Tradisi Keagamaan Islam Warga Pasar II Kota Gajah

Nama ; KHAIRUL FIKRI
NPM ; 1602100039
Kelas ; A
M.K ; METODE STUDI ISLAM

 

1) ZIARAH KUBUR
Biasanya di dalam masyarakat ziarah kubur sering disebut dengat nyekat tradisi ini dilakukan sebelum puasa. Masyarakat sekitar pergi kekuburan dan menyegarkan bunga. Hal ini merupakan tradisi yang tidak bisa ditinggalkan, bila tradisi ini ditinggalkan secara ada yang kurang dalam melangkahkan kaki menyongsong puasa bulan ramadhan.

2)YASINAN
Biasanya itu dilakukan di daerah yaitu pada malam jum’at dengan setiap minggu 1 kali yaitu pada malam jum’at dan itu bergilir dalam masyarakat.

3)SUROAN
Tradisi suroan dalam masyarakat menganggap kramat apalagi bila jatuh pada jum’at legi karena malam satu suro dikaitkan dengan hal-hal mistis dan berfilosofis. Pada malam satu suro masyarakat dilarang untuk pergi kemana-mana kecuali untuk mendoakan ataupun tradisi nyuci keris pada malam pertama suro kegiatan ini termasuk dalam kegiatan yang ritual budaya yang dimulai sacral. Ada juga tradisi masyarakat pada malam suro yaitu lek-lekkan atau tidak tidur semalam suntuk tradisi ini biasanya dilakukan masyarakat dan warga-warga di desa sudah menyiapkan acara masing-masing.

4)MAULUDAN
Setiap bulan rabi’ulawal tahun hijriyah, sebagian besar umat islam Indonesia menyelenggarakan acara mauludan. Maksud dari acara tersebut adalah untuk mengenang hari kelahiran Rasullulah. Acara tersebut diadakan pembacaan sejarah hidup nabi Muhammad melalui kitab Al-Barzanji. Puncak acara biasanya terjadi pada tanggal 12 rabiulawwal, dimana tanggal tersebut Rasullulah dilahirkan.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *