Sumber Pengetahuan dalam Islam

Di dalam sumber pengetahuan islam terdapat beberapa aliran yang merupakan aliran yang besar dalam kaitannya dengan teori pengetahuan (epistemology) mencakup tiga pengetahuan yaitu: bayani,irfani dan burhani.

a.Pengetahuan bayani
bayani berarti al-bayan yang artinya penjelasan.metode bayani ini berkembang paling awal sebelum dunia islam mengalami hubungan dengan dunia luar Di dalam metode bayani ini mampu membentuk keberagaman dan mampu melahirkan kebahasaan dan keagamaan.dan juga mampu mengembangkan dasar dari peradaban dan ilmu pengetahuan. pengetahuan bayani ini menemukan momentumnya saat dia mampu membentuk suatu epistemology ilmu dalam bentuk teori pokok dan teori cabang.

(abu yasid:2012) bayani juga bertujuan untuk memahami teks untuk menemukan makna yang terkandung di dalam analisis yang telah dilakukan manusia itu sendiri. (Hasyim Hasanah:2013,72) corak epistemologi bayani ini di dukung oleh pola pikir fiqih dan kalam. pemikiran dalam islam sangatlah banyak yang menggunakan pengetahuan bayani ini, karna bayani ini bersifat kepemimpinan, maka dengan adanya seorang pemimpin dalam suatu pemikiran maka akan memotivasikan para anggotanya untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. (Jabiri:2003,169)

b.pengetahuan irfani
metode irfani ini dianggap sebagai pengetahuan yang memiliki posisi yang paling tinggi. Kenapa demikian karena metode irfani ini menyatu secara otomatis dengan hati.apabila seseorang ingin memperoleh pengetahuan irfani ini maka orang tersebut harus memiliki kesungguhan,ketulusan dan keistikamahan yang sungguh-sungguh dari hatinya karna metode irfani ini sangat erat kaitannya dengan hati. Dan pengetahuan irfani ini hanya bisa diperoleh oleh orang-orang yang memiliki derajat yang tinggi seperti seorang wali dan orang-orang suci yang telah memiliki derajat yang tinggi.sehingga apabila ada sesuatu yang tidak terlihat oleh kebanyakanorang.maka akan begitu terlihat jelas bagi mereka.(abu yasid:2012,30) metode ini berfungsi untuk menemukan sebuah rahasia yang berkaitan dengan pengetahuan, apabila kita memiliki hati yang suci maka tuhan pula akan melimpahkan semua pengetahuannya secara langsung kepada kita. (Hasyim Hasanah:2013,72)

c.pengetahuan burhani
Al-burhan dalam bahasa arab berarti argumentasi yang jelas dan kuat.burhani juga dapat membuktikan keterangan mengenai sesuatu hal yang sedang terjadi dengan tegas dan jelas. Dalam tradisi burhani tujuannya adalah untuk menetapkan semua aturan-aturan yang di gunakan untuk menentukan cara kerja akal manusia untuk mencapai kebenaran yang dapat di perolehnya.(Hasyim Hasanah:2013,73) metode burhani ini sangat bertumpu sepenuhnya kepada kemampuan dan daya pikir manusia dalam memperoleh pengetahuan. metode burhani ini sangat mengedepankan nalar yang universal yang artinya pemikiran tentang sesuatu yang bersifat menyeluruh jadi tidak hanya terfokus dalam satu pemikiran saja melainkan terfokus dalam semua pemikiran.mengapa di katakan demikian karna metode burhani ini ada, untuk menanggapi ilmu pengetahuan yang ada dan di yakini benar keberadaannya.(abu yasid:2012,30)

Nama penulis: ERNI YULIANA (1602100029) Mahasiswi semester:1 KLS:B PRODI:perbankan syariah IAIN Metro

Rujukan
Hasanah,Hasyim.2013.pengantar studi islam.yogyakarta: Ombak Yasid,abu.2012.metodologi penafsiran teks memahami ilmu ushul fiqh sebagai epistemology hukum.jakarta:Erlangga Abid,Jabiril.2003.model epistemology islam.yogyakarta:jendela

 

Catatan

  1. Sudah menjawab pertanyaan
  2. Catatan perut berada di belakang kalimat yang dikutip, bukan di depan.
  3. Plagiasi 0%

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *