Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Kehidupan Manusia

 NAMA           : RIRIN DESMAWATI

KELAS          : A S1 PERBANKAN SYARIAH SEMESTER 1

NPM               : 1602100061

TUGAS          : UTS METEDOLOGI STUDI ISLAM

 

  UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

  1. pengertian kebudayaan

Kata “kebudayaan” berasal dari bahasa sansekerta “budhayah”, ialah bentuk jamak dari “budhi” yang berarti “budhi” atau “akal”. Demikian, ke-budaya-an dapat diartikan “hal-hal yang bersangkutan dengan budi dan akal” . jadi kebudayaan adalah hasil budidaya manusia dalam kehidupan bersama dalam suatu ruang dan waktu, yang kemudian di wariskan kepada generasi mudanya untuk dikembangkan lebih lanjut dari generasi ke generasi. Unsur-unsur yang mendorong lahirnya pemikiran-pemikiran masuknya kebudayaan dalam masyarakat yang meliputi segala aspek kehidupan (hidup rohaniah) dan penghidupan (hidup jasmaniah) manusia, yaitu (Fadil, 2008: 11) :

  1. Sistem religi dan upacara keagamaan
  2. Sistem dan organisasi kemasyarakatan
  3. Sistem pengetahuan
  4. Bahasa
  5. Kesenian
  6. Sistem mata pencaharian hidup dan
  7. Sistem teknologi dan peralatan

Susunan tata-urut dari unsur-unsur kebudayaan seperti tercantum diatas menggambarkan unsur-unsur mana yang paling sukar berubah atau diganti dengan unsur-unsur masyarakat yang masuk dari kebudayaan lain, karena ada kalanya unsur dari suatu unsur lebih sukar masuk dan dirubah dari pada unsur-unsur alami yang langsung diturunkan dari nenek moyang. .(Mahfud, 2011: 185)

B.Wujud nyata masuknya kebudayaan dalam masyarakat

kebudayaan sering disebut sistem sosial, mengenai kelakuan berpola dari manusia itu sendiri. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas manusia-manusia yang saling berinteraksi,berhubungan,serta bergaul satu dengan yang lain dari detik ke detik, dari hari ke hari, dan dari tahun ke tahun, dan selalu mengikuti pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata-kelakuan. Kebudayaan juga disebut kebudayaan fisik dan memerlukan keterangan banyak. Karena merupakan seluruh total dari hasil fisik dan aktifitas perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat maka wajar saja kebudayaan dengan begitu mudahnya masuk kedalam masyarakat(Abu Bakar,2008:06)

Karena tujuan kebudayaan sendiri untuk menyempurnakan menyejaterakan manusia, baik sebagai individu maupun masyarakat, atau individu dan masyarakat lainnya sekaligus kebudayaan merupakan jawaban atas tantangan, tuntunan dan dorongan antara diri manusia dan dari ekstra diri manusia bahwa kebudayaan manusia itu mengalami proses tumbuh berkembang, mengalami proses pasang surut bahkan mungkin pula mengalami kepunahan, tergantung kepada masyarakat pendukungnya, untuk melihara atau mengembangkannya. Proses pemeliharaan dan pewarisan kebudayaan tergantung kepada usaha atau proses pendidikan yang berlangsung dalam masyarakat yang bersangkutan.

Jadi, menurut saya kesimpulan dari judul “UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN DALAM KEHIDUPAN MANUSIA” kebudayaan yang masuk kedalam masyarakat itu yang mecakup kebudayaan yang masih sederhana yang sedang mengalami proses perkembangannya, maupun kebudayaan yang sudah berkembang maju atau modern jadi wajar saja kalau kebudayaan dengan mudahnya masuk kedalam kehidupan manusia.

 

Catatan

  1. Cukup menjawab soal meski belum tuntas
  2. Referensi belum ada
  3. Plagiasi 13%

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *