Wahyu/Ayat Qur’aniyah dalam Islam

WAHYU/AYAT QUR’ANIYAH DALAM ISLAM
Tugas Ini Disusun Guna Memenuhi Tugas Ujian Tengah Semester
Mata Kuliah Metodologi Studi Islam
Dosen Pengampu:
M. Nasrudin, M.H.

Disusun Oleh:
MITHA YOVANKA ANGELIA SARI (1602100233)

Kelas/Semester :A/1

J U R U S A N SYARIAH
PROGRAM STUDI S1 PERBANKAN SYARI’AH (PBS)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) JURAI SIWO METRO
TA. 2016/2017

 

Ayat Quraniyah (al-Quran/ al-Sunnah) adalah pedoman dalam ibadah, hablun min Allah termasuk ibadah mahdhah (khusus).Selain itu alqur’an adalah kitab suci umat islam yang diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad SAW.Sebagai petunjuk dan pedoman hidup Alqur’an perlu dibaca,dipelajari dan diperoleh maknanya untuk diamalkan.
Contoh: manusia yang beriman kepada Allah harus melaksanakan berbagai kewajiban
seperti: shalat, puasa, zakat, dan haji sesuai dengan aturan yang ditetapkan-Nya.

Berikut ini fakta-fakta yang telah digambarkan Al-Quran jauh sebelum kita lahir di dunia, dan sekarang telah terjadi di Palestina.

1. Adanya Yahudi yang Sadis & Bengis terhadap orang muslim, serta senantiasa melanggar perjanjian.

Allah SWT berfirman :

لَتَجِدَنَّ أَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِلَّذِينَ آمَنُوا الْيَهُودَ وَالَّذِينَ أَشْرَكُوا ۖ وَلَتَجِدَنَّ أَقْرَبَهُمْ مَوَدَّةً لِلَّذِينَ آمَنُوا الَّذِينَ قَالُوا إِنَّا نَصَارَىٰ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّ مِنْهُمْ قِسِّيسِينَ وَرُهْبَانًا وَأَنَّهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ
Artinya:
Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya kami ini orang Nasrani”. Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri.(Q.S Al-Maidah 82).

Kemudian dalam ayat yang lain Allah SWT memberitahukan kepada Rasulullah
SAW tentang karakter Yahudi :

الَّذِينَ عَاهَدْتَ مِنْهُمْ ثُمَّ يَنْقُضُونَ عَهْدَهُمْ فِي كُلِّ مَرَّةٍ وَهُمْ لَا يَتَّقُونَ
Artinya:
(Yaitu) orang-orang yang kamu telah mengambil perjanjian dari mereka, sesudah itu mereka mengkhianati janjinya pada setiap kalinya, dan mereka tidak takut (akibat-akibatnya”).(Q.S Al-Anfal 56).

Inilah fakta lain tentang Yahudi yang sudah diungkapkan Al-Quran sejak awal adanya Islam. (Supiana,2012:106)

2. Adanya kaum muslimin yang terusir dan terbunuh di Palestina karena keyakinan mereka berislam.

Allah SWT berfirman :
الَّذِينَ أُخْرِجُوا مِنْ دِيَارِهِمْ بِغَيْرِ حَقٍّ إِلَّا أَنْ يَقُولُوا رَبُّنَا اللَّهُ ۗ وَلَوْلَا دَفْعُ اللَّهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَهُدِّمَتْ صَوَامِعُ وَبِيَعٌ وَصَلَوَاتٌ وَمَسَاجِدُ يُذْكَرُ فِيهَا اسْمُ اللَّهِ كَثِيرًا ۗ وَلَيَنْصُرَنَّ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ

Artinya:
(yaitu) orang-orang yang telah diusir dari kampung halaman mereka tanpa alasan yang benar, kecuali karena mereka berkata: “Tuhan kami hanyalah Allah”. Dan sekiranya Allah tiada menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentulah telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadat orang Yahudi dan masjid-masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa (Q.S Al-Hajj 40).

Al-Quran begitu jelas menggambarkan fakta adanya orang-orang yang terusir dan teraniaya ‘hanya’ karena mereka teguh memegang aqidah mereka. Penderitaan penduduk Palestina hari ini dan sejak setengah abad yang lampau adalah bukti nyata fakta al-Quran di atas. Mereka teguh dengan agama mereka, yakin dengan kemuliaan Islam, karenanya mereka tidak rela Masjid Al-Aqsho tempat mereka beribadah kepada Allah swt. dikuasai oleh kaum Israel. Maka merekapun bertahan, merekapun melawan, mempertahankan tanah kemuliaan Islam dari jajahan Israel. Karena semua alasan mulia itulah hari ini banyak warga Palestina meregang nyawa. (Al-ghazali,2003:56-75)

3. Ada banyak kaum banyak kaum muslimin lemah tidak berdaya . Ada perubahan besar terjadi pada gaya hidup sebagian besar kaum muslimin. Banyak negara muslimin dijajah oleh negara-negara Barat dan penduduknya pun mulai mengikuti gaya hidup orang Barat yang materialis. Akibatnya, cinta harta dan dunia dalam kehidupan kaum muslimin.

Pada saat itulah, jihad yang membentengi kemuliaan Islam mulai hancur. Al-Quran telah menggambarkan fakta tersebut dengan jelas .

Allah SWT berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَا لَكُمْ إِذَا قِيلَ لَكُمُ انْفِرُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ اثَّاقَلْتُمْ إِلَى الْأَرْضِ ۚ أَرَضِيتُمْ بِالْحَيَاةِ الدُّنْيَا مِنَ الْآخِرَةِ ۚ فَمَا مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا فِي الْآخِرَةِ إِلَّا قَلِيلٌ

Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, apakah sebabnya bila dikatakan kepadamu: “Berangkatlah (untuk berperang) pada jalan Allah” kamu merasa berat dan ingin tinggal di tempatmu? Apakah kamu puas dengan kehidupan di dunia sebagai ganti kehidupan di akhirat? Padahal kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) diakhirat hanyalah sedikit (Q.S At-Taubah 38).

Gambaran seperti inilah yang juga terjadi di Palestina, keangkuhan Israel dalam membombardir Palestina dengan penuh percaya diri, salah satunya karena mereka yakin tidak ada satu negara muslim pun yang berani mengirimkan pasukannya membela Palestina atas nama jihad.

4. Ada kelompok yang senantiasa mengusung tinggi jihad untuk menegakkan kalimatullah tanpa ragu dan gentar.

Allah SWT berfirman :
مِنَ الْمُؤْمِنِينَ رِجَالٌ صَدَقُوا مَا عَاهَدُوا اللَّهَ عَلَيْهِ ۖ فَمِنْهُمْ مَنْ قَضَىٰ نَحْبَهُ وَمِنْهُمْ مَنْ يَنْتَظِرُ ۖ وَمَا بَدَّلُوا تَبْدِيلًا

Artinya:
“Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu- nunggu dan mereka tidak merubah (janjinya) (Q.S Al-Ahzaab 23).

Al-Quran, menyebutkan fakta akan adanya golongan yang senantiasa ’setia’ untuk memperjuangkan kejayaan Islam. Bahkan meskipun diantara mereka banyak yang telah berguguran, tidak sedikitpun membuat keteguhan/percaya diri mereka untuk berjihad mundur dan luntur. Termasuk tuduhan bahwa Hamas merupakan faham Syiah Rafidhah .semua itu harus dibuktikan dengan jelas harus oleh si penuduh.(Shihab,2009:348-368)
DAFTAR PUSTAKA

Prof.Dr.Supiana,M.Ag. 2012.Metodologi Studi Islam.Jakarta:UIN Jakarta.

Syeikh Muhammad Al-ghazali. 2003 .Al-qur’an Kitab Zaman Kita. Jakarta: Mizan publishing.

M.Quraish Shihab. 2009.Membumikan AL-QUR’AN.Jakarta:Mizan Publishing.

 

Catatan

  1. Pertanyaan adalah tentang Wahyu Quraniyah, kok yang dibahas tentang Palestina?
  2. Plagiasi 46%.

Yang Tak Kalah Menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *