tempat saya, supaya orang yang sudah ditinggal dapat diterima disisi Allah dan mendapatkan ampunan atas dosa yang dilakukannya semasa masih hidup didunia.
  2. Melaksanakan yasinan rutin setiap malam jum’at secara berjama’ah yang diisi dengan pembacaan surat yasiin , tahlil dan diisi dengan ceramah dan do’a.
  3. Kegiatan “Khataman” Khataman ialah tadarus al-qur’an yang dilaksanakan, dimasjid, mushola, atau dirumah.
  4. Memperingati maulid Nabi Muhammad Saw, Tujuan diadakannya maulid Nabi yaitu mengingat kelahiran beliau, mengetahui akhlak mulia yang yang dimilki Nabi Muhammad Saw supaya kita dapat mencontoh perilaku beliau dan mengikuti sunah-sunahnya.
  5. Ziarah kubur sebelum Ramadhan dan sebelum lebaran. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan akhirat dan kematian. Berziarah dapat memberikan pelajaran bagi orang yang berziarah. Didalam berziarah dapat dilakukan yaitu mendo’akan bagi orang-orang yang telah meninggal dan memohon ampun untuk mereka.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *