Isra Mi’raj

Isra’ Miraj adalah merupakan salah satu peristiwa prerjalan yang dilakukan oleh nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Peristiwa ini terjadi malam 27 rajab tahun ke-10 kenabian.

Isra’ Miraj juga merupakan salah satu tradisi yang sampai sekarang masih dirayakan didesa saya, salah satunya mengadakan pengajian di masjid.

Masyarakat didesa saya juga biasanya menyebut tradisi ini dengan istilah “RAJABAN” .

Biasanya pada awal acara kita mulai dengan membaca basmallah setelah kita bersama-sama membaca surah yassin.

Kegiatan ini selalu dilakukan dari tahun ketahun,awalnya kapan saya belum tahu tetapi sejak saya masih kecil kegiatan ini sudah ada didesa saya. Selain meningkatkan tali silaturahmi antar warga acara ini juga mengandung banyak hikmah yang dapat kita ambil dari peringatan isra’ miraj nabi Muhammad SAW. Ustadz biasanya akan memberikan tauziah mengenai peringatan ini. Setelah itu kita bersama-sama melalukan shalat isya berjamaah dan dilanjutkan makan bersama.

Biasanya masyarakat didesa saya melakukan tradisi seperti diwajibkan satu keluarga membawa “takir” tetapi seiring perkembangan zaman masyarakat didesa saya juga ada yang membawa “nasi bungkus” dari tiap satu keluarga biasanya membawa 4 bungkus atau lebih. Setelah itu makanan akan dijadikan satu dengan yang lain dan setiap orang akan mendapatkan nasi yang bukan miliknya.

Disini kita makan bersama-sama, tidak ada makanan yang dibawa pulang kerumah harus ditempat dan harus pada waktu itu juga memakannya karena masyarakat didesa saya menginginkan agar kebersamaan dan kekeluargaan didesa saya terjaga. Hal ini sebenernya tidak wajib dilakukan disetiap daerah atau desa tetapi tradisi ini masih berkembang didesa saya dan akan terus turun menurun dari waktu kewaktu.

 

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *