Tradisi Bulu Bekti di Metro

Di Kelurahan Ganjar Asri Kecamatan Metro Barat Kota Metro memiliki beberapa desa , salah satunya yaitu desa tempat saya tinggal. Dari semua desa yang ada di kelurahan Ganjar Asri , hanya desa tempat tinggal saya tinggallah yang memiliki kebiasaan yang berbeda dengan desa-desa yang ada di kelurahan Ganjar Asri lainny . Kebiasaan yang ada di desa tempat saya tinggal ialah “Bulu Bekti”, kebiasaan Bulu Bekti yang ada di desa tempat saya tinggal sudah ada sejak dahulu.

Bulu Bekti merupakan penarikan uang kepada setiap kepala keluarga , dimana penarikan uang Bulu Bekti tersebut dilakukan setiap satu bulan sekali. Jumlah penarikan uang Bulu Bekti tentu sudah sesuai dengan hasil musyawarah bersama. Fungsi dari penarikan uang Bulu Bekti ialah apabila ada salah satu anggota masyakat desa tempat saya tinggal yang meninggal, pihak keluarga tidak perlu lagi mengeluarkan dana untuk membayar pekerja penggali kuburan , uang makan , uang tarup dan segala kebutuhan yang dibutuhkan untuk proses pemakaman. Karena uang penarikan Bulu Bekti itulah yang untuk membayar segala kebutuhan.

Kebiasaan Bulu Bekti tersebut mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat, mereka sangat antusias untuk meneruskan kebiasaan tersebut dari waktu ke waktu. Bagi masyarakat desa saya , karena adanya Bukti Bekti tersebut setidaknya dapat mengurangi beban biaya bagi pihak keluarga. Oleh karena itu , kebiasaan Bulu Bekti yang ada di desa tempat saya tinggal hingga sampai saat masih di pertahankan oleh masyarakat sekitar .

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *