Tradisi Perilaku Keagamaan Islam Unik

1. Tradisi yang dilakukan pada saat malam jum’at yaitu pertama-tama kami berkumpul sore hari untuk mempersiapkan cemilan, setelah memasuki sholat Magrib, kami sholat berjama’ah lalu dilanjutkan membaca Surah Yasin bersama, setelah membaca yasin selesai kami semua makan cemilan seperti gorengan, kue, dan lain-lain sambil menunggu waktu sholat Isya’. Disini kami mengambil hikmah seperti saling tegur sapa dengan tetangga, kebersamaan, dan mempererat silahturahmi.
2. Tradisi setiap selesai sholat Idul Fitri dan Idul Adha yaitu waktu malam takbir kami semua berkumpul bersama mempersiapkan makanan untuk besok, besok harinya kami semua berkumpul di masjid untuk sholat Idul Fitri/ Idul Adha bersama, selesai sholat kami semua bersalam-salaman lalu dilanjutkan makan bersama. Setelah makan bersama kami semua keliling kerumah satu persatu yang datang ke masjid untuk bersilahturahmi.
3. Tradisi setiap hari-hari besar Islam yaitu setiap hari besar Islam seperti Isra’ Mi’raj, Maulid Nabi, Tahun Baru Islam dan lain-lain kami semua mengadakan pengajian di masjid setiap habis sholat Isya’. Pengajian diisi bukan dengan orang dewasa, tetapi dengan anak-anak TPA seperti pembawa acara, Qiroah Al-Qur’an, pembacaan doa, penceramah, dan lain-lain. Semua itu untuk mengajarkan keberanian anak-anak untuk tampil dihadapan orang banyak. Tidak hanya mengadakan pengajian, setiap orang membawa snack atau besek untuk dibawa dan saling tukar menukar makanan.
PUTRI HANDAYANI
1602100169
Mahasiswi Semester 1 Kelas B Prodi S1
Perbankan Syari’ah IAIN Metro

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *