Rancangan Bisnis untuk Perusahaan Rintisan

Business Plan atau rancangan bisnis ini memuat beberapa teks yang bersifat naratif dan beberapa lembar neraca keuangan. Yang bersifat naratif adalah konten utama. Ada sekira 150 pertanyaan yang dibagi ke dalam beberapa bagian. Bebas dimulai pada bagian mana saja. Adapun ringkasan eksekutif dikerjakan paling akhir. Lewati pertanyaan yang tidak relevan dengan bisnis Anda. Setelah selesai, Anda bisa menuliskan kembali dalam esai singkat dan cantumkan di bagian ringkasan eksekutif.

Rancangan bisnis atau business plan ini tidak memiliki produk akhir yang bisa dijual, tetapi rancangan bisnis akan memberikan panduan cara berpikir dan mengkaji bisnis secara sistematis. Perancangan membantu Anda untuk memikirkan hal-hal penting dalam fondasi bisnis secara mendalam dan sistematis sekaligus kritis. Kerjakan semaksimal mungkin dan jangan khawatirkan jika ada kesalahan, karena toh nantinya akan menemukan jalan yang paling efektif.

Rancangan bisnis atau busines plan ini bersifat sangat umum yang dibuat semaksimal mungkin untuk bisa diterapkan di berbagai jenis bisnis. Sebab itu, Anda perlu memodifikasi rancangan bisnis ini sesuai lingkungan bisnis yang Anda jalankan. Memang butuh waktu untuk membuat rancangan yang baik, tapi hal ini akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis nantinya. Oya, jangan lupa untuk lebih serius dalam kalkulasi keuangan. Karena salah satu nyawa bisnis Anda ada di situ.

Anda bisa memilih versi Rancangan Bisnis Perusahaan Rintisan atau versi Business Plan for Start-up.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *