Berjanjen dan Peringatan Maulid Nabi SAW

Nama :Siti aisah
Kelas : B
NPM : 1602100248
Berjanjen dan Peringatan Maulid Nabi SAW
Berjanjen adalah suatu pembacaan risalah aahlul bait Rasulullah SAW. Maupun risalah-risalah perjuangan rasulullah SAW. Dari awal perjuangan sampai akhir yang penuh suka dan duka. Berjanjen ini diadakan setiap malam jum’at yang dibacakan dan disholawat kan secara bersama-sama pada lingkungan tempat saya tinggal. Diadakan berjanjen ini guna untuk lebih mencintai rasulullah SAW. Melalui perbanyak sholawat.
Adapun tata cara berjnjen yang dilakukan didalam masjid secara bersama yang dilengkapi dengan peralatan pengiring sholawat yaitu rebbana, yang biasanya rebbana ini dibawakan oleh para lelaki. Berjanjen disini adaa tahapannya, yang pertama dilakukannya sulukan yang mana sulukan ini dipimpin oleh satu orang dan di ikuti para jamaah. Dan yang kedua pembacaan sholawat yang dilakukan bersama-sama dan diiringi oleh rebbana. Hal ini dilakukan secara selang-seling atau bergantian. Ada juga dari pengakhiran berjanjen ini yaitu asrokolan dan doa. Asrokol ini dibacakan dengan bernada dan dilakukan dengan berdiri. Setelah itu duduk kemudian doa. Inilah yang dilakukan pada setiap satu mingg sekali.
Dalam peringatan Nabi SAW ada kaitannya dengan berjanjen . peringatan Maulid Nabi SAW yang dilakukaan pada setiap tanggal 12 rabi’ul awwal. Dalam peringatan ini juga diadakan sholawat yang sebanyak-banyak nya dan asrokol yang dilakukan bersama-sama. Kegiatan ini dilakukan di dalam masjid yang diikuti oleh para masyarakat sekitar yang di kompakkan dengan membawa berbagai makanan dan minuman guna untuk makan bersama setelah acara selesai. Kegiatan ini diikuti oleh bapak-bapak, ibu-ibu dan juga anak-anak.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *