Syawalan dan bodo kupat / lebaran ketupat

Syawalan dan bodo kupat / lebaran ketupat adalah suatu tradisi agama islam yang di lakukan secara turun-menurun dan di laksanakan pada bulan syawal yang ke 8 dan 10.
sebelum di rayakannya syawalan, biasanya di lakukan puasa syawal sebanyak 7 hari yang di mulai pada syawal ke 2 sampai syawal ke 8.Pada malam ke 8 barulah di adakannya syawalan yang mana setiap warga desa berbondong-bondong menuju ke masjid dengan membawa berkatan atau makanan yang di tempatkan pada wadah dan di bungkus dengan plastic.setelah sholat isya acara syawalan tersebut, barulah akan di mulai dan di awali dengan menata berkatan di tengah-tengah lalu di do’akan. setelah itu di bagikan kepada setiap warga yang beradaa di masjid tersebut.
Setelah merayakan syawalan, pada malam syawal ke 10 juga ada sebuah tradisi agama islam yang biasa di sebut dengan bodo kupat / lebaran ketupat.Tidak jauh berbeda dengan syawalan tetapi bodo kupat ini memiliki cirri has pada makan yang akan di bawa ke masjid seperti tumpeng, ketupat, ingkung biasanya di sebut dengan ambengan,yang di siapkan di atas nampan besar dan di lapisi dengan daun pisang. setelah sholat isya acara bodo kupat tersebut, barulah akan di mulai dan di awali dengan menata ambengan di tengah-tengah lalu dimulailah pembacaan manaqib dan do’a. Setelah semua telah selesai barulah di adakannya banca’an atau memakaan ambengan secara bersama-sama.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *