Sumber Ajaran Islam (1): Al-Qur’an

Nama: Siti aisah
Npm :1602100248
Kelas: S1-PBS (B)

SUMBER AJARAN ISLAM AL-QUR’AN

1. Pengertian Al-Qur’an
A. Pengerian Secara Etimologi
Para ulama mengatakan cara melafalkan Al-qur’an yang menggunakan hamzah terpecah menjadi dua pendapat.
a) Menurut Al-lihyani, berkata Al-qur’anmerupakan dari kata dasar qoro;ah (membaca) kata ini kemudian dijadikan sebagai firman Allah yang diturunkan kepada nabi SAW. Seperti dalil firman Allah surat Al-qiyamah ayat 17-18 Artinya: “ Sesungguhnya atas tanggungan kamilah mengumpulkan nya didalam dan membuatmu pandai membacanya. Apabila kami telah selsai membacakan nya maka ikutilah bacaan itu”. .( Raihan Anwar, 2010, hlm.31)

b) Al-Zujaj menjelaskan kata Al-quran berasal dari kata dasar Al-qar artinya menghimpun kemudian dijadikan Firman Allah yang diturunkan kepada Nabi SAW karena kitab ini meneghimpun surat, ayat, kisah, perintah dan larangan dan menghimpun intisari dari kitab-kitab sebelumnya.( Raihan Anwar, 2010, hlm.31)

B. Pengertian Terminologi
 Menurut Manna Al-qathan al-quran adalah kitab Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW dan membacanya mendapatkan pahala.
c) Menurut pakar ushul Fiqih dan Bahasa Arab al-qur’an adalah kalamullah yang diturunkan kepada Nabi SAW yang lafal-lafal nya mengandung mukjizat dan membacanya mempunyai nilai ibadah yang diturunkan secara mutawatir yang ditulis pada mushaf mulai dari awal surah Al-fatihah samapi ahir surah Annas. (Raihan Anwar, 2010, hlm.33-34)

C. Asbab Al-nuzul Qur’an
Secara Bahasa Asbab al-nuzul berarti sebab turunnya ayat-ayat al-qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur kurang lebih 23 tahun. Al-qur’an diturunkan untuk memperbaiki aqidah, ibadah, akhlak dan pergaulan manusia yang menyimpang dari kebenaran. Maka dari itu bisa dikatakan terjadinya penyimpangan dan kerusakan dimuka bumi menjadi sebab turunnya al-qur’an
Sebab –sebab turunnya ayat dalam bentuk peristiwa ada tiga.
a) Peristiwa berupa pertengkaran antara golongan aus dan khajraj, dari peristiwa ini turun lan surah ali imran ayat 100. Turunya suran ini agar terjalinya sikap kasih sayang, persatuan dan kesepakatan.
b) Peristiwa seseorang sholat sedang mabuk sehingga salah membaca surah al kafirun. Dengan kejadian ini turun surah Annisa ayat 42
d) Peristiwa berupa cita-cita dan keinginan seperti persesesuaian Umar Ibn Khattab dengan ketentuan ayat-ayat Al-qur’an.(ramli abdul wahid, 2002, hlm 41-43)

D. Kemukjizatan dan Keistimewaan Al-qur’an
Dari isi kandungan Al-qur’an tidak habis-habisnya digali, setiap kalimatnya mengandung unsur balaghoh. Serta bahasanya tidak dapat tertandingi oleh karya-karya manusia. Didalamnya banyak temuan mukjizat. Dalam Al-qur’an pula terdapat pengkajian cara membaca Al-qur’an seperti ilmu qiraat juga ilmu tajwid.
Al-qur’an diturunkan Alloh bersifat mutlak dan benar, yang mana setiap manusia membutuhkannya karena didalamnya terkandung petunjuk hidup dalam segala hal. Al-qur’an juga berfungsi mengatur jalan kehidupan manusia agar berjalan lurus. (Abuddinata, 2004 hlm .70-71)

 

Catatan dosen

  1.  Daftar pustakanya mana?
  2. Tulisan ini belum menjelaskan al-Quran sebagai sumber dalam Islam.
  3. Perhatikan ejaan dan tanda baca.
  4. Plagiasi sangat kecil, hanya 10%.. bagusssss…

Yang Tak Kalah Menarik

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *