Doktrin Kepercayaan Agama

Nama : Rosiana Dwi Lestari

Kelas : B

Npm : 1602100065

Prodi : s1 PBS

 

DOKTRIN  KEPERCAYAAN  AGAMA

Doktrin adalah ajaran norma yang diambil dari wahyu Allah yang diturunkan tuhan, bisa diartikan juga sebagai pemikiran filosofis secara mendalam yang mengandung kebenaran yang sudah tidak bisa diganggu gugat lagi karana bersifat mutlak.

Pembuktian Adanya Tuhan dengan Fikiran

Manusia telah diberikan kenikmatan oleh Allah, yaitu akal fikiran yang membuat kita melebihi makhluk –makhluk lain yang ada dimuka bumi ini. Dengan fikiran manusia dapat mencapai kemajuan yang besar, terkadang manusia tidak hanya puas saja dengan perubahan-perubahan  yang ada, tetapi mencari kemajuan nilai-nilai kerohanianyang menjadi pegangan hidup manusia.

Kesimpulan pastinya wujud Tuhan sama dengan kepastian 2+2=4 (artinya sudah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat lagi). Karna kita juga tidak boleh dan tidak bisa mengatakan bahwa Allah bukanlah Tuhan kita. Bagaimnana tidak, karna sudah sangat jelas seklai bagi kita uamt islam kebenaran Tuhan pun benar adanya. Banyak sekali penjelasan tentang Allah dan kebesarannya di dalam Al-Qur’an.(DR.H.HAMZAH YA’QUB.1992,14)

 

Aspek-aspek Doktrin Kepercayaan Agama

Iman kepada Allah

Wajib bagi kita untuk percaya dan beriman kepada Allah, karna Allah itu esa, tidk ada seorang pun yang bisa memiliki sifat sepertinya. Allah telah menganugerahkan akal fikiran kepada umat manusia yang tentunya dalam ruang lingkup yang terbatas. Yang maksudnya jika ada masalah yang tidak bisa terselsaikan oleh akal, maka masih ada cara lain untuk menyelasikannya yaitu dengan dzat Allah (QS Al-Anam)

 

Iman Kepada Malaikat dan Rasul allah

Malaikat adalah makhluk gaib, tidak tampak oleh mata, bukan jenis wanita ataupun laki-laki. Malikat adalah makhluk  yang diperintahkan Allah untuk mengerjakan tugas dan perintahnya. Kita percaya bahwa bahwa malaikat itu sealalu mengelilingi kita diamana pun kita berada, dia selalu mnegetahui tingkah laku kita. Karna malikat adalah makhluk pilihan allah yang tidak berbuat dosa dan tidak pernah membantah perintah dari Allah.

Doktrin islam mengajarkan agar setiap orang islam beriman kepada semua Rasul yang diutus oleh Allah SWT.

Secara bahasa , adalah orang yang diutus. Artinya ia diutus untuk menyampaikan berita rahasia, tanda-tanda yang akan datang, dan misi atau risalah . secara termonologi Rasul adalah orang yang diutus oleh Allah SWT untuk memyampaikan kepada ummatnya.

 

Iman kepada kitab Allah

Kitab –kitab ini diartikan sebagai ketetapan,hokum, perintah suci dari  allah yang diturunkan untuk manusia sebagi pedoman hidup di dunia (al-qur’an).

Kita selaku uamat manusia wajib percaya kepada kitab-kitab yang diturunkan Allah. Karna didalamnya terdapat peraturan-peraturan dan larangan yang bersumber  dari Allah.

 

 

Rujukan

Drs. Kaelany HD, MA.islam iman dan amal shaleh.2000

Dr.h. Hamzah yaqub, filsafat agama,1992

Drs. Harjoni.agama islam dalam pandangan filosofis.2012

 

Catatan dosen

  1. Tulisan sudah lumayan bagus. Masih banyak salah ketik dan ejaan. 
  2. Tema adalah doktrin agama (umum), tidak hanya Islam ya…
  3. Plagiasi 11%, masih ditoleransi.

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *