Etika Bisnis dan Kewirausahaan

Nama : Oviantari Puput Agustina Vayanti
NPM : 141270710
Kelas : B
A. Norma dan Etika Bisnis
Salah satu aspek yang paling popular dan perlu mendapat perhatiandalam dunia bisnis ini adalah norma dan etika bisnis. Etika bisnis selain dapat menjamin kepercayaan dan loyalitas dari semua unsur yang berpengaruh pada perusahaan juga yang menentukan maju atau mundurnya perusahaan. Etika bisnis adalah suatu kode etik prilaku pengusaha berdasarkan nilai-nilai moral dan norma yang dijadikan tuntunan dalan berusaha. Pemilik kepentingan semua individu atau kelompok yang berkepentingan dan berpengaruh dalam keputusan-keputuan perusahaan. Yang termasuk dalam kelompok yang berkepentingan yang mempengaruhi bisnis adalah : (1) para pengusaha/ mitra usaha, (2) peteni dan pemasok bahan baku, (3) organisasi pekerja, (4) pemerintah, (5) bank, (6) investor, (7) masyarakat umum, (8) pelanggan dan konsumen.

B. Prinsip-prinsip Etika dan Prilaku Bisnis
10 prinsip etika yang mengarahkan prilaku : (1) Kejujuran, (2) Integrasi, (3) Memelihara janji, (4) Kesetiaan, (5) Kewajaran atau Keadilan, (6) Suka Membantu orang Lain, (7) Hormat kepeda orang lain, (8) warga negara yang bertanggung jawab, (9) Mengejar keunggulan, (10) Dapat di pertanggung jawabkan.

C. Cara-cara Mempertahankan Standar Etika
1. Ciptakan kepercayaan Perusahaan, kepercayaan perusahaan dalam menetapkan nilai-nilai perusahaan yang mendasari tanggung jawab etika bagii pengguna kepentingan.
2. Kembangkan kode Etik, kode etik merupakan catatan tentang standar tingkah laku dan prinsip-prinsip etika yang diharapkan perusahaan dari kariyawan.
3. Jalankan kode etik secara adil dan konisten
4. Lindungi hak perorangan
5. Adakah pelatihan etika
6. Lakukan audit etika secara periodic
7. Pertahankan standar tinggi tentang tingkah laku, tidak hanya aturan
8. Hindari contoh etika yang tercela setiap saaat dan etika diawali dari atasan
9. Ciptakan budaya yang menekankan komunikasi dua arah
10. Libatkan kariyawan dalam mempertahankan standar etika.

Mengkritisi Buku Kewirausahaan Pedoman Praktis : Kiat dan Proses Menuju Sukses Etika Bisnis dan Kewirausahaan
Dalam buku Kewirausahaan yang di tulis oleh Dr. Suryana, M.Si. menjelaskan tentang norma dan etika bisnis, etika bisnis sangat penting untuk mempertahankan kesetiaan pemilik kepentingan dalam memecahkan persoalan saya setuju dengan pendapat itu namun di dalamnya tidak di jelaskan para pemilik kepentingan kunci (key stakeholders).
Dalam bab norma dan etika bisnis di buku tersebut sudah di jelaskan pengertian etika bisnis dan pengertian pemilik kepentingan yang sangat jelas dan tidak muluk-muluk, karena dalam buku kewirausahaan ini di jelaskan pengertian secara detail dan pengertian secara singkat di bagian kanan atau kiri buku. saya langsung mengerti dan paham apa yang di tulis oleh penulis karena dalam buku ini langsung menjurus kepada materi.
Kemudiam dalam prinsi-prinsip etika dan perilaku bisnis, dijelaskan ada 10 prinsip yamg meliputi kejujuran, integritas, memelihara janji, kesetiaan, keadilan, suka membantu orang lain, hormat kepada orang lain, warga Negara yang bertanggung jawab, mengejar keunggulan, dan dapat di pertanggung jawabkan. prinsip prinsip itu sudah bagus / baik dan sudah mencakup semua aspek jika di terapkan atau di praktekkan dalam kewirausahaan .
Dalam sub bab cara-cara mempertahankan standar etika, tujuannya untuk memahami cara-cara mempertahankan standar etika bisnis didalamnya ada kembangkan kode etik dimana di tuliskan banyak sekali topic topic yang ada pada suatu kode etik sayangnya dalam buku ini tidak ada penjelasan lebih lanjut tentang topic-topik khas tersebut sehingga sedikit sulit untuk memahaminya.
Tanggung jawab perusahaan selain etika tanggung jawab tidak kalah penting dalam sebuah perusahaan, tangtgung jawab social menyeimbangkan komitmen komitmen yang berbeda menurut buku yang ditulis oleh suryana ini ada beberapa macam pertanggungjawaban perusahaan yaitu tanggug jawab terhadap lingkungan, tanggung jawab terhadap kariyawan, tanggung jawab kepada pelanggan, tanggung jawab terhadap investor, tanggung jawab masyarakat
Menurut saya pertanggung jawaban yang sudah tertera dalam buku kewirausahaan suryana ini sudah mencakup semua aspek, diamana dalam satu macam pertanggung jawaban ada poin-poin tambahan yang ditambahkan seperti dalam pertanggung jawaban terhadap kariyawan dilakukan dengan cara mendengarkan dan menghormati pendapat kariyawan, meminta dan mengimput kepada kariyawan, member umpan balik positif maupun negative, membiarkan kariyawan mengetahui apa yang sebenarnya mereka harapkan, member imbalan kepada kariyawan yang bekerja dengan baik, dan member kepercayaan kepada kariyawan.
Secara keseluruhan buku kewirausahaan Dr. Suryana, M.Si. sudah baik dan pantas untuk dijadikan acuan untuk pemula dalam berwirausahan maupun untuk mahasiswa yang sedang belajar tentang kewirausahaan, yang saya sarankan untuk buku kewirausahaan ini adalah jenis kertas yang digunakan dalam buku ini kurang baik atau buram oleh karena itu kertas jadi mudah robek dan banyak kata atau kalimat – kalimat yang tidak jelas bahkan tidak terbaca, tampilan cover sudah baik namun untuk tampilan dalam buku kurang menarik.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *