Teknik dan Strategi Pemasaran

Nama : Eti Dwi Lestari
NPM  : 141262710
Kelas : B

TEKNIK DAN STRATEGI PEMASARAN

Pemasaran yaitu kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe/search), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal konsumen (promotion), dan mendistribusikan produk ke tempat konsumen (place), maka tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen.

Langkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru adalah
1. Menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan
2. Memilih pasar sasaran khusus
3. Menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan
4. Memilih strategi pemasaran

Strategi Pemasaran bagi usaha baru antara lain:
1. Penetrasi pasar (market penetration)
2. Pengembangan pasar (market development)
3. Pengembangan produk ( product development)
4. Segmentasi pasar (market segmentation)

Strategi penentu harga untuk barang konsumen
1. Harga di bawah harga pasar untuk produk yang sama. Strategi penentrasi harga (price penetration) adalah penetapan harga dibawah harga normal.
2. Harga di atas harga pasar. Strategi harga skimming (skimming price) adalah penetapan harga di atas harga normal. Strategi ini digunakan bila memperkenalkan produk baru ke pasar di mana terdapat sedikit atau bahkan tidak ada pesaing sama sekali.
3. Harga sama dengan harga pasar. Strategi follow-the-leader pricing. Strategi ini digunakan oleh pedagang kecil dengan mengamati berbagai kebijakan harga pesaing dan harga individual dengan meninjau periklanannya.

Fungsi-fungsi pemasaran usaha baru
1. Pembelian, yaitu memberi barang yang akan kita jual kembali.
2. Penyimpanan (penggudangan), simpan barang-barang tersebut sebaik mungkin, jangan sampai berubah bentuk, sifat, warna, ukuran, dan standar kualitas.
3. Sortir dan pengemasan, yaitu dilakukan dalam bentuk dan warna menarik, aman dari perubahan bentuk, warna, sifat, dan standar kualitas.
4. Penjualan, yaitu menyajikan barang yang agar konsumen menjadi tertarik dan melakukan pembelian.

Kritik tentang teknik dan strategi pemasaran buku kewirausahaan pedoman praktis: Kiat dan proses menuju sukses. Dr. Suryana, M.Si

Bahwa disebutkan dalam bab pemasaran mengenai tujuan pemasaran adalah barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen. Menurut saya tujuan pemasaran tidak berhenti pada ketika barang telah di beli oleh konsumen, tetapi sebaiknya tujuan utama pemasaran adalah menciptakan kepuasan bagi konsumen terhadap barang dan jasa yang dihasilkan sehingga ketika tinggkat kepuasan telah tercapai oleh konsumen maka konsumen akan membeli dan terus mempertahankan barang atau jasa yang telah kita pasarkan tersebut walau ada barang atau jasa yang lainnya.

Mengenai perencanaan pemasaran bagi usaha baru, saya sependapat ketika menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan menjadi langkah pertama dalam perencanaan pemasaran, karena untuk memulai usaha pun kita harus pandai membaca peluang, dan peluang dapat dicari dengan riset pasar atau menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan sehingga barang atau jasa yang dihasilkan langsung dibutuhkan oleh konsumen.

Seharusnya memilih strategi pemasaran ditempatkan pada langkah kedua dalam perencanaan pemasaran. Karna dengan memilih strategi yang tepat dalam memulai usaha baru adalah kunci utama. Ketika strategi pasar di rencanakan dengan sebaik baiknya maka kita tidak perlu kwatir salah ketika harus menentukan pasar sasaran khusus serta kita dapat menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan. Serta dalam strategi pemasaran terdapat indikator-indikator yaitu proble, product, price, place, dan promotion. Sehingga sebaiknya langkah kedua yaitu memilih strategi pasar dalam sebuah perencanaan pemasaran.

Mengenai penentuan harga untuk barang konsumen, Ketika menentukan harga dibawah pasar untuk produk yang sama, saya kurang setuju karena dalam pemasaran yang baik seharusnya tidak menjatuhkan produk yang telah tersedia dengan merendahkan harga dengan produk yang sama, tetapi dengan meningkatkan kualitas barang sehingga ketika produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih baik, maka dengan mudah konsumen berpindah ke produk yang sama dengan harga yang sama pula, bukan dengan harga di bawah harga pasar.

Ketika memilih stategi harga diatas harga pasar dalam sebuah strategi pemasaran sebaik nya lebih berhati hati, karena ketika dengan harga yang tinggi tetapi permintaan barang hanya sedikit, secara produsen akan menurunkan harga yang lebih rendah, tetapi dikhawatirkan pemikiran konsumen ketika produsen menurunkan harganya maka kualitasnya juga menurun, sehingga bukan bertambah permintaan produk tetapi malah semakin sedikit permintaan dan akhirnya akan terkalahkan oleh produk yang lain.

Sehingga secara keseluruhan materi yang dijelaskan dalam buku kewirausahaan Dr.Suryana, M. Si sudah jelas dan dapat dijadikan bahan bacaan, atau bahan rujukan guna mengembangkan usaha bagi pada pemula atau yang sudah berjalan, serta penjelasan yang sangat jelas dan rinci tentang poin-poin kewirausahaan dan dapat menjadi pedoman praktis dalam proses menuju sukses.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

1 thought on “Teknik dan Strategi Pemasaran”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *