Tradisi yang Terkait dengan Perilaku Keagamaan

MAULID NABI
Tradisi yang terkait dengan prilaku keagamaan islam yang ada di lingkungan saya salah satunya adalah tradisi maulid Nabi. di lingkungan saya biasanya di rayakan dengan acara kumpul bersama seluruh masyarakat sekitar.setiap satu keluarga itu wajib membawa nasi uduk dan ayam panggang kemudian di kumpulkan menjadi satu di dalam musholla yang ada di dekat rumah. Semua warga berkumpul pada ba’da mahgrib-menjelang isya. setelah semua warga masyarakat sekitar berkumpul.kemudian berdoa bersama-sama.setelah berdoa barulah nasi uduk dan ayam panggang di bagi-bagikan secara merata kepada semua yang hadir. Kemudian makan bersama,seluruh warga masyarakat baik yang muda maupun yang tua saling membaur menjadi satu.

MALEMAN Tradisi kedua yang ada di lingkungan saya adalah biasa di sebut dengan (Maleman) maleman merupakan acara yang dilakukan setiap malam menjelang puasa dan menjelang lebaran idul fitri.acara ini hampir sama seperti yasinan.tapi yang membedakannya adalah.dalam acara ini para bapak-bapak yang hadir membawa besek masing-masing setiap orang harus membawa 5 besek yang di dalamnya berisi nasi,dan lauk pauk yang sekiranya pantas dan para bapak-bapak membawanya dengan menggunakan baskom yang besar kemudian semuanya mengumpulkannya di rumah pemuka adat setempat setelah sampai di tempat pemuka adat ( orang yang di tua kan) mereka melakukan doa bersama-sama dan doa tersebut di pimpin oleh seorang ustad dan diikuti oleh semua warga.

setelah semua acaranya selesai.antara orang yang satu dengan orang yang lain saling bertukar besek jadi setiap orang bertukaran besek, kemudian setelah bertukaran besek, setiap orang membawa pulang 4 besek.karena yang satu beseknya lagi dikumpulkan untuk diberikan kepada warga yang tidak mampu membuat besekan dalam acara ini, dikarenakan keterbatasan dana. Tradisi ini merupakan salah s

Dengan masih adanya Tradisi yang terkait dengan prilaku keagamaan islam yang ada di lingkungan saya. Masyarakat yang ada di sekitar saya menjadi membaur satu sama lain. Seharusnya tradisi islam ini harus selalu di lestarikan agar menumbuhkan keharmonisan antar sesama masyarakat . sehingga tidak menimbulkan perpecahan dan pertentangan yang ada saat ini.

NAMA:ERNI YULIANA (1602100029)
PRODI: S1 PERBANKAN SYARIAH
KELAS: (B)
SEMESTER: 1

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *